Kusumo bukanlah lovebird kemarin sore. Jagoan milik H Sigit WMP (Klaten) ini sudah sering menjuarai lomba. Penampilan lovebird Kusumo dalam gelaran Angkasa Pura Cup IV di Bandara Adisumarmo Solo, Minggu (8/2) lalu, membuat banyak orang tercengang. Selain sangat rajin, durasinya benar-benar luar biasa, bahkan sempat narik sampai 3 menit! Kusumo pun dua kali menjadi juara 1.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Lovebird Kusumo nyeri juara 1 dalam even Angkasa Pura Cup IV di Solo, Minggu (8/2).

Dalam satu sesi penilaian, Kusumo mungkin “hanya” nembak 7-10 kali, tapi durasinya rata-rata superpanjang. Sekali narik paling tidak 40 detik, dan tak jarang sampai menedekati dua menit. Bahkan, seperti disebutkan Om Sigit, ada yang sampai 3 menit.

“Saya sendiri seperti tidak percaya, tapi saya benar-benar melihat waktu mulai awal ngekek sampai berhenti,” ujarnya saat ditemui Om Kicau di kediamannya.

Saat Om Kicau berkunjung ke sana, lovebird Kusumo baru saja rampung dijemur dan sudah rajin bunyi. Meski tanpa musuh langsung, Kusumo nyaris bunyi terus sepanjang hari. Di lapangan terpaksa harus sering diganggu supaya tidak perlu bunyi saat beristirahat.

Tarikan ngekek saat di rumah pun termasuk panjang dan istimewa. Rata-rata sekali narik bisa mencapai 40 detik, dan banyak di antaranya sampai menyentuh 1 menit lebih.

Video dan audio lovebird Kusumo

Kusumo pandai mengatur ritme. Jadi ketika “lelah”, dia tidak langsung berhenti, tapi hanya menurunkan ritmenya, dipelankan nembaknya, kemudian secara perlahan naik lagi makin kencang.

Video lovebird Kusumo yang diambil Om Kicau ini direkam di rumah Om Sigit, ketika sangkar ditaruh di lantai. Tanpa musuh sama sekali. Hanya ada lovebird lain yang jaraknya sekitar 10 meter, dan kadang-kadang ikut memancing Kusumo ngekek.

Saat di lapangan, tarung langsung dengan puluhan lovebird, tentu penampilannya jauh lebih baik, lebih ngotot, dan lebih panjang-panjang.

Video pertama berdurasi 1:05 menit, di mana Kusumo mulai ngekek pada detik ke-6, terus ngekek sampai video berakhir alias berdurasi 1 menit. Silakan lihat video berikut ini: