Tips mengkondisikan anis merah yang macet bunyi usai mabung

Banyak kicaumania yang beranggapan anis merah adalah jenis burung yang sulit ditebak karakternya. Anggapan ini muncul setelah banyak di antara mereka yang mengeluhkan kondisi anis merahnya yang dulu gacor, tiba-tiba macet bunyi, terutama usai mabung. Untuk mengatasi problem tersebut, berikut ini tips mengkondisikan anis merah yang macet bunyi usai mabung.

treatmen-anis-merah-macet-bunyi
Perawatan khusus anis merah yang macet bunyi usai mabung.

Selama ini anis merah kerap dianggap sebagai burung penuh misteri. Ada kicaumania yang mengaku anis merahnya tetap rajin bunyi meski hanya dirawat seadanya. Namun tak sedikit pula yang mengeluh gaco peliharaannya ogah-ogahan mengeluarkan suaranya, meski sudah dirawat dengan berbagai cara.

Ketika burung mabung, beberapa pemilik anis merah merasa cemas. Sebab berdasarkan pengalaman rekan-rekan yang lain, banyak anis merah yang macet bunyi pascamabung. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Penyebab utama anis merah jarang mengeluarkan kicauannya usai mabung adalah burung belum memasuki kondisi terbaiknya atau peak performance.

Beberapa spesies burung tertentu bahkan butuh waktu lebih lama untuk mengkondisikan diri seusai beres mabung. Setelah itu, mereka biasanya masuk pada tahap top form, yang terlihat dari perubahan perilaku yang menjadi rajin bunyi, gampang teler, dan tampil lebih maksimal.

Sebagai panduan bagi Anda, terutama pemula yang baru berkecimpung di anis merah, berikut ini beberapa tips untuk mengkondisikan anis merah setelah mabung.

Ketika anis merah sedang menuntaskan masa mabungnya, berikan pakan berkualitas / kaya nutrisi. Jangan lupa berikan pula multivitamin.

Setelah melewati masa mabungnya, berikan perawatan khusus untuk mengkondisikan burung dengan meniru pola hidupnya di alam liar, atau bisa juga memberikan pakan racikan yang dibarengi dengan perawatan harian secara konsisten.

Salah satu bentuk perawatan khusus/treatment yang biasa dilakukan penggemar anis merah adalah memunculkan kembali naluri alaminya. Caranya, berikan waktu bagi burung untuk bermain-main dengan lingkungannya.

Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan sangkar harian yang mempunyai kaki-kaki sangat pendek, dengan bagian dasar sangkar hampir menyentuh permukaan tanah. Masukkan anis merah yang macet bunyi ke dalam sangkar tersebut.

Setelah itu, siapkan permukaan tanah yang akan digunakan sebagai terapinya. Permukaan tanah sebaiknya bersih dari segala kotoran, termasuk kotoran hewan. Setelah itu, siram dengan sedikit air, dan lanjutkan dengan menabur beberapa lembar daun kering di atasnya.

Sediakan beberapa cacing tanah hidup, letakkan pada permukaan tanah yang sudah kita tentukan tadi. Letakkan sangkar tepat di atasnya, dan secara perlahan tarik sekat / laci pada bagian dasar sangkar.

Sekat tersebut biasanya terdiri atas dua bagian, yaitu sekat berjeruji dan sekat penampung kotoran. Setelah sekat ditarik / diangkat, maka sangkar pun akan beralas tanah.

Biarkan anis merah bermain-main di sana selama 1 – 2 jam. Burung akan terlihat senang, sekaligus mengurangi rasa bosan akibat berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun hidup di sangkar yang itu-itu saja.

Terapi ini bisa mengurangi stresnya, sehingga secara berangsur-angsur akan mulai berkicau kembali. Yang penting, pastikan burung aman dari gangguan hewan predator selama berada dalam sangkar beralas tanah. Agar sangkar tak terguling akibat gerakan atau tertiup angin, Anda bisa menaruh beban agak berat di atas sangkar tersebut.

Demikian tips mengkondisikan burung anis merah yang macet bunyi usai mabung. Dengan melakukan pola rawatan yang teratur, didukung pemberian pakan dan multivitamin yang tepat, burung pun akan rajin bunyi, bahkan bisa teler kembali.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.