Tips menggacorkan burung cililin untuk masteran

Hingga kini. burung tangkar ongklet (Platylophus galericulatus) atau lebih dikenal dengan nama cililin masih menjadi burung masteran terfavorit di kalangan kicaumania. Suara tembakannya yang full speed dan nyaring dapat membuat burung murai batu dan cucak hijau bisa tampil lebih garang. Berikut ini tips menggacorkan burung cililin untuk masteran.  

menggacorkan burung cililin
Tips menggacorkan burung cililn untuk masteran.

Burung cililin biasanya dipelihara sebagai masteran, karena suaranya yang nyaring, dengan irama yang cepat (full speed). Irama inilah yang kerap dimanfaatkan para kicaumania sebagai suara masteran untuk burung kicauan seperti murai batu, cucak ijo, dan sebagainya..

Perawatan cililin agar rajin bunyi memang gampang-gampang susah, apalagi burung ini dikenal gampang stres. Tidak sedikit kicaumania yang mengeluh cililin piaraannya tidak gacor, sehingga sulit dijadikan sebagai burung master.

Sebenarnya perawatan harian burung cililin tidak jauh berbeda dari ciblek. Keduanya dikenal sebagai burung aktif dan memerlukan asupan pakan berprotein tinggi. Para kicaumania biasanya akan mendongkrak stamina cibleknya dengan menyediakan kroto segar setiap hari. Hal ini juga bisa diterapkan pada cililin agar rajin bunyi alias gacor.

PENGIN TANYA OM KICAU? BISA DM...

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Tambahan kroto segar setiap hari akan mendongkrak stamina burung cililin, sehingga bisa rakin mengeluarkan suara tembakannya. Selain kroto segar, pola perawatan lainnya tetap diperlukan untuk menggacorkan burung cillin.

Tips menggacorkan burung cililin

  • Burung harus rutin diembunkan setiap pagi, karena bermanfaat untuk memulihkan energi dan staminanya. Pengembunan bisa dilakukan selama 15 -30 menit sebelum matahari terbit.
  • Setelah matahari terbit, mandikan burung menggunakan bak mandi yang dimasukkan dalam sangkar. Bisa juga menggunakan karamba mandi. jika burung memang sudah terbiasa.
  • Ketika burung dimandikan, bersihkan sangkar dan perlengkapannya. Sangkar yang selalu terjaga kebersihannya akan membuat burung terpelihara pula kesehatannya.
  • Pada saat bersamaan, Anda bisa mengganti air minumnya dengan air dingin, serta memberikan campuran voer dan kroto ke dalam cepuk pakan. Kroto yang digunakan hendaknya masih segar dan bersih dari serangga serta semut yang sudah mati.
  • Pemberian voer campur kroto setiap pagi ini bisa membuat cililin lebih bergairah dan bersemangat, sehingga membuatnya makin rajin berbunyi.

Perawatan standar lainnya

Selain pemberian campuran voer dan kroto, pola rawatan standar lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah:

  • Penjemuran dilakukan secukupnya, karena burung cililin mudah stres jika terkena panas berlebihan.
  • Sediakan pakan tambahan lainnya seperti jangkrik dan ulat hongkong.
  • Berikan multivitamin seperti BirdVit yang berguna untuk menjaga kondisi serta membantu pemulihan energi dan staminanya.
  • Berikan terapi mandi malam jika dibutuhkan, khususnya jika burung mengalami over birahi.

Jika perawatan seperti di atas dilakukan secara rutin, maka dalam waktu tidak terlalu lama burung cililin akan menjadi rajin bunyi / gacor, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai burung masteran. Semoga bermanfaat
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:


BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.