Delapan penyebab lovebird sering mencabuti bulunya

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Perilaku mencabuti bulu bisa dijumpai pada semua jenis burung. Hanya saja, kasus ini sering dijumpai pada burung paruh bengkok (parrot), termasuk lovebird. Umumnya hal ini berkaitan dengan kondisi fisik dan mental dari burung tersebut. Untuk mengulasnya, yuk kita simak delapan penyebab lovebird sering mencabuti bulunya.

Lovebird yang selalu mencabuti bulu-bulunya sendiri
Inilah tampang lovebird yang sering mencabuti bulunya sendiri.

Dalam tulisan sebelumnya (silakan cek di sini) sudah dijelaskan lima penyebab burung peliharaan mencabuti bulu. Jika ditelisik lebih lanjut, ternyata lovebird termasuk jenis burung yang paling sering mengalami masalah ini.

Setelah mengumpulkan beberapa informasi terkait, sedikitnya ada delapan penyebab lovebird sering mencabuti bulu-bulunya, yakni:

1. Iritasi kulit

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

Iritasi pada kulit burung dapat menyebabkan rasa gatal berlebihan di sekitar bulu. Kondisi tersebut akan membuat lovebird melakukan apa saja yang bisa membuatnya lebih nyaman, mulai dari menggigit, menarik, hingga mencabuti bulu-bulunya sendiri. Biasanya iritasi kulit disebabkan infeksi parasit (misalnya kutu dan tungau), serta bakteri dan jamur.

2. Iritasi akibat paparan asap

Iritasi pada kulit juga bisa karena burung kerap terpapar asap. Sumber asap bisa berasal dari asap rokok, masakan, pembakaran sampah dan knalpot kendaraan bermotor.

Pewangi ruangan yang mengandung alkohol pun bisa menyebabkan iritasi pada kulit burung. Iritasi akan membuat kulit terasa gatal, sehingga burung akan mengatasinya dengan cara menarik-narik atau mencabuti bulunya.

3. Alergi

Lovebird rentan mengalami alergi, terutama jika sangkarnya terlalu lembab atau selalu digantung pada tempat yang lembab. Pada kondisi lembab, jamur akan muncul pada pakan hariannya seperti bijian dan sayuran. Akibatnya, jika pakan dikonsumsi burung, akan muncul reaksi alergi yang ditandai dengan ketidaknyamanan dan rasa gatal di kulit maupun bulunya.

4. Keracunan logam

Keracunan logam yang dialami lovebird sering dikaitkan dengan perilaku menggigiti jeruji sangkar yang terbuat dari besi. Kebiasaan lovebird mengunyah benda / aksesoris sangkar yang terbuat dari logam, seng, tembaga, dan timbal juga bisa menyebabkan burung sering mencabuti bulu.

5. Masalah hormonal

Masalah hormonal seperti hipertiroid (meningkatkan kelenjar tiroid) serta penyakit addison juga bisa menyebabkan iritasi dan rasa gatal pada kulit, kemudian memunculkan perilaku cabut bulu pada lovebird.

6. Kebosanan

Sebagai burung sosial, lovebird memerlukan pasangan atau teman bermain dan bersosialisasi. Lovebird yang hidup sendiri kerap didera kebosanan. Hal ini bisa memicu perilaku menyakiti diri sendiri, seperti mencabut bulu.

Untuk mengatasinya, dibutuhkan beberapa tindakan seperti memperkaya isi kandang dengan aneka mainan, atau menambah variasi pakan. Yang terbaik tentu saja memberinya teman bermain atau pasangan hidup.

7. Kandang sesak dan berisik

Meski lovebird termasuk burung sosial dan hidup secara berkoloni, kandang yang terlalu sesak dapat memunculkan perilaku buruk tersebut. Selain itu, kondisi lingkungan sekitar yang terlalu ramai / berisik juga dapat menimbulkan kecemasan dan kegelisahan pada lovebird.  Akibatnya, burung akan menyakiti diri sendiri dengan cara mencabuti bulu-bulunya.

8. Menjelang bertelur

Di luar tujuh penyebab di atas, lovebird (terutama betina) juga kerap mencabuti bulu-bulunya menjelang bertelur. Hal ini bisa disebabkan ketiadaan atau minimnya bahan penyusun sarang, atau bisa juga karena induk kekurangan mineral kalsium (Ca) dan fosfor (P).

Karena itu, bagi para penangkar, silakan cek kondisi kandang. Jika bahan sarang mencukupi, sangat dimungkinkan induk lovebird kekurangan mineral. Solusi yang tercepat adalah segera memberikan multimineral lengkap seperti BirdMineral.

 

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.