Beberapa jenis tanaman herbal untuk mengobati kaki burung

Beberapa gangguan pada kaki burung kicauan antara lain bengkak akibat gigitan serangga, serta infeksi akibat luka dan jamur. Meski kenari termasuk jenis burung yang sering bermasalah dengan kesehatan kaki, bukan berarti jenis burung lainnya tak pernah mengalami gangguan serupa. Tahukah Anda, ada beberapa jenis tanaman herbal untuk mengobati kaki burung? 

Burung peliharaan sering mengalami masalah pada kaki-kakinya
Burung peliharaan sering mengalami masalah pada kakinya

Selama ini, untuk mengobati kaki burung yang sakit, sebagian kicaumania kerap menggunakan obat-obatan yang sebenarnya didesain khusus untuk manusia. Misalnya salep dengan berbagai merek yang banyak dijual di apotek.

Sebenarnya hal seperti itu tidak dianjurkan, karena dosis penggunaannya berbeda, dan tak pernah ada salep yang dijual di apotek mencantumkan aturan pakai untuk burung. Selain mengandung bahan kimia yang cukup kuat, obat-obatan tersebut kadang memiliki efek samping yang merugikan.

Contohnya penggunaan salep kulit untuk mengatasi masalah kaki burung yang bengkak / berjamur. Salah pilih salep justru akan membuat kaki burung mengalami peradangan, bahkan terbakar akibat zat aktif yang terlalu kuat.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Padahal ada produk khusus burung untuk mengobati berbagai gangguan pada kaki, misalnya BirdCream yang jelas didesain untuk burung kicauan maupun non-kicauan.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tanaman herbal untuk mengatasi gangguan kaki pada burung. Berikut ini beberapa jenis tanaman herbal yang bisa Anda manfaatkan:

1. Daun lidah buaya

Daun lidah buaya mengandung getah / gel yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan kaki burung yang luka, terinfeksi jamur, atau terkena gigitan serangga.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan bagian gel dari daun lidah buaya di bagian kaki b burung yang bermasalah. Informasi selengkapnya dapat disimak dalam artikel Manfaat lidah buaya untuk burung.

2. Daun kemangi

Selain lazim dijadikan lalapan dan bahan makanan, daun kemangi juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati beragam masalah pada kaki burung, termasuk gigitan serangga, bengkak, bumble foot, dan sebagainya. Cara penggunannya cukup dengan melumatkan daun kemangi, lalu ditempelkan ke bagian kaki yang sakit.

3. Daun peterseli

Seperti halnya kemangi, peterseli juga lebih dikenal sebagai salah satu bahan pembuatan bumbu masakan. Ternyata daun ini juga bisa digunakan untuk mengobati sakit pada kaki burung. Cara menggunakannya juga mudah: lumatkan daun peterseli, kemudian dioleskan / ditempelkan pada bagian kaki burung yang sakit.

4. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pada kaki burung, antara lain infeksi jamur maupun scaly leg / kaki berkerak.

Cara penggunaannya dengan mengoleskan cairan yang keluar dari bawang putih ke bagian kaki yang terinfeksi atau sakit. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan cara mengoleskan ekstrak bawang putih k bagian kaki yang berjamur / luka.

Jika tak mau repot-repot menggunakan tanaman herbal tersebut, Anda juga bisa menggunakan cara yang jauh lebih efektif, yaitu mengoleskan BirdCream (produk Om Kicau) di bagian kaki yang sakit akibat gigitan serangga, infeksi jamur, bumble foot (bubulan), hingga kaki berkerak (scaly leg), dan sebagainya.

BirdCream merupakan krim khusus yang dibuat dengan menggunakan ramuan herbal yang dilengkapi dengan zat aktif lain yang bermanfaat dalam penyembuhan dan pencegahan terhadap infeksi jamur.

Itulah informasi mengenai beberapa jenis tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi beragam masalah yang menimpa kaki burung piaraan Anda. Dengan perawatan teratur, serta selalu menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapan di dalamnya, maka berbagai potensi gangguan kesehatan burung bisa ditekan seminimal mungkin.

 
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.