Manfaat gabah untuk lovebird: Kontrol birahi, dongkrak stamina, suara lebih kencang dan kasar!

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Banyak cara yang bisa kita lakukan dalam perawatan lovebird agar tampil stabil di lapangan. Salah satunya dengan memberikan gabah, dengan porsi 10-20 bulir per harinya. Banyak sekali manfaat gabah untuk lovebird, antara lain mengontrol birahi, mendongkrak stamina, serta membuat suara lebih kencang dan kasar.  

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Manfaat gabah untuk burung lovebird
Aneka manfaat gabah untuk lovebird, khususnya lovebird yang kerap dilombakan.

Gabah yang umum dimanfaatkan sebagai pakan burung dan unggas adalah gabah bangkok. Gabah ini paling sering diberikan kepada ayam petarung dan burung pemakan bijian seperti perkutut, derkuku, puter, dan merpati. Karena memiliki beragam manfaat, gabah bangkok kini juga mulai sering digunakan para lovebird mania.

Sejumlah mineral penting terkandung dalam gabah, antara lain kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, dan natrium. Adapun kandungan vitaminnya terdiri atas vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E. Dengan kandungan vitamin dan mineral tersebut, gabah dapat meningkatkan stamina burung. Bahkan jika diberikan kepada lovebird, gabah bisa membantu mengontrol birahinya, serta membuat suaranya menjadi lebih kencang dan kasar.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Ada dua jenis gabah bangkok yang beredar di pasaran, yaitu gabah bangkok merah dan gabah bangkok putih. Gabah bangkok merah memiliki ukuran sedikit lebih besar daripada yang berwarna putih. Selain itu, gabah bangkok merah banyak digunakan dalam penangkaran burung perkutut. Adapun gabah bangkok putih lebih sering digunakan untuk perkutut yang dilombakan.

Bagi penggemar lovebird, gabah bangkok (merah maupun putih) memiliki sejumlah manfaat penting jika diberikan secara teratur. Selain berkhasiat meningkatkan stamina, gabah bangkok juga bisa membantu mengontrol birahi agar tetap stabil, sekaligus mengatasi lovebird yang over birahi.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pemberian gabah bangkok secara teratur juga bisa membuat volume suara lovebird bertambah kencang serta lebih kasar.

Cara penggunaan gabah untuk lovebird

  • Sebelum diberikan kepada lovebird, pilihlah gabah bangkok yang berkualitas baik. Untuk mengujinya, Anda dapat merendam gabah dalam wadah berisi air.
  • Gabah yang tenggelam / berada di dalam air berarti berisi dan layak dipilih. Adapun gabah yang mengambang wajib dibuang, karena kosong atau nyaris tak berisi.
  • Selanjutnya, gabah-gabah terpilih dijemur di bawah terik sinar matahari.
  • Gabah yang sudah kering kemudian dicampur dengan pakan bijian yang lain seperti milet putih atau merah.
  • Porsi gabah jangan berlebihan, cukup 10 – 20 butir yang bisa diberikan kepada lovebird setiap harinya.

Baca juga: Menyetel birahi lovebird saat lomba

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.