Apa sih manfaat mentimun untuk burung kicauan?

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Mentimun (terkadang ditulis / dibaca ketimun) merupakan salah satu jenis sayuran yang biasa diberikan sahabat-sahabat kicaumania kepada burung piaraannya yang mengalami masalah over birahi. Pemberian mentimun diyakini mampu menurunkan birahi dan membuatnya tetap stabil. Tapi tahukah Anda, mentimun masih memiliki sejumlah manfaat lain. Apa sih manfaat mentimun untuk burung kicauan selain untuk menurunkan birahi?

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Mentimun yang memiliki banyak manfaat untuk burung kicauan
Mentimun memiliki banyak manfaat untuk burung kicauan.

Mentimun, atau ketimun / timun, termasuk salah satu jenis sayuran yang sudah sangat popular dalam masyarakat Indonesia. Buahnya mengandung air dan larutan elektrolit, dengan daging buah (bagian dalam) bertekstur renyah.

Umumnya, mentimun menjadi salah satu bahan baku rujak, atau dijadikan sebagai salah satu bagian dari lalapan. Di Kota Bogor, juga di beberapa daerah lainnya, mentimun kerap dimanfaatkan sebagai asinan.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Kendati kandungan airnya sangat banyak, mentimun juga mengandung beberapa zat gizi lainnya. Bahkan hampir semua nutrisi yang dibutuhkan burung kicauan terdapat dalam sayuran menyegarkan ini.

Di kalangan kicaumania, mentimun lebih sering digunakan sebagai pakan tambahan / extra fooding (EF) beberapa jenis burung kicauan. Meski demikian, tak semua kicaumania memanfaatkan sayuran ini sebagai EF untuk burung-burung piaraannya.

Umumnya, para kicaumania menggunakan mentimun ketika burung piaraannya mengalami over birahi (OB), atau ketika kehabisan pakan buah-buahan saja. Padahal banyak sekali manfaat mentimun untuk burung kicauan, seperti diuraikan berikut ini:

Mencegah dehidrasi

Mentimun berasal dari keluarga Cucurbitaceae, sebagaimana labu dan semangka. Kandungan airnya yang mencapai 90% bisa mencegah dehidrasi pada burung, terutama saat musim kemarau atau cuaca panas. Mentimun juga dapat membantu membuang racun dalam tubuh burung.

Membantu mengatasi burung yang kurang gizi

Burung berdada nyilet atau bertubuh sangat kurus menandakan bahwa dia kekurangan gizi. Nah, mentimun dapat membantu memulihkan kondisi fisik burung berdada nyilet. Kandungan vitamin K, vitamin B, vitamin C, dan aneka mineral seperti tembaga (Zn), kalium (K), dan mangan (Mn) dapat membantu mengatasi burung yang kekurangan gizi.

Mengatasi masalah pencernaan

Dalam daging buah mentimun terdapat enzim yang disebut erepsin. Enzim ini jika dikonsumsi rutin bisa membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan yang dialami burung kicauan.

Mengatasi burung cacingan

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Biji mentimun juga berkhasiat sebagai obat alami untuk mengeluarkan cacing pita dalam organ pencernaan burung. Bukan itu saja, biji mentimun memiliki sifat anti-inflamasi yang cukup efektif untuk mengobati radang pada bagian pernafasan atau tenggorokan burung.

Melancarkan buang kotoran

Sebagian kicaumania tentu pernah menjumpai burung piaraannya tidak mampu membuang kotoran secara normal. Pada manusia, gangguan seperti ini biasa disebut sembelit. Dengan mengkonsumsi mentimun secara rutin, burung-burung yang mengalami gangguan tersebut bisa kembali pulih dan lancar saat membuang kotoran / feces.

Mengatasi masalah burung kegemukan

Burung yang terlalu gemuk (obesitas) biasanya menjadi kurang aktif dan jarang berkicau. Nah, untuk mengatasinya, Anda juga bisa memberikan mentimun secara rutin.

Melindungi dan mengembangkan otak

Mentimun mengandung flavonol anti-inflamasi yang disebut fisetin. Zat tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan otak. Selain membantu meningkatkan memori burung dalam berkomunikasi, fisetin juga bisa berfungsi sebagai pelindung sel-sel saraf.

Sebagai antioksidan

Mentimun juga mempunyai banyak kandungan antioksidan, termasuk vitamin C dan beta-karoten. Selain itu juga mengandung antioksidan flavanoid seperti quercetin, apigenin, luteolin, dan kaempferol yang memberikan manfaat tambahan untuk menjaga kondisi dan kesehatan burung piaraan.

Mengatasi dan mencegah stres

Beberapa vitamin B terkandung dalam potongan mentimun yang disajikan untuk burung, seperti vitamin B1, B5, dan B7 (biotin). Vitamin B Komplek memiliki manfaat antara lain meringankan perasaan cemas dan efek buruk lain akibat stres pada burung kicauan.

Pakan darurat selama di perjalanan

Kandungan air dan nutrisi dalam mentimun menjadikan sayuran ini sangat cocok diberikan sebagai pakan darurat untuk burung yang akan dikirim / dibawa dalam perjalanan jarak jauh. Selain memberikan pakan berupa voer, Anda bisa meletakkan beberapa potong mentimun dalam sangkarnya.

Itulah beberapa manfaat penting mentimun yang perlu diketahui rekan-rekan kicaumania.

 

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.