Pleci Raja Koar, kenari Hardtop, dan kacer Anaconda nyeri di Latpres IKM Gemolong

Tiga burung meraih double winner atau nyeri juara 1 dalam Latpres Ikatan Kicau Mania (IKM) Gemolong di Lapangan Desa Klentang, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen, Minggu (5/6). Para peraih double winner itu adalah pleci Raja Koar, kenari Hardtop, dan kacer Anaconda.

Latpres IKM Gemolong Sragen
Suasana Latpres IKM Gemolong di Klentang, Gemolong, Sragen, Minggu (5/6).

Latpres IKM Gemolong digelar rutin setiap bulan pada minggu pertama. Even kali ini dimulai tepat pukul 11.00, dihadiri para kicaumania dari berbagai daerah, antara lain Sragen, Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Boyolali, hingga Grobogan dan Purwodadi.

Panitia yang digawangi Om Donat (ketua pelaksana) ini membuka empat kelas (Spesial, VIP, Bintang, dan Sejati) yang terdiri atas 20 sesi. Lovebird digelar paling banyak (7 sesi), dengan sistem penilaian baru seperti berikut ini.

Sistem penilaian baru kelas lovebird di IKM Gemolong

Persaingan berjalan seru, bahkan tak ada lovebird yang mampu menjuarai lebih dari satu sesi. Namun, secara tim, Warrior BC Tegaldowo unggul di kelas lovebird, karena menjuarai dua kelas, masing-masing melalui lovebird Shela milik Om Juwanto (juara 1 Kelas Spesial B) dan Tlebok Kik andalan Om Ady (juara 1 Bintang B).

Warrior BC
Warrior BC Tegaldowo sukses menjuarai dua kelas lovebird.

Adapun Kelas Spesial A dan Bintang A masing-masing dimenangi lovebird Munaroh koleksi Om Basit (MB SF) dan Paijoz milik Mellandri (KMP Enterprise).

Kelas Sejati dimenangi lovebird Rosse milik ABS Shop (G&R Gemolong), unggul atas Good Morning milik Om Cahyo Ram / Simex (Soker SF) dan Cempluk besutan Om Gokong (Musafir SF Solo).

Lovebird Good Morning kembali moncer, bahkan menjuarai Kelas VIP B. Adapun Kelas VIP A dimenangi lovebird New Jheny milik Om Pardi Ucil dari JT Team SF.

Lovebird New Jheny
LB New Jheny milik Om Pardi Ucil (JT Team SF) juara 1 Kelas VIP A.

Dua kelas pleci (Bintang dan Sejati) dikuasai dua tim, yakni Leho Team dan X-Jambe BC. Leho Team menurunkan gaco-gaco andalannya seperti Raja Koar milik Efajaya Bird Shop dan Rock n Roll kepunyaan Om Antonius.

Leho Team
Leho Team mendominasi dua kelas pleci.

Kedua burung ini tampil sebagai juara 1 dan 2 Kelas Sejati. Bahkan pleci Raja Koar meraih double winner setelah menjuarai Kelas Bintang.

Pleci Raja Koar
Pleci Raja Koar meraih double winner.

Juara kedua dan ketiga diraih pleci Teler orbitan Om Purnama dan Hulk milik Om Dasan, keduanya dari X-Jambe. Pleci Rock n Roll nangkring di posisi keempat.

Pleci Rock n Roll
Pleci Rock n Roll juara 2 dan 4.

Kenari Hardtop milik Om Aan / Om Jerry dari Karimanen BC Solo juga nyeri juara 1. Hardtop memenangi Kelas VIP, unggul atas kenari Doblis milik Mas Boy (Kacangan) dan Maestro andalan Om Agus (Lona BC).

Hardtop juga terbaik di Kelas Bintang. Kenari Maestro berada di posisi runner-up, disusul Caary andalan Om Kris dari Rafa SF (Papburi Sragen).

Caary kemudian menjuarai Kelas Sejati, sekaligus menggagalkan upaya Hardtop mencetak kemenangan hattrick. Kali ini Hardtop harus puas menjadi runner-up. Om Rafa juga menurunkan kenari Janur Kuning dan menempati peringkat ketiga.

Kris Rafa SF (Papburi Sragen)
Kris Rafa SF (Papburi Sragen) moncer bersama kenari Caary (juara 1, 3) dan Janur Kuning (juara 3).

Satu lagi peserta yang meraih double winner adalah kacer Anaconda. Gaco andalan Om Budi (Masaran, Sragen) ini tak terkalahkan di Kelas VIP dan Bintang. Kacer Aphotaz milik Om Gewol Mahendra dari Begal Team (Duta GRB) dua kali menjadi runner-up.

Kacer Alphotaz milik Om Gewol (Begal Team)
Kacer Aphotaz milik Om Gewol (Begal Team) dua kali juara 2.

Secara keseluruhan, Latpres IKM Gemolong yang diikuti sekitar 800 peserta ini berjalan kondusif, lancar, serta non-teriak. Panitia memberikan apresiasi kepada Duta Non-Teriak IKM, antara lain Om Jayus (LMY BC Gemolong), Om Jack (GRB), dan Om Jipung (Fortuna BC Gemolong).

“Terimakasih pula kepada para peserta yang mau berlaku tertib, juga kepada semua kru panitia yang bekerja keras menyuksesan even ini. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat Islam di mana pun berada,” tandas Om Donat. (Budi Karyanto)

Panitia Latpres IKM Gemolong
Panitia penyelenggara Latpres IKM Gemolong

Logo IKM Team Gemolong

Hasil Latpres Bulanan IKM Gemolong (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.