Bagaimana ciri-ciri burung blackthroat siap kawin?

Bagaimana ciri-ciri burung blackthroat siap kawin? Blackthroat termasuk burung finch yang cukup kondang di kalangan kicaumania Nusantara. Suaranya yang lantang dan ngerol kerap dijadikan masteran untuk burung kenari. Tidak sedikit pula kicaumania yang membudidayakannya, baik untuk tujuan komersial maupun sekadar hobi.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

ciri-ciri burung blackthroat siap kawin
Mengenali ciri-ciri burung blackthroat siap kawin.

Banyak kicaumania yang sukses beternak burung blackthroat. Meski demikian, tidak sedikit pula keluhan yang sering dilontarkan, khususnya para pemula. Keluhan mereka umumnya mengenai proses penjodohan.

Sebenarnya, proses penjodohan burung blackthroat menjadi relatif mudah, jika calon induk jantan dan betina sudah mencapai umur dewasa kelamin, serta sama-sama dalam kondisi birahi / siap kawin.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Karena itu, bagi calon penangkar maupun penangkar pemula, silakan cermati ciri-ciri burung blackthroat siap kawin, agar burung jantan dan betina cepat berjodoh dan segera kawin.

Ciri-ciri blackthroat jantan siap kawin / siap diternak:

  • Pilih burung jantan yang berumur 9 bulan atau lebih. Pada umur tersebut, blackthroat dalam kondisi mapan dan rajin bunyi.
  • Ketika berkicau, suaranya terdengar lebih nyaring dengan irama ngerol yang panjang dan tidak terputus-putus.
  • Ketika didekatkan dengan burung betina dewasa, burung akan terus berkicau sambil membuka kedua sayapnya. Silakan lihat video berikut ini, mengenai perilaku blackthroat jantan yang siap kawin ketika didekatkan dengan burung betina
  • Apabila dipegang dan diamati, akan terlihat vent / kloaka yang menonjol keluar sebesar biji kacang hijau dan berwarna kemerahan.

Ciri-ciri blackthroat betina siap kawin / siap diternak

Ketika birahi, blackthroat betina sering mencabuti bulu-bulunya sendiri, khususnya bulu di bagian leher dan dadanya. Bulu-bulu tersebut dikumpulkannya untuk dijadikan bahan sarang.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Jika hal itu sudah terpantau, itu pertanda burung dalam kondisi siap breeding. Jadi, anda tinggal memberinya sarana untuk memulai proses penangkarannya.

Selain itu, masih ada beberapa ciri lain yang bisa diamati, misalnya:

  • Burung betina terlihat gelisah saat mendengar suara kicauan pejantan yang ditunjukkannya dengan naik turun tangkringan sambil berbunyi mencicit.
  • Betina lebih sering terlihat membawa bulu maupun bahan sarang yang sudah disiapkan sambil terbang ke sana- kemari dalam sangkarnya.

Jika ciri-ciri tersebut sudah terlihat pada sepasang blackthroat, maka segera dilanjutkan ke proses perjodohan. Untuk mengetahui cara-cara menjodohkan burung blackthroat secara cepat, simak lagi tulisan berikut ini:

Tips singkat menjodohkan burung blackthroat

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.