Cara mengatasi kenari yang kerap gigit ring

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Banyak kenari mania yang mengeluh kalau burung peliharaannya kerap menggigit / mematuki ring yang terpasang di kakinya. Bagi yang tidak faham masalahnya biasanya akan memotong ring tersebut tanpa mau mencari tahu apa penyebabnya. Terkait masalah tersebut, berikut ini cara mengatasi kenari yang kerap gigit ring.

Burung kenari dengan ring pada bagian kakinya
Burung kenari dengan ring pada bagian kakinya.

Ring yang dikenakan burung umumnya digunakan sebagai penanda identitas penangkar dan silsilahnya. Namun ring yang terpasang sejak burung masih berumur 10 hari itu terkadang dianggap sebagai pemicu beragam masalah yang muncul di kemudian hari.

Ketika kenari selalu terlihat mematuki atau menggigit ring yang menempel di kakinya, banyak orang beranggapan bahwa hal itu terjadi karena burung merasa risih dan terganggu oleh ring tersebut. Alhasil, untuk menghilangkan penderitaan si burung, dipotonglah ring tersebut tanpa mau mencari tahu apa yang menjadi penyebab utamanya.

Burung yang selalu menggigit atau mematuki ring umumnya terjadi akibat infeksi mikroorganisme seperti bakteri atau jamur pada bagian kulit yang selama ini tertutup oleh ring. Jika kondisi ini dibiarkan tanpa pengobatan, maka akibatnya bisa menjadi fatal. Kaki burung akan terluka dan membengkak, sehingga dapat mengganggu aktivitasnya.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Oleh karena itu, sebelum terburu-buru mengambil tindakan dengan memotong ring, sebaiknya lakukan beberapa metode pengobatan untuk mengatasi masalah tersebut. Ada dua metode pengobatan yang bisa dilakukan yaitu:

  • Rendamlah kaki kenari dalam air garam hangat, setiap hari selama 3-5 menit, sampai jamur atau sisik yang menempel pada kaki burung mengelupas dengan sendirinya.
  • Oleskan obat khusus BirdCream pada bagian kaki kenari yang tertutup ring dan wilah sekitarnya. Obat ini mengandung zat antiparasit dan antibakteri yang dibuat khusus untuk menghilangkan kerak di kaki burung yang disebabkan oleh cascado dan scabies, serta dapat mengatasi beragam masalah lainnya pada kaki burung.

Demikian cara mengatasi masalah kenari yang selalu gigit ring. Setelah mengetahui apa yang menjadi permasalahan utamanya, maka pemotongan ring tentu tidak perlu dilakukan lagi.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ada 2 Komentar/Pertanyaan Baru

Komentar ditutup.