Jumat Ceria Balikpapan tetap eksis di kelas lovebird dan kenari

Latber Jumat Ceria yang rutin digelar di Gantangan Jack, Gunung Guntur, Balikpapan, setiap Jumat siang, tetap eksis melombakan dua jenis burung saja: lovebird dan kenari. Meski jumlah peserta tak bisa sebanyak latber / lomba pada umumnya, Om Jack selaku pemilik gantangan tetap merasa puas karena tercapainya beberapa tujuan yang dirancang sejak awal.

Latber Jumat Ceria Balikpapan
Suasana lomba kelas lovebird dalam Latber Jumat Ceria Balikpapan, Jumat (26/9).

Menurut Om Jack, kontes yang dikelolanya bersama Om Eeng ini dimaksudkan untuk menjadi ajang bagi para lovebird lovers dan kenarimania pemula untuk menguji seberapa jauh kemampuan dalam merawat burung masing-masing.

“Bahkan beberapa pemain senior kerap turun, atau setidaknya mewakilkan krunya. Ini bisa menjadi kesempatan bagi pemula untuk menimba ilmu mengenai perawatan kenari dan lovebird lomba, juga soal cara memilih burung prospek,” tambah Om Jack.

Om Eeng menambahkan, Latber Jumat Ceria kini dapat menjadi salah satu alternatif bagi pemandu bakat (kier master) maupun siapapun yang ingin hunting burung-burung prospek, khususnya kenari dan lovebird.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Bahkan ada pula penangkar yang rutin melombakan burungnya, karena ingin menjadi breeder plus-plus. Artinya, dia bukan hanya menghasilkan anakan kenari dan lovebird, tetapi sekaligus memoles hingga siap lomba. Kalau bisa menang, harga jualnya tentu lebih  tinggi,” kata Om Eeng.

Mr Jack (kanan) bersama juri-juri lomba
Om Jack (kanan) bersama juri-juri lomba.

Dalam latber Jumat (26/9) lalu, panitia membuka tiga kelas lovebird dan dua kelas kenari. Lovebird tetap dijubeli peserta, sementara kenari belum bisa sebanyak lovebird. Total ada 98 peserta, yang berarti setiap kelas rata-rata berisi 20 ekor, meski faktanya kelas lovebird lebih dari 25 gantangan.

Lovebird Asoka milik RR (Gunung Guntur) sukses menjuarai Kelas A. Namun Kelas B dijuarai lovebird Pipit koleksi Tri Pratama SF. Adapun Kelas C dimenangi Blorong, lovebird milik Jepi dari Ngetem.

“Persaingan di kelas lovebird selalu ramai di Jumat Ceria, sehingga sering sekali tiga kelas dimenangi burung-burung yang berbeda. Ini yang membuat para peserta makin semangat,” tambah Om Jack.

Kelas kenari di Latber Ceria Balikpapan
Kelas kenari belum seramai lovebird. Pangeran meraih double winner.

Adapun dua kelas kenari didominasi Pangeran. Burung istimewa milik Mr Ashun ini tampil sebagai juara 1 baik di Kelas A maupun B.

Mewakili seluruh kru panitia, Om Eeng dan Om Jack mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan dukungan sobat kicaumania di Balikpapan dan sekitarnya, juga kepada para kier master, yang setia menghadiri Latber Jumat Ceria. (v1rgoboy)

Hasil Latber Jumat Ceria Balikpapan (Jumat, 26 September 2014)

LOVEBIRD A
1.   ASOKARRGN GUNTUR
2.   SHINTARUDI BWBC BPP
3.   FREAKZSAIFULGN MALANG
4.   ALYARIAN FAHRIAMWBC BPP
5.   PARAWATIARIF FCMP SOLO
6.   PIPITTRI PRATAMATRI PRATAMA SF
7.   NAYLAYUKEN RING MTDT MAWIJA
8.   BONTOPRABU KZAKLI BPP
9.   LATINAFIFAKIOS TRIS
10. ELYZATRI PRATAMATRI PRATAMA SF
LOVEBIRD B
1.   PIPITTRI PRATAMATRI PRATAMA SF
2.   GRANDONGMAXBPP
3.   ROSANAMR HODDYBPP
4.   TALI KUTANGAKBARDUTA MAWIJA
5.   CUCOKJANIDUTA MAWIJA
6.   LATINAFIFAKIOS TRIS
7.   ALYARIAN FWBC BPP
8.   FREAKZSAIFULGN MALANG
9.   SCOPPYBPP
10. –
LOVEBIRD C
1.   BLORONGJEPINGETEM
2.   CASPERMR JOEKD SHOP
3.   NAILAYUKEN RING MTDUTA MAWIJA
4.   TARZANH  YANTRIYNC SF
5.   GRANDONGMAXBPP
KENARI A
1.   PANGERANASHUNMILONO
2.   TOBIMACHMUDDT MAWIJA
KENARI B
1.   PANGERANASHUNMILONO
2.   SOFTAILRIAN YPLBM TEAM

Selamat kepada para pemenang, tetap semangat untuk peserta lainnya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. om saya baru dapat hibah trotolan burung madu manggar relatif jinak sudah bunyi crecetan panjang2, katanya yang ngasih makanannya air gula dan g boleh telat kroto,berhubung di daerah saya sulit cari kroto saya ganti sama ulat hongkong,klo tiap hari saya kasih ulat hongkong apa g katarak nantinya..

    • Yang penting penjemuran jangan terlalu lama 1-1,5 jam saja. Untuk sementara diberi UH juga tidak apa-apa, karena di alam liar burung-madu juga sering mencari ulat.

      Tetapi ada baiknya diselilingi dengan lalat buah. Om Sam bisa memproduksi sendiri dengan memasukkan buah-buahan yang agak membusuk ke dalam ember, nanti akan didatangi lalat buah. Tinggal panen saja, tapi buah yang membusuk jangan diberikan.

Komentar ditutup.