Tips mencegah kenari sakit akibat perubahan suhu / cuaca

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Perubahan suhu dan cuaca secara mendadak masih terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Kondisi seperti ini bisa membuat burung kicauan, termasuk kenari, mudah terserang penyakit. Sebagai panduan perawatannya, berikut ini tips mencegah kenari sakit akibat perubahan suhu /cuaca.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

mencegah kenari sakit
Suhu / cuaca yang berubah-ubah bisa membuat kenari mudah sakit.

Kenari sangat rentan terhadap perubahan suhu dan cuaca yang terjadi secara tiba-tiba. Ketika suhu / cuaca berubah dari panas menjadi dingin / hujan, atau sebaliknya, maka tubuh kenari berusaha keras menyesuaikan dengan suhu sekitar.

Saat itulah, imunitas / daya tahan tubuhnya akan berkurang, sehingga membuatnya mudah terserang penyakit. Suhu yang cenderung berubah-ubah juga bisa memicu perkembangbiakan agen penyakit, terutama virus dan bakteri.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Secara umum ada beberapa gejala yang muncul ketika burung kenari mengalami sakit akibat perubahan suhu / cuaca, antara lain:

  • Gangguan / infeksi pada salutan pernafasan.
  • Flu yang ditandai dengan lubang hidung kerap mengeluarkan cairan.
  • Burung selalu bersin dan / atau batuk-batuk.

Jika kondisi tersebut dibiarkan tanpa mendapat pengobatan, maka dampaknya bisa menjadi lebih buruk. Kenari yang sakit mudah sekali terserang penyakit lain yang bersumber dari virus, bakteri, dan parasit.

Untuk mencegah hal tersebut, maka perawatan yang tepat harus segera diterapkan ketika kondisi suhu / cuaca mulai sering berubah-ubah.

Mencegah kenari sakit akibat perubahan suhu / cuaca:

Berikut ini tips perawatan untuk mencegah kenari sakit akibat perubahan suhu / cuaca:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Sebaiknya jangan menggantang sangkar di tempat yang terkena embusan angin, seperti di dekat lubang angin, tempat terbuka yang sering diterpa angin cukup kencang, dekat kipas angin, dan sebagainya.
  • Sebaiknya, gantangkan sangkarnya di tempat yang cukup aman dan terlindungi. Misalnya di teras rumah yang tertutup krey, atau diberikan full kerodong. Alternatifnya, burung disimpan di dalam rumah / ruangan (tidak dikeluarkan).
  • Hindari pula menggantang sangkarnya di ruangan ber-AC. Burung yang terpapar udara dingin dari AC mudah sekali sakit ketika dipindah ke luar ruangan yang panas.
  • Selama suhu / cuaca tidak menentu, pemberian pakan bijian sebaiknya dikurangi. Kenari perlu mendapat pakan tambahan lebih banyak, baik buah maupun sayuran. Misalnya pisang, apel, pir, wortel, kangkung, jagung, dan sebagainya.
  • Untuk menjaga kondisi burung kenari, Anda bisa memberikan pula pakan tambahan seperti egg food atau biji berkecambah.
  • Perkuat daya tahan kenari dengan memberikan multivitamin seperti BirdVit yang mengandung berbagai jenis vitamin esensial dan ampuh dalam meningkatkan imunitas / daya tahan burung sehingga tidak mudah sakit.
  • Pada sore dan malam hari, sangkar dikerodong penuh, agar burung bisa beristirahat total sampai esok harinya.

Itulah beberapa tips merawat dan mencegah kenari sakit akibat perubahan suhu/cuaca.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.