Manfaat tahu putih sebagai pakan tambahan alternatif bagi burung peliharaan

Tahu putih terbuat dari kedelai, bahan pangan yang kaya protein tetapi rendah kalori. Asal tahu saja, sebagian besar voer untuk ayam dan burung juga menggunakan kedelai sebagai salah satu bahan bakunya. Dengan demikian, tahu putih juga bagus untuk burung peliharaan, baik burung kicauan maupun non-kicauan. Berikut ini manfaat tahu putih sebagai pakan tambahan alternatif bagi burung peliharaan.

Tahu putih sebagai pakan tambahan alternatif untuk burung peliharaan
Tahu putih sebagai pakan tambahan alternatif bagi burung peliharaan.

Tahu merupakan jenis makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang telah mengalami koagulasi. Di Indonesia terdapat beberapa varian tahu yang cukup popular, antara lain tahu putih dan tahu kuning.

Perbedaan warna terjadi akibat proses pengolahan yang juga berbeda. Tahu akan berwarna kuning kalau direndam cukup lama dalam air kunyit atau pewarna sintesis.

Di kalangan kicaumania, tahu putih dianggap lebih aman dikonsumsi burung. Apalagi sejak zaman dahulu, tahu putih kerap diberikan sebagai pakan burung terutama untuk jalak kerbau, trucukan, kutilang, dan cendet. Para pedagang burung pun kerap memberikan tahu putih untuk menjaga stamina dan kondisi dagangannya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pemanfaatan tahu putih untuk burung peliharaan sampai saat ini masih berlangsung. Kalau semula hanya diberikan kepada jalak kerbau, cendet, kutilang, dan trucukan, kini tahu putih juga sering diberikan kepada pleci, gelatik batu, cucak jenggot, dan ciblek.

Manfaat tahu putih untuk burung

Selain kaya protein, namun rendah kalori, tahu putih juga mengandung berbagai jenis mineral seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, dan kalium. Adapun kandungan vitamin pada tahu antara lain vitamin D, A, B6, C, thiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat.

Tingginya kandungan protein dan kalsium dari tahu putih itulah yang membuat para kicaumania memanfaatkannya sebagai pakan tambahan alternatif untuk burung kesayangannya.

Berikut ini beberapa manfaat dari pemberian tahu putih untuk burung peliharaan:

  • Menjaga stamina burung sehingga tetap fit.
  • Mencegah dan mengatasi burung yang mengalami kegemukan.
  • Membantu pertumbuhan dan memperkuat bulu-bulunya.

Cara pemberian tahu putih kepada burung

Ada beberapa cara pemberian tahu putih untuk burung, antara lain:

  • Diberikan dalam bentuk potongan utuh.
  • Dijadikan bahan baku dalam pembuatan pakan racikan.
  • Tahu putih diberikan kepada jangkrik, sebelum jangkrik diberikan kepada burung seperti dijelaskan dalam tulisan di sini.

Sebaiknya gunakan tahu putih yang masih segar (tidak basi), berwarna putih bersih, bertekstur kenyal, tidak terlalu banyak lendir di permukaannya, dan memiliki aroma masam yang tidak terlalu kuat.

Sebelum diberikan, tahu sebaiknya dicuci bersih dengan air yang mengalir, atau menggunakan air hangat. Ini untuk membersihkan lendir yang masih menempel di permukaan tahu. Setelah itu, tahu dipotong untuk dijadikan pakan burung sesuai dengan kebutuhan.

Untuk jenis burung paruh bengkok (parrot), pemberian tahu putih bisa dilakukan dengan memperhatikan kebiasaan dan kondisi burung. Sebab ada beberapa jenis parrot yang alergi terhadap jenis pakan tertentu, termasuk tahu putih. Jika dipaksakan, burung bisa mengalami gangguan pencernaan, terutama karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi.

Itulah beberapa manfaat tahu putih yang kaya gizi untuk burung peliharaan. Meski demikian, pemberian tahu putih hanyalah sebatas pakan tambahan alternatif saja, jangan dijadikan pakan utama.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.