Beberapa cara melatih burung kacer bakalan agar cepat jinak

Burung kacer bakalan biasanya mempunyai sifat sangat liar, sehingga bisa merepotkan kicaumania yang merawatnya. Selain itu, perilakunya yang cenderung tak terkontrol juga dapat melukai dirinya sendiri. Untuk meredam perilakunya tersebut, dibutuhkan proses penjinakan. Nah, berikut ini beberapa cara melatih burung kacer bakalan agar cepat jinak.

cara melatih burung kacer bakalan
Cara menjinakkan burung kacer bakalan

Beberapa kicaumania lebih suka membeli burung kacer bakalan, karena harganya lebih terjangkau. Tetapi memelihara burung bakalan memiliki risiko tersendiri, antara lain:

  • Burung pada umumnya belum doyan voer
  • Sifat dan perilakunya cenderung masih liar dan giras sehingga kerap ketakutan saat didekati manusia.

Kondisi seperti itu tentu merepotkan orang yang merawatnya. Jadi, burung harus dilatih cukup intens agar cepat jinak. Jika sudah jinak, maka perawatan hariannya akan menjadi lebih mudah.

Cara melatih burung kacer bakalan agar cepat jinak

  • Selama proses penjinakan, kacer bisa ditempatkan dalam sangkar berukuran kecil. Ini berguna untuk meredam perilaku liarnya yang bisa melukai dirinya sendiri.
  • Sangkar berukuran kecil juga akan memudahkan kita saat membawa kacer bakalan ke mana saja, untuk tujuan penjinakan. Misalnya ditempatkan di lantai, diletakkan di ruang keluarga, bahkan ke tempat ramai lainnya.
  • Mengenalkan wadah / tempat pakan jangkrik atau ulat hongkong sebelum memberi isinya kepada burung. Jika dilakukan secara teratur, maka setiap kali Anda memegang wadah / tempat tersebut, burung akan tahu bahwa ia akan mendapat pakan kesukaannya. Dengan begitu, burung tidak ragu-ragu lagi menerima pakan serangga ini langsung dari jari tangan Anda.
  • Mandikan kacer bakalan hingga basah kuyup. Caranya, letakkan sangkarnya di bawah. Setelah itu dengan hand sprayer, burung disemprot hingga basah kuyup. Sewaktu dijemu r /diangin-anginkan, berikan jangkrik langsung dari jari tangan Anda.
  • Selama proses penjinakan, hindari pemberian voer secara berlebihan. Berikan voer seperlunya saja, sebab kacer bakalan yang terlalu kenyang lebih sulit dibuat jinak.
  • Apabila ada burung lain yang sudah jinak, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengubah sifat kacer bakalan ini. Caranya, gantangkan sangkarnya dekat dengan sangkar berisi burung jinak tersebut. Setelah itu, biarkan kacer memperhatikan ketika Anda memanjakan burung jinak itu dengan pakan kesukaannya. Cara ini cukup ampuh jika dilakukan secara terus-menerus.
  • Cara alternatif lainnya adalah rajin memindah-mindahkan lokasi penggantangan sangkar. Tips ini juga dianggap ampuh, karena burung akan terlatih berhadapan langsung dengan pemiliknya.

Itulah beberapa cara melatih burung kacer bakalan agar cepat jinak. Tentu semuanya membutuhkan ketekunan serta ketelatenan tersendiri. Selamat mencoba.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.