Tips merawat cililin hitam agar bersuara panjang untuk masteran

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Sebagai burung masteran, cililin memiliki suara tembakan yang aduhai. Banyak kicaumania yang menganggap suara tembakan cililin merupakan masteran wajib untuk berbagai jenis burung kicauan, termasuk murai batu.

Merawat cililin hitam agar bersuara panjang
Tips perawatan burung cililin hitam agar bersuara panjang.

Burung cililin atau nama resminya tangkar ongklet / crested jay (Platylophus galericulatus) terdiri atas dua ras / subspesies, yakni cililin cokelat (Platylophus galericulatus coronatus) dan cililin hitam (Platylophus galericulatus galericulatus).

Selama ini, jenis yang kerap dijadikan masteran adalah cililin cokelat. Suaranya lebih kristal, dengan suara tembakan yang mengalun panjang dan memiliki nada cengkok / irama naik turun. Karena itulah, harga cililin cokelat jauh lebih mahal ketimbang cililin hitam.

Namun, harga cililin cokelat yang mahal ini membuat sebagian kicaumania beralih memelihara cililin hitam. Terlebih lagi keduanya memiliki karakter suara yang tidak terlalu jauh berbeda. Meski begitu, diperlukan perawatan optimal agar burung cililin hitam menjadi lebih rajin berbunyi dan bersuara lebih panjang.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Cililin hitam mempunyai suara yang kasar dengan suara tembakan yang cenderung pendek. Selain itu, burung ini susah gacor jika tidak berada dalam kondisi fit.

Namun dengan melakukan pola perawatan yang tepat, sebenarnya kualitas cililin hitam tidak akan jauh berbeda dari cililin cokelat.

Sebagaimana murai batu, perawatan cililih hitam terutama yang masih bakalan memerlukan ketelatenan dari sang pemilik atau perawatnya. Sebab burung ini mudah ngedrop dan rentan stres. Tetapi jika sudah beradaptasi dengan sangkar, pakan, dan lingkungannya, maka perawatan berikutnya menjadi lebih mudah.

Meski cililin sudah mau mengkonsumsi pakan kering / voer, pemberian pakan tambahan / extra fooding (EF) harus selalu tersedia atau wajib disediakan setiap harinya. Tanpa pakan tambahan tersebut, ciliilin mudah ngedrop bahkan malas bunyi.

Berikut ini tips perawatan burung cililin hitam agar lebih rajin bunyi dan memiliki suara tembakan yang lebih panjang.

  • Berikan jangkrik setiap pagi dan sore hari, masing-masing sebanyak 8 – 10 ekor.
  • Berikan kroto pada pagi hari, cukup 1 satu sendok teh saja. Ini dilakukan setiap dua hari sekali.
  • Mandikan burung setiap beberapa hari sekali.
  • Penjemuran seperlunya saja, atau kurang dari 30 menit. Setelah itu, burung digantang di tempat yang sejuk.
  • Rajin menjaga kebersihan sangkarnya.

Untuk memancing agar cililin hitam menjadi lebih rajin bunyi dengan suara tembakannya itu, maka bisa dilakukan dengan menggantang sangkarnya di antara burung-burung latah lainnya (misalnya lovebird atau cucak jenggot).

Dengan cara seperti itu, cililin akan mudah terpancing untuk mengeluarkan suara panjangnya. Kalau performanya sudah bagus seperti itu, cililin hitam pun siap dimanfaatkan sebagai burung master.

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.