Mendongkrak stamina burung cucak ijo agar tak gampang kendor

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Banyak cucak hijau / cucak ijo yang sangat semangat pada awal lomba, kemudian mengendur sampai penilaian usai. Hal ini terjadi akibat stamina burung kurang memadai. Untuk mencegah hal ini terjadi pada momongan ada beberapa cara mendongkrak stamina cucak ijo agar tak gampang kendor

stamina burung cucak ijo
Cucak ijo yang punya stamina bagus bakal tampil lebih maksimal di arena lomba.

Stamina burung cucak ijo yang menurun akan membuat perilaku burung juga mudah berubah. Perubahan yang umum terjadi antara lain ngebalon serta berdiam diri / ngeriwik saja di dasar sangka.

Kondisi ini juga kerap dijumpai saat cucak ijo sedang dilombakan. Cucak ijo yang kurang stamina akan mudah kendor, meski pada awalnya tampil penuh semangat. Selain pola perawatan harian yang kurang tepat, hal ini juga bisa terjadi akibat cucak ijo tidak memperoleh nutrisi sesuai yang dibutuhkannya.

Sebagai panduan, berikut ini beberapa cara mendongkrak stamina burung cucak ijo agar tidak mudah kendor.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

1. Lakukan pengembunan secara rutin

Pengembunan secara rutin dapat membantu menjaga serta meningkatkan stamina burung cucak ijo, sehingga tampil lebih maksimal. Dengan begitu, burung tidak gampang kendor saat berlomba.

Pengembunan bisa dilakukan dengan cara mengeluarkan burung pada pagi-pagi hari sekali, atau saat fajar (sebelum matahari terbit). Jika masih dikerodong, sebaiknya kerodong jangan dibuka dulu selama beberapa menit, agar cucak ijo bisa beradaptasi dengan suhu yang dingin.

2. Mandi air dan sinar matahari pagi

Begitu matahari mulai terbit, segera mandikan burung dengan cara disemprot menggunakan hand sprayer. Bisa juga dimandikan dalam karamba. Mandikan burung di bawah pancaran sinar matahari yang masih hangat.

Usai mandi, biarkan burung merapikan bulu-bulunya / didis di bawah sinar matahari pagi selama beberapa menit. Setelah itu, angkat voer dan pakan buahnya, kemudian jemur kembali selama 30-60 menit.

3. Berikan pakan bergizi

Untuk mendongkrak stamina burung cucak ijo agar selalu aktif dan bersemangat sepanjang hari, kebutuhan pakan harus selalu diperhatikan. Untuk burung yang terbiasa makan voer, berikan voer dengan kandungan gizi lengkap.

Beberapa jenis buah yang bisa membantu mendongkrak stamina burung cucak ijo antara lain:

  • Pisang kepok warna putih
  • Melon
  • Apel merah
  • Buah ceri / kersen

Adapun jenis serangga yang umum diberikan untuk mendongkrak stamina burung cucak ijo antara lain:

  • Ulat jerman / hongkong
  • Jangkrik atau belalang
  • Ulat bambu (diberikan 2-3 hari sekal).

Selain buah dan seranggan, Anda juga dapat mengolah sendiri pakan yang mampu membantu mendongkrak stamina burung cucak ijo. Misalnya mencampurkan kroto dengan parutan apel merah, lalu diberikan dua hari sekali.

Anda juga bisa memberikan nektar / air gula setiap dua hari sekali, yang bermanfaat untuk memulihkan energi serta mendongkrak stamina burung ijo secara cepat.

4. Pengumbaran secara berkala

Burung cucak ijo bisa diumbar seminggu sekali. Kebiasaan ini bisa membantu menjaga kondisi fisik dan staminanya. Lakukan pengumbaran hanya pada pagi hari saja, yaitu saat burung akan dijemur atau selesai dimandikan.

5. Sediakan multivitamin

Menyediakan multivitamin seperti BirdVit bisa membantu menjaga dan mendongkrak stamina burung cucak ijo agar tak mudah kendor. BirdVit merupakan kumpulan sejumlah tivitamin esensial yang sangat lengkap, sehingga efektif untuk mempercepat pemulihan energi dan mendongkrak stamina burung.

Itulah tips singkat mengenai cara mendongkrak stamina cucak ijo agar tidak gampang kendor. Dengan menerapkan setelan / pola rawatan seperti di atas, burung mampu tampil lebih maksimal dan tidak mudah kendor.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.