Rawatan lomba cucak ijo Bat Country milik Om Pataga dimulai sejak H-3

Om Pataga, kicaumania asal Team Elite (Surabaya), dikenal cukup piawai dalam mengorbitkan cucak hijau jawara. Sudah banyak burung jawara hasil polesannya, termasuk cucak ijo Bat Country. Burung ini baru saja menjuarai Kelas B dalam gelaran Agro Community di Sidoarjo, Minggu (28/8).

“Sayangnya Bat Country gagal tampil di Kelas A, karena terlambat lantaran jarak dari rumah ke lokasi lomba agak jauh,” kata Om Pataga yang mukim di Surabaya.

Cucak hijau Bat Country memang sudah tak asing lagi di kalangan ijomania Surabaya dan sekitarnya, karena sering menjuarai berbagai gelaran latber dan latpres. Gaya tarungnya bagus, yakni njambul ngentrok yang aduhai, diiringi tembakan-tembakan pedas.

Cucak ijo Bat Country
Cucak ijo Bat Country andalan Om Pataga (Elite Team Surabaya).

Om Pataga berencana menaikkan level gacoannya dalam even yang lebih besar lagi, termasuk Piala Raja di Candi Prambanan, Jogja, Minggu (4/9) mendatang. “Team Elite yang dipimpin Om Leho bakal tampil dengan kekuatan penuh,” ujanya.

Selain dia dan Om Leho, personel lainnya yang bakal memperkuat Team Elite di Piala Raja adalah Om Wawan, Om Supri, Om Sigit, Om Mas’ud, Om Yudan, Om Dewangga, dan lain-lain.

Perawatan cucak ijo Bat Country

Om Pataga
Om Pataga (kiri) dan Team Elite Surabaya siap tampil di Piala Raja 2016.

Berikut ini perawatan harian dan rawatan lomba yang biasa diterapkan Om Pataga kepada cucak ijo Bat Country selama ini:

  • Setiap pagi, mulai pukul 05.00, burung rutin diembunkan di teras.
  • Pukul 07.00, burung diberi 2 ekor jangkrik, dan dijemur hingga pukul 09.00.
  • Usai dijemur, burung dianginkan sejenak, sambil disediakan cepuk berisi air bersih untuk mandi.
  • Setelah mandi, burung dianginkan lagi dan dibiarkan gacor sepuasnya.
  • Pukul 11.00, burung diistirahatkan, sangkar full kerodong, sambil didampingi burung master / audio masteran yang menjadi lagu andalannya di lapangan.
  • Pukul 15.00, kerodong dibuka dan burung dianginkan sambil diberi 2 ekor jangkrik.
  • Mulai pukul 17.00, burung kembali dikerodong dan sangkarnya dimasukkan ke dalam rumah agar dapat beristirahat total hingga esok hari. Sambil istirahat, Bat Country ditempel burung master / audio masteran.
  • Rawatan lomba dimulai sejak H-3, atau Kamis. Dalam hal ini porsi jangkrik dinaikkan menjadi 3 ekor pada pagi hari dan 3 ekor lagi pada sore hari.
  • Hari Jumat, perawatan masih sama seperti Kamis. Adapun mulai Sabtu, burung sudah tidak perlu dimandikan lagi, melainkan cukup dijemur, selebihnya full kerodong saja. Porsi jangkrik masih 3/3.
  • Pada hari Minggu, sebelum berangkat ke arena lomba, sangkar dibersihkan dulu. Burung lalu diberi 3 ekor jangkrik, kemudian langsung dibawa ke lapangan.
  • Sekitar dua sesi sebelum digantang, burung diberi 1 ekor jangkrik agar tambah semangat.

Dengan perawatan harian dan setelan lomba seperti inilah, cucak ijo Bat Country kerap berprestasi di lapangan. (OK-1)

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.