Tips memperbaiki bulu pleci yang kusam dan berubah warna

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Kondisi bulu-bulu pleci yang berubah dari cerah menjadi kusam atau berubah warna sering terjadi jika burung tidak mendapatkan perawatan semestinya. Agar bulu-bulunya kembali sehat dan berkilau, tentu harus menunggu sampai masa mabung berikutnya. Nah, daripada harus menunggu lama, Anda bisa menerapkan setingan perawatan berikut ini untuk memperbaiki bulu pleci yang kusam dan berubah warna.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Bulu pleci yang berubah jadi kusam / memudar warnanya
Bulu pleci yang berubah menjadi kusam atau memudar warnanya.

Hal utama yang menyebabkan bulu terlihat kusam adalah berkurangnya pasokan lemak / minyak yang terdapat pada kelenjar uropigial di pangkal ekornya. Lapisan minyak itulah yang membuat bulu burung menjadi cerah, tahan air, dan mengkilap. Jika tidak memiliki lapisan pelindung tersebut, bulu akan mudah kering oleh terik matahari yang bisa merusak dan memudarkan warnanya.

Selain itu, memudarnya warna bulu juga bisa disebabkan faktor lain seperti perawatan tidak teratur dan pemberian pakan yang kurang tepat. Beberapa faktor lainnya adalah:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
  • Penjemuran terlalu berlebihan / burung terlalu lama dijemur.
  • Burung jarang mandi atau dimandikan, baik dengan cara semprot maupun menggunakan karamba mandi atau cepuk minumnya.
  • Kekurangan nutrisi akibat jarang / tidak pernah mendapat pakan buah-buahan yang bervariasi.
  • Pleci terlalu sering diberi doping yang bertujuan agar burung selalu gacor tanpa mempedulikan kondisinya.
  • Terlalu sering mengganti pakan voer dengan alasan ingin mencari produk yang cocok.

Butuh waktu untuk memperbaiki kondisi bulu pleci yang sudah memudar warnanya (kusam). Tapi perawatan yang tepat dan teratur bisa membantu mempercepat pemulihannya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dicoba untuk memperbaiki kondisi bulu yang sudah kusam.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Mengubah setelan pakan untuk sementara, dengan meniadakan pakan voer dan mengutamakan pakan full EF  /extra fooding untuk pleci yang bulunya kusam. Pakan yang bisa diberikan setiap hari adalah buah-buahan secara bervariasi (pisang, jeruk, apel, dll) dan serangga (jangkrik, belalang hijau kecil, ulat kandang / hongkong, kroto, dan laba-laba kecil).
  • Mandikan burung secara rutin. Jika pleci tidak pernah dimandikan, maka dalam perawatan kali ini harus lebih sering dilakukan. Mandikan pleci setiap hari pada pagi, siang, dan sore hari. Setelah mandi, pleci dianginkan di tempat sejuk untuk mengeringkan bulunya. Adapun penjemuran untuk sementara waktu ditiadakan, atau bisa juga dijemur selama 20 menit pada pagi hari. 
  • Madu bisa diberikan beberapa hari sekali, bisa disediakan dalam cepuk terpisah, bisa juga dioleskan ke pisang atau buah-buahan yang lain.
  • Apabila bulu kusam akibat pleci sering mendapat doping, maka tubuh burung harus dinetralisasi dulu. Untuk memulihkan pleci yang terkena doping, simak Tips memulihkan kondisi pleci yang terkena dopingan.
  • Minyak ikan bisa diberikan seminggu sekali secara langsung (diteteskan) atau disuntik ke pakan tambahan.
  • Sebagai pengganti voer, Anda bisa memberikan pakan racikan yang berbahan baku udang. Salah satu racikan tersebut bisa dilihat kembali di sini.
  • Untuk mendukung pemulihan / perbaikan bulu yang kusam, pleci bisa diberi BirdMineral yaitu multimineral tambahan yang bermanfaat mengatasi bulu kusam dan membantu burung memproduksi kelenjar minyak.

Demikian tips memperbaiki kondisi bulu pleci yang kusam / berubah warnanya. Untuk mencegah agar pleci tidak mudah berubah warna, maka perawatan harian harus disertai dengan perawatan bulunya, seperti pernah dijelaskan dalam artikel berikut ini:

Menjaga kesehatan bulu pleci agar tidak mudah kusam dan berubah warnanya

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.