Tiga jenis buah untuk turunkan birahi burung cucak ijo

Birahi burung cucak ijo / cucak hijau terkadang bisa naik dan bisa juga turun. Semua ini dapat mempengaruhi performanya, baik di rumah maupun di lapangan. Kalau birahi burung cucak ijo terlalu tinggi, alias over birahi, kita dapat mengatasinya dengan memberikan jenis buah tertentu.

birahi burung cucak ijo
Buah-buahan tertentu dapat menurunkan birahi burung cucak ijo.

Ketika burung cucak hijau mengalami over birahi, maka penampilannya akan menurun. Perilakunya pun mudah berubah-ubah, misalnya burung yang semula jinak menjadi galak / giras.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan cucak ijo mudah mengalami over birahi, antara lain pemberian pakan serangga yang terlalu berlebihan, faktor perawatan, dan umur burung yang sudah matang.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Menurunkan birahi burung cucak ijo dapat dilakukan dengan beragam cara, mulai dari pengumbaran secara rutin hingga mengawinkannya. Pemberian buah-buahan tertentu juga cukup efektif dalam menurunkan birahi burung cucak ijo.

3 Jenis buah penurun birahi burung cucak ijo

Sebenarnya banyak sekali jenis buah yang dapat membantu menurunkan birahi burung cucak ijo. Tapi berdasarkan pengalaman para pemain cucak ijo, sedikitnya ada tiga jenis buah yang cukup efektif, yakni:

  1. Belimbing
  2. Jambu air hijau
  3. Buah naga

1. Buah belimbing

Belimbing termasuk salah satu jenis buah yang banyak digunakan untuk menurunkan over birahi pada cucak hijau. Buah ini memiliki kandungan air dan vitamin C yang sangat tinggi, yang dapat segera menstabilkan birahi burung.

Selain bisa membantu menurunkan birahi burung, belimbing juga mempunyai beragam manfaat lainnya, antara lain mengatasi kegemukan, antioksidan alami, menyembuhkan suara serak, dan mengatasi radang tenggorokan.

Untuk mengatasi birahi cucak hijau, belimbing bisa diberikan dengan cara memotongnya menjadi dua bagian, lantas digantung dalam sangkarnya. Sebagian kicaumania lebih senang memberikan belimbing matang, karena kandungan airnya dan gulanya lebih tinggi.

Selain itu, belimbing matang juga mempunyai daging buah yang lebih lunak sehingga lebih cepat habis. Namun perlu diperhatikan, berikanlah belimbing yang memiliki luka pada kulitnya, karena biasanya sudah tercemar bakteri.

2. Buah jambu air hijau

Jambu air yang berwarna hijau juga memiliki rasa manis dan asam yang cukup menyegarkan. Selain itu kandungan airnya cukup melimpah. Buah ini juga kaya vitamin (A, C, thiamin, niacin), mineral (kalsium, kalium, zat besi), serat kasar, serta beberapa senyawa organik seperti jambosine, asam betulinic, dan lakton.

Jambu air hijau juga efektif membantu menurunkan birahi pada burung cucak hijau, serta manfaat lainnya seperti mengatasi gangguan pencernaan, membuang racun dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan, melawan infeksi jamur, dan menurunkan kolesterol. Cara pemberiannya, gantung buah jambu air hijau di dalam sangkarnya.

3. Buah naga

Buah naga / dragon fruit berasal dari tanaman kaktus jenis Hylocereus dan Selenicereus yang umumnya ditemukan di Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Buah ini juga memiliki kandungan air cukup tinggi, sehingga efektif dalam menurunkan birahi burung cucak hijau. Burung yang kerap mengkonsumsi buah naga juga berpotensi menjadi gacor (rajin bunyi).

Itulah tiga jenis buah yang dipercaya para kicaumania dapat menurunkan birahi burung cucak ijo. Untuk hasil yang lebih efektif, tentu saja harus dibarengi dengan pola perawatan lainnya, pengumbaran, dan pemberian multivitamin seperti BirdVit.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.