Tiga jenis burung brinji-emas dan suara kicauannya

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Brinji-emas seram / seram golden bulbul

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Brinji-emas seram (Pbase/Dubi Shapiro)
Burung brinji-emas seram (Foto: Pbase / Dubi Shapiro)

Postur tubuh burung brinji-emas seram / seram golden bulbul (Thapsinillas affinis) lebih besar daripada kedua kerabatnya yang lain. Panjang tubuhnya sekitar 26 cm. Tubuh bagian atas diselimuti bulu-bulu berwarna zaitun kekuningan, sedangkan tubuh bagian bawah seluruhnya berwarna kuning.

Brinji-emas seram merupakan burung endemik Indonesia, dengan wilayah persebaran hanya di Ambon dan Seram, keduanya berada di wilayah Provinsi Maluku. Ada dua subspesies / ras yang dikenal, dengan wilayah persebaran yang berbeda, yaitu:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
  1. Thapsinillas affinis affinis: Hanya ditemukan di Seram. Ciri khasnya antara lain memilikii bercak kuning pada kekangnya. Perut lebih terang, dengan ujung bulu ekor yang melebar dan berwarna kuning-terang.
  2. Thapsinillas affinis flavicaudus: Hanya ditemukan di Ambon.

Spesies ini hidup di habitat yang dipenuhi pepohonan lebat dan rapat seperti hutan, semak, dan lahan perkebunan. Pakan kesukaannya adalah buah-buahan serta serangga seperti kumbang dan ulat.

Suara kicauan burung brinji-emas seram | DOWNLOAD

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Lihat jenis burung brinji-emas lainnya:

Brinji-emas buru | Brinji-emas utara | Halaman Awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.