Video kenari James Bond milik Mr Fadjar Bali, jawara lima even akbar di Pulau Jawa

Dalam gelaran akbar Piala Pakualam 4 di Jogja, Minggu (5/6), kenari James Bond milik Mr Fadjar Bali sukses menjuarai Kelas Pangeran. Tak hanya itu, James Bond juga meraih juara 3 kelas utama Adipati dan juara 4 Kelas Pariwisata B.

Sudah tiga tahun berturut-turut James Bond tampil di Piala Pakualam. Dua tahun lalu (2014), gaco ini meraih juara 2, 2, dan 4. Tahun berikutnya (2015) menjadi juara 2 dan 3.

Kenari James Bond
Kenari James Bond milik Mr Fadjar Bali, lima tahun merajai even-even besar di Jawa.

Dalam Piala Pakualam 4, Mr Fadjar Bali memperkuat Sien Ronny SF Surabaya. Tatkala meraih juara 1 di Kelas Pangeran, burung ini tertulis dengan nama James Bond.

Tetapi pada Kelas Pariwisata B dan Adipati, sang jawara ini tertulis dengan nama 007. Ya, apalah arti sebuah nama… Bukankah James Bond identik dengan 007, he.. he.. he..

Om Fadjar yang juga ketua Pelestari Burung Indonesia (PBI) Pengda Bali memperoleh kenari jawara ini pada tahun 2012. Burung ini awalnya milik Om Pendik Lontong.

“Begitu double winner dalam even Majapahit Cup di Mojokerto, tahun 2012, saya langsung putuskan untuk take-over terhadap James Bond. Selama lima tahun di tangan saya, James Bond selalu meraih prestasi maksimal,” ujar Om Fadjar.

Sudah tidak terhitung berapa trofi dan piagam kemenangan kenari James Bond yang diraihnya dalam even-even di Bali. Bahkan Om Fadjar kini jarang menurunkannya di Bali, untuk memberi kesempatan kepada gaco pelapisnya seperti Mesam-Mesem (juara 1 dan 2 Valentine Day 2016), Jaga Jarak (juara 3 dan 4 di Piala Pakualam 2016), White Lion, New James Bond, Ariel, dan lain-lain.

Om Fadjar dan kenari James Bond
Om Fadjar (2 dari kiri) bersama kru dan kenari James Bond saat menjuarai Piala Raja 2015.

Prestasi kenari James Bond dalam even-even akbar, khususnya di Jawa, memang mentereng. Piala Raja, Valentine Day, Piala Pakualam, Plaza Cup, hingga Pakde Karwo Cup pernah dimenanginya. Coba simak data berikut ini:

TAHUN EVEN JUARA
2012Majapahit Cup, Mojokerto (independen)1, 1
2013Pakde Karwo Cup, Surabaya4, 7
Piala Raja, Jogja9
Banyuwangi Open (independen)1, 1
2014Valentine Day, Jogja3, 3
Pakde Karwo Cup, Surabaya2, 6
Piala Pakualam 2, Jogja2, 2, 4
Jatim Raya Cup (BnR), Surabaya4, 5, 10
Brimob Cup (Dewa 99), Sidoarjo1
Kapolres Probolinggo (independen)1, 1
2015Valentine Day, Jogja1, 2, 3
Piala Pakualam 3, Jogja2, 3
2015Plaza Cup, Semarang1, 1
Arema Cup, Malang1, 2, 4
Bupati Jember Cup (BnR)1, 1, 1
Ebod Jatim Cup, Surabaya (Ronggolawe)2, 4
Pakde Karwo Cup, Surabaya2, 3, 6
Piala Raja, Jogja1, 2, 5, 5
2016Piala Pakualam 4, Jogja1, 3, 4

Dari tabel di atas terlihat, kemenangan kenari James Bond tak hanya diraih pada even kemasan PBI saja, tetapi juga even BnR, Ronggolawe, dan EO independen. Artinya, James Bond merupakan jawara lintas EO, bahkan moncer selama bertahun-tahun dalam lima even akbar di Pulau Jawa.

Kenari James Bond bersama trofi Pakualam
Kenari James Bond bersama trofi Pakualam.

Sehari-hari, kenari James Bond ini dirawat Om Christian Falino yang tak lain adalah putra Om Fadjar. Burung ini disimpan di rumah Om Christian bersama kenari Mesam Mesem dan White Lion.

Mengenai rahasia perawatan kenari James Bond, Om Christian Falino mengatakan, sebenarnya tidak ada yang spesial.

Menu harian seperti layaknya kenari lainnya. Extra fooding (EF) terdiri atas selada keriting, apel, dan telur puyuh rebus yang diberikan secara bergantian (selang-seling).

Yang tak kalah penting adalah rutin memandikan dan menjemurnya. Setiap hari, James Bond mandi dalam cepuk air. Adapun durasi penjemuran sekitar 60 – 90 menit.

Hanya saja, kenari James Bond sehari-hari ditempatkan di dalam kandang umbaran gantung, seperti terlihat pada video berikut ini (download videonya di sini).

“Apabila tidak ada lomba, James Bond sehari-hari saya tempatkan dalam kandang umbaran gantung ini selama 24 jam penuh, sehingga kondisi fisik dan staminanya sangat terjaga,” tutur Om Christian.

Om Christian Falino dan kenari James Bond
Om Christian Falino bersama kenari James Bond.

Setelah kenyang dengan prestasinya pada even-even besar, apa rencana Om Fadjar terhadap kenari James Bond? Rupanya dia berminat mencetak anakan-anakan James Bond.

“Setelah gelaran Piala Pakualam, saya berencana memasukkan James Bond ke kandang ternak, agar bisa diperoleh anakan-anakannya. Sebab seekor kenari yang bisa bertahan selama lima tahun dalam even besar, itu sudah sangat bagus, dan sudah saatnya diternak,” kata Om Fadjar.

Saat ini ia sudah menyiapkan beberapa ekor kenari betina dari trah jawara untuk dikawinkan dengan James Bond. Calon induk betina yang disiapkannya beragam, mulai dari jenis F1, F2, maupun F3. Ya, semoga segera muncul trah-trah James Bond yang siap bersaing kembali dalam even-even akbar di Jawa dan Bali. (OK-1)

Mr Fajar bersama kru
Om Fadjar bersama kru saat mengantar James Bond juara 1 dan 2 di Valentine Day 2015.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.