Video terapi hujan-hujanan lovebird Kusumo

Ternyata H Sigit WMP (Klaten) punya kebiasaan unik dalam meningkatkan kegacoran burung-burung kicauan miliknya. Ya, kebiasaan unik itu adalah memberikan terapi hujan-hujanan. Bahkan lovebird Kusumo, yang kini menjadi lovebird legendaris di Indonesia lantaran prestasinya yang amat fantastis, juga rutin menjalani terapi hujan-hujanan.

terapi hujan-hujanan
Lovebird Kusumo saat hujan-hujanan, beberapa hari jelang BnR Award (7/6).

Tentu saja terapi seperti ini hanya dapat dilakukan saat turun hujan. Artinya bukan dengan membuat semacam “hujan tiruan”, misalnya membuat guyuran air dari atas sehingga mengenai tubuh burung di bawahnya.

Sebab kandungan air hujan yang mengguyur langsung tubuh burung berbeda dari air biasa yang kita siramkan dari atas sehingga mengenai tubuh burung.

Berikut ini dua video lovebird Kusumo saat menjalani terapi hujan-hujanan. Terapi ini dilakukan awal Juni lalu, atau beberapa hari menjelang LB Kusumo tampil dalam even akbar BnR Award di Cibubur, 7 Juni 2015.  Dalam even ini, Kusumo mencetak kemenangan hattrick.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Video 1 lovebird Kusumo hujan-hujanan

Video 2 lovebird Kusumo hujan-hujanan

Sebelumnya, Om Kicau juga pernah membahas masalah terapi mandi hujan, termasuk jenis burung yang gemar hujan-hujanan (silakan cek di sini). Dalam artikel tersebut, lovebird belum disebutkan. Video lovebird Kusumo yang gemar hujan-hujanan ini sekaligus bisa melengkapi artikel tersebut.

Menurut Om Sigit, berdasarkan pengalamannya selama ini, terapi hujan-hujanan ini memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Bisa merangsang burung menjadi lebih cerewet.
  • Memberi kesempatan burung kembali ke kondisi alaminya. Sebab di alam liar, burung juga sering terkena air hujan.
  • Bisa mengasah mental burung, terutama burung lomba.
  • Bisa membuat burung menjadi lebih tenang di tangkringan.
  • Bisa membantu meningkatkan stamina burung.
  • Bisa menjadi media terapi bagi burung-burung fighter yang macet.

“Yang penting, apabila burung sudah gelisah, maka terapi hujan-hujanan harus segera disudahi. Kira-kira cukup sekitar 20 menit saja, setelah itu dibilas dengan air bersih,” jelas Om Sigit.

Nah, berikut ini video lovebird Kusumo setelah menjalani terapi hujan-hujanan, kemudian dibilas air bersih, dan digantang di dalam rumah.

Melihat manfaat tersebut, Om Sigit tidak hanya menerapkan terapi hujan-hujanan ini pada lovebird-lovebird koleksinya, tetapi juga pada jenis burung kicauan lainnya yang ada di rumahnya. Coba lihat video berikut ini:

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.