Video dan audio tarian aduhai poksay hongkong untuk memancing bunyi

Poksay hongkong / black throated laughingthrush (Garrulax chinensis) termasuk salah satu burung legendaris bagi sebagian kicaumania di Indonesia. Burung impor ini sudah dikenal sejak dekade 1990-an, dan hingga kini pun masih tetap digemari. Selain mempunyai kicauan yang merdu, poksay hongkong juga memiliki tarian aduhai yang cukup menawan. Berikut ini video dan audio tarian aduhai poksay hongkong untuk memancing bunyi.

Poksay hongkong punya gaya menari ayang menawan
Burung poksay hongkong punya gaya menari yang menawan

Dari beberapa jenis poksay yang umum dipelihara kicaumania, poksay hongkong mempunyai suara kicauan cukup bervariasi dan enak didengar. Poksay hongkong juga dikenal sebagai burung teritorial yang bisa bertambah agresif terutama pada musim kawin dan berkembang biak.

Ada satu ciri khas yang membedakan antara poksay hongkong dan jenis poksay lainnya, yaitu tarian uniknya. Ketika mendengar atau melihat burung sejenis, poksay hongkong akan mengembangkan bulu pipinya yang berwarna putih, lalu menari-nari sambil mengeluarkan suaranya yang merdu.

Poksay hongkong punya gaya menari yang sangat menawan. Ketika menari, dia akan mengangkat kedua sayapnya tinggi-tinggi, sehingga pangkal sayap dan pahanya kelihatan. Burung ini lalu akan berkicau sambil menaik-turunkan ekornya secara cepat. Terkadang tarian itu dilakukannya sambil menggoyang-goyangkan pinggulnya dengan aduhai.

Meski memiliki kemampuan berjoget yang aduhai, tidak semua poksay hongkong akan menampilkan tarian uniknya tersebut. Ada beberapa kondisi yang mendukung dan bisa membuat burung menjadi lebih atraktif, antara lain:

  • Burung telah berumur dewasa dan mapan
  • Burung tidak mengalami kegemukan.
  • Burung selalu mendapat asupan nutrisi yang cukup, baik pakan buah maupun serangga.
  • Burung jarang melihat atau dipertemukan dengan burung sejenis.
  • Burung sudah dipelihara cukup lama, alias bukan bakalan.

Poksay hongkong jantan maupun betina bisa menari. Tapi hanya burung jantan yang menari sambil mengeluarkan kicauan merdu dan bervariasi. Adapun burung betina cenderung mengelurkan suara membentak yang cukup keras.

Tidak mudah membedakan poksay hongkong jantan dan betina, karena spesies ini termasuk monomorfik. Karena itu, untuk mengidentifikasinya, kita perlu mendengarkan suara kicauannya atau melalui serangkaian tes DNA.

Berikut ini video tarian burung poksay hongkong yang unik dan aduhai, yang diunggah di youtube oleh pemilik akun Poksay Hongkong:

Untuk audionya, Om Kicau telah menyiapkan dua versi, yang bisa didengar dan diunduh untuk masteran atau untuk memancing bunyi burung sejenis di rumah:

  • Suara kicauan poksay hongkong variasi 1
  • Suara kicauan poksay hongkong variasi 2

Unduh audionya di sini

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.