Pemanfaatan beberapa barang bekas untuk meloloh anakan lovebird

Selain menggunakan peralatan khusus untuk meloloh anakan burung, atau biasa disebut hand feeder, kita juga bisa membuat peranti sejenis dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah. Selain menghemat waktu dan biaya, peralatan ini juga dianggap lebih praktis. Berikut ini pemanfaatan beberapa barang bekas untuk meloloh anakan lovebird.

Memanfaatkan barang-barang untuk meloloh anakan burung lovebird
Pemanfaatan barang-barang untuk meloloh anakan burung lovebird.

Untuk meningkatkan produktivitas induk lovebird, para peternak / breeder umumnya menyapih anakan lovebird sejak dini, misalnya pada umur 7 hari. Dalam hal ini, anakan lovebird dipisahkan dari induknya, kemudian dipindah ke kandang khusus pembesaran.

Risikonya, Anda atau perawat harus rutin memberikan pakan kepada anakan lovebird dengan cara diloloh. Hal ini memang tidak mudah, karena membutuhkan kesabaran dan ketelatenan tersendiri. Selain itu, harus menggunakan hand feeder atau peralatan khusus lainnya.

Hand feeder memang banyak dijual di sejumlah toko burung dengan bentuk dan harga bervariasi. Meski begitu, tak sedikit pula peternak yang memilih memanfaatkan barang-barang bekas dengan alasan lebih ringkas dan praktis.

Apabila Anda ingin mencobanya, berikut ini lima jenis barang bekas yang bisa dimanfaatkan untuk meloloh anakan lovebird:

1. Botol cuka

Tahukah Anda, botol cuka mempunyai bentuk yang bisa dimanfaatkan untuk meloloh anakan burung. Tidak sedikit peternak yang menggunakan botol ini untuk meloloh lovebird, karena dianggap lebih praktis.

Namun, sebelum digunakan, botol harus dibersihkan dulu untuk menghilangkan aroma cuka yang masih menempel dan cukup menyengat.

Cara penggunaannya, masukkan pakan lolohan ke botol. Pasang kembali tutup yang ujungnya sudah dilubangi. Kini Anda bisa langsung melolohkannya ke mulut anakan lovebird, sambil menekan-nekan botolnya (lihat gambar di atas).

2. Pipet tetes

Pipet tetes umumnya digunakan untuk media pengobatan dengan cara diteteskan, atau untuk mengisap cairan yang menumpuk dari dalam lubang hidung bayi. Di kalangan peternak, pipet juga dapat digunakan untuk meloloh anakan burung yang dirawatnya.

Jika Anda ingin memanfaatkan pipet bekas obat untuk meloloh anakan burung, sebaiknya dibersihkan terlebih dulu dengan cara merendamnya dalam air hangat selama beberapa menit.

Cara penggunaannya, masukkan pakan lolohan ke bagian tabungnya, lalu lolohkan ke mulut anakan lovebird, dengan menekan lembut karet pengisapnya.

3. Syringe / tabung suntikan

Syringe atau spuit (baca: spet) merupakan tabung suntik yang ujungnya sudah dilengkapi dengan jarum lumayan panjang. Peralatan ini biasa digunakan oleh dokter dan perawat, tetapi biasa digunakan pula untuk menginjeksi tinta pada printer.

Sebelum digunakan, bersihkan bagian dalam tabung dengan cara direndam dalam air panas selama 10 – 20 menit. Setelah itu dibilas dengan air bersih. Jika spet merupakan alat injeksi tinta printer, pastikan tidak ada lagi sisa tinta yang menempel pada bagian dalam dinding tabung.

Selanjutnya, jarum suntik dicopot dan diganti dengan pipa karet / pentil. Cara penggunaannya, masukkan pakan / bahan lolohan ke dalam tabung, kemudian ujung pipa karet dimasukkan pelan-pelan ke mulut anakan lovebird.

4. Selang ukuran kecil

Selang berukuran kecil juga dapat dimanfaatkan untuk meloloh anakan lovebird, dengan cara penggunaan sebagai berikut:

  • Potong selang dengan panjang 5 cm. Setelah itu bersihkan dengan air panas / hangat untuk membuang bakteri / kotoran yang mungkin masih menempel.
  • Celupkan selang pada pakan lolohannya sampai sebagian pakan masuk ke dalam selang tersebut.
  • Lolohkan langsung ke mulut anakan lovebird, sambil dibantu dengan meniupnya untuk mendorong makanan keluar dari selang dan masuk ke kerongkongan burung.

5. Sedotan minuman

Sedotan yang biasa digunakan untuk minuman pun dapat dimanfaatkan untuk meloloh anakan lovebird. Caranya, potong sedotan sepanjang 5 cm, kemudian belah salah satu ujung sedotan dengan cutter sehingga berbentuk sendok. Gunakan sendok sedotan untuk mengambil pakann, lalu dilolohkan ke mulut anakan lovebird.

Selain itu, sedotan juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi kaki burung yang patah. Caranya, silakan simak tulisan berikut ini:

Menangani dan merawat burung yang patah kaki

Demikian tips pemanfaatan barang bekas untuk meloloh anakan lovebird.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.