Tips melatih mental burung kolibri ninja agar siap dilombakan

Di kalangan kicaumania, burung-madu bakau lebih dikenal dengan nama kolibri ninja (konin), karena warna bulu-bulunya yang hitam mengkilap bak seragam pasukan ninja saat beraksi. Jenis burung ini cukup popular di kalangan kicaumania, dan banyak dipelihara untuk dilombakan. 

Perawatan tepat jadikan kolibri ninja selalu siap lomba
Agar siap dilombakan, kolibri ninja membutuhka perawatan konsisten dan pelatihan mental.

Namun, sebagaimana jenis burung kicauan lainnya, tidak semua kolibri ninja bisa dilombakan, terutama jika belum siap mental. Karena itu, Anda perlu merawatnya secara konsisten, dibarengi dengan pelatihan tertentu agar burung benar-benar siap bertempur di lapangan. Artikel kali ini akan menjelaskan tips melatih mental burung kolibri ninja agar siap dilombakan.

Burung kolibri ninja yang belum siap mental atau belum siap dilombakan biasanya lebih banyak diam, atau kadang disertai dengan gaya ngobra yang khas. Karena itu, sebelum melombakan konin dalam sebuah latihan bersama atau lomba, ada baiknya kita menyiapkan mentalnya terlebih dahulu.

Melatih mental burung kolibri ninja agar siap dilombakan bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa tips berikut ini:

  • Salah satu ciri burung bermental bagus adalah lahap mengkonsumsi pakan, terutama kroto. Pemberian kroto bagi kolibri ninja memiliki manfaat sangat besar. Selain menjaga kondisinya, kroto juga mampu mendongkrak stamina dan mentalnya.
  • Selain kroto, pakan tambahan lain yang bisa diberikan kepada konin adalah nektar (air gula/madu), laba-laba kecil, dan ulat hongkong warna putih.
  • Banyak koninmana yang memelihara lebih dari seekor burung. Jika ingin mengkondisikan salah satunya agar siap dilombakan, sebaiknya burung tersebut dipisahkan dari burung sejenis, kurang lebih selama satu minggu. Selama masa karantina, burung diperdengarkan audio mp3 untuk memancing emosinya (jangan terlalu sering diputar).
  • Untuk konin yang sama sekali belum pernah dilombakan, atau mash minim pengalaman, maka mentalnya bisa dilatih dengan mengajaknya jalan-jalan ke arena lomba, lalu digantang di area tersebut. Hal ini untuk melatih burung beradaptasi dengan suasana dan keramaian dari suara kolibri lain yang sedang bertarung.
  • Untuk mendongkrak mental tarungnya juga bisa dilakukan pengecasan/ditempel dengan burung betina, satu hari sebelum dilombakan.
  • Biasakan melakukan pengerodongan sangkar, terutama pada siang hingga sore hari. Dengan demikian, konin bisa beristirahat dan tidak terlalu banyak mengeluarkan energi yang tidak diperlukan.  Sore harinya, kerodong bisa dibuka dan burung dibiarkan berkicau secara bebas.
  • Pemberian kerodong juga dilakukan pada malam hingga pagi harinya.
  • Pagi harinya, biasakan mengembunkan burung di luar rumah.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, sejumlah koninmania juga kerap memberikan suplemen BirdPower yang bisa membantu meningkatkan daya tahan dan mental dari burung kesayangannya. BirdPower bahkan sudah teruji oleh banyak kicaumania, karena terbukti bisa meningkatkan performa burung ketika dilombakan.

Note: Seluruh spesies burung-madu (termasuk konin) termasuk dalam daftar burung dilindungi di Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 / Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Bagi yang memeliharanya, disarankan ikut membudidayakannya di rumah masing-masing. Semoga kita bisa menjalani hobi burung kicauan secara bermartabat.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.