Pakan racikan untuk burung parkit yang sedang mabung

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Burung parkit punya penggemar tersendiri, baik di Indonesia maupun mancanegara, bahkan sudah ada komunitas khusus. Selain bisa dijadikan burung hias, dilatih ketangkasan, atau ditangkarkan, parkit juga bisa dijadikan burung masteran untuk murai batu, lovebird, dan lain-lain. 

Burung parkit yang sedang mabung
Burung parkit sedang menjamani masa mabungnya.

Di Indonesia, popularitas parkit memang belum sehebat kenari dan lovebird. Tapi burung mungil ini cukup dikenal di kalangan penggemar parrot, karena kecerdasannya dan mudah dilatih melakukan berbagai atraksi.

Bahkan tidak sedikit pula kicaumania yang memelihara parkir sebagai burung masteran. Silakan klik tautan di bawah ini:

Suara cerecetan tajam burung parkit untuk masteran

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sebagaimana jenis burung lainnya, parkit akan mengalami penurunan kondisi pada saat proses ganti bulu / mabung. Pada masa itu, burung akan terlihat sering tidur-tiduran dengan bulu dikembangkan.

Parkit yang sedang mabung juga sangat sensitif terhadap suara dan gangguan. Karena itulah, kita perlu memberikan perawatan, termasuk pakan yang tepat, selama menjalani masa mabungnya. Apalagi kalau parkit sebelumnya hanya mengkonsumsi pakan bijian saja.

Untuk menambah energi dan kebutuhan nutrisi lainnya, kita dapat memberikan pakan racikan untuk burung parkit yang sedang mabung. Berikut ini resep dan cara pembuatannya:

  • Rebuslah telur ayam dalam waktu sekitar 25 menit. Setelah dingin, buang kulit telur atau cangkangnya. Telur kemudian dipotong menjadi dua bagian.
  • Ambil sebuah wortel, kemudian diparut. Simpan hasil parutan ini dalam sebuah wadah.
  • Masukkan irisan kecil brokoli dan potongan telur rebusnya ke dalam wadah yang sudah berisi parutan wortel.
  • Aduk hingga semua bahan bercampur rata, dengan menggunakan bantuan sendok.
  • Sajikan pada burung parkit yang sedang mabung.

Perlu diperhatikan, pakan racikan ini hanya bisa digunakan tidak lebih dari 24 jam. Setelah itu, pakan harus diganti dengan yang baru.

Selama perawatannya, parkit bisa diberikan multivitamin seperti BirdVit untuk mendukung kondisi kesehatannya dan membantu mengumpulkan energi yang dibutuhkan.

Campuran telur rebus, wortel dan brokoli sebagai pakan tambahan untuk parkit melewatkan masa mabungnya
Pakan racikan untuk burung parkit yang sedang mabung.

Selama menjalani masa mabungnya, burung parkit (terutama yang sudah dewasa) akan menghabiskan waktunya dengan tidur-tiduran. Perilaku tersebut umum ditemukan pada burung parkit. Tidur-tiduran itu dilakukan dalam rangka mengumpulkan energi yang akan digunakannya untuk menumbuhkan bulu baru.

Oleh karena itulah, sangat penting bagi kita untuk memberikan pakan racikan bernutrisi tinggi sehingga parkit bisa melewati masa mabungnya secara sempurna.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.