Beberapa cara mengatasi burung pleci bersuara serak

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Burung pleci yang bersuara serak tentu tidak akan mampu tampil maksimal. Meski kicauannya terkadang disertai dengan paruh terbuka lebar, namun jika suaranya terdengar kecil dan parau tentu tidak akan enak didengar. Untuk mengatasinya, berikut ini beberapa cara mengatasi burung pleci bersuara serak.

Ragam cara atasi pleci bersuara serak
Beberapa cara mengatasi burung pleci bersuara serak.

Beberapa hasil penelitian menyebutkan, polusi udara dapat memengaruhi suara panggilan (call) burung-burung liar. Polusi udara bisa berasal dari mana saja, seperti asap pembakaran limbah / sampah, knalpot kendaraan, asap rokok, asap dari cerobong pabrik, hingga asap yang keluar dari peralatan memasak berbahan teflon yang dipanaskan.

Namun penyebab burung bersuara serak itu bukan hanya akibat polusi udara saja. Faktor lain yang ikut berperan misalnya suhu / cuaca yang makin memanas, infeksi jamur, tungau kantung udara (air sac mites), menurunnya daya tahan / stammina burung, serta gangguan pada tenggorokan dan organ pernafasannya.

Untuk mengetahui apa penyebab suara serang pada burung kicauan, termasuk pleci, harus dilakukan pengamatan seksama terhadap perilakunya.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Pleci bersuara serak akibat infeksi jamur / parasit seperti air sac mites akan menunjukkan perilaku seperti bernafas yang diikuti gerakan ekornya yang naik turun, dan terkadang disertai suara aneh. Adapun perilaku tersebut jarang ditemukan pada burung yang serak akibat pengaruh lingkungan atau suhu / cuaca panas.

Untuk mengatasi permasalahan itu, berikut ini beragam cara yang biasa dilakukan para plecimania saat menjumpai pleci kesayangannya bersuara serak.

 

METODE PENGOBATAN HERBAL

Beberapa kicaumania pernah mencoba melakukan pengobatan herbal terhadap plecinya yang serak. Bahan-bahan herbal yang biasa digunakan antara lain daun saga, daun binahong, teh, bahkan ada juga yang menggunakan larutan penyegar rasa buah.

1. Pemanfaatan daun saga

Secara tradisional, daun saga banyak digunakan manusia untuk mengatasi berbagai masalah mulut dan tenggorokan seperti sariawan, radang tenggorokan, amandel, batuk, dan sebagainya. Namun daun saga juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi burung yang bersuara serak.

Berikut ini cara pemanfaatan daun saga untuk penyembuhan pleci bersuara serak:

  • Rebus beberapa lembar daun saga dengan 2 gelas air putih dan 2 sendok teh gula.
  • Setelah mendidih, air rebusan disaring dan didinginkan.
  • Air rebusan kemudian diberikan sebagai air minum untuk pleci, sampai tanda-tanda serak mulai menghilang.

Alternatif lainnya:

  • Tumbuk beberapa lembar daun saga hingga halus, lalu dijemur hingga kering.
  • Setelah itu, daun saga yang sudah menjadi tepung dicampurkan ke dalam pakan kering (voer).

2. Pemanfaatan daun binahong

Daun binahong banyak ditemukan di pinggir-pinggir jalan maupun pekarangan rumah. Daun ini juga bisa digunakan untuk mengatasi pleci bersuara serak. Caranya?

  • Rebus beberapa lembar daun binahong degan 2 gelas air putih.
  • Setelah mendidih, air rebusan disaring.
  • Untuk menambah khasiat, tak jarang plecimania menambahkan 2 sendok teh madu asli  atau gula aren asli ke dalam air rebusan tersebut, sebelum diberikan kepada burung kesayangannya.

3. Air teh manis

Air teh manis disimpan dalam cepuk kecil, lalu diberikan kepada pleci yang bersuara serak. Pemberian dihentikan setelah suaranya kembali pulih.

4. Larutan pengegar rasa buah

Larutan penyegar yang memiliki rasa buah juga bisa menjadi pilihan bagi plecimania jika burungnya bersuara serak. Larutan diberikan sebagai pengganti air minum burung setiap harinya, dan harus dihentikan setelah tanda-tanda serak mulai menghilang.

PENGOBATAN ALA OMKICAU

Proses penyembuhan burung pleci yang bersuara serak melalui pengobatan herbal tidak selalu memberikan hasil yang sama antara plecimania yang satu dan lainnya. Semua itu tergantung dari kondisi burung dan penyebab serak itu sendiri.

Infeksi jamur dan parasit pada bagian tenggorokan dan organ pernafasan burung lebih efektif apabila menggunakan obat-obatan secara tepat dan sesuai dengan peruntukannya.

Karena itu, untuk mengatasi suara serak pada burung-burung kicauan, termasuk pleci, lebih afdol dan aman apabila menggunakan obat-obatan yang spesifik, misalnya BirdTwitter yang sudah banyak digunakan para kicaumania di Indonesia, baik untuk pleci maupun jenis burung kicauan lainnya.

Cara penggunaannya, oleskan atau campurkan 3-4 tetes BirdTwitter ke dalam buah atau pakan tambahan lainnya yang biasa diberikan kepada pleci. Tidak disarankan dicampur dalam air minum, atau diberikan langsung ke paruh / mulut burung.

Berikan pengobatan selama 6 hari berturut-turut. Setelah pemberian berturut-turut selama 6 hari, tunggu sampai 4 hari berikutnya dan dilihat perkembangannya. Jika burung masih serak, berikan satu periode lagi.

Pengobatan yang sesuai akan membantu pemulihan dan menghilangkan penyebab pleci bersuara serak. Kalau masih belum sembuh juga, maka suara serak bukan akibat infeksi pada tenggorokannya, melainkan karena adanya tungau kantung udara (air sac mites).

Tungau kantung udara bisa dienyahkan dengan cara menggosok-gosokkan BirdFresh pada bagian leher belakang tengkuk) burung, baik sebelah kanan maupun kiri. Karena pleci berukuran kecil, cukup sekali gosok pada tengkuk kanan, dan sekali gosok pada tengkuk kiri.

Kedua produk Om Kicau ini mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai antiparasit, sehingga dapat mengatasi berbagai masalah yang dihadapi burung kicauan seperti suara serak, sesak nafas, bahkan macet bunyi.

Demikian tips dan beragam cara mengatasi burung pleci yang bersuara serak.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. Om,kalau suara pleci serak dikarenakan seperti ada sesuatu di tenggorokannya bgaimana solusinya?pleci saya ada 1 yang suaranya serak,tapi serak dikarenakan seperti ada yang mengganjal di tenggorokannya,ini bisa dilihat dari prilakunya ketika selesai makan seperti orang makan kurang minum,keselek2 gitu,nada callnya berubah drastis,jadi nyempreng.mhon solusinya om.

Komentar ditutup.