Kombinasi suara kicauan burung pelatuk untuk masteran

Pelatuk bawang kerap dijuluki burung mistis, karena banyak dicari untuk ritual-ritual tertentu. Meski begitu, satwa ini juga memiliki suara kicauan yang tajam, mirip burung cililin, sehingga sering dijadikan pula sebagai burung masteran. Selain pelatuk bawang, ada beberapa jenis burung pelatuk lain yang memiliki suara kicauan tajam. Berikut kombinasi suara kicauan burung pelatuk untuk masteran. 

suara kicauan burung pelatuk
Kombinasi suara kicauan burung pelatik untuk masteran.

Dari beberapa spesies burung pelatuk yang ada di Indonesia, pelatuk besi (Dinopium javanense) atau sering disebut pelatuk bawang memiliki nasib paling tragis. Burung ini kerap dijadikan pelengkap dalam ritual-ritual tertentu dalam upacara adat di beberapa daerah.

Bagi kicaumania, pelatuk bawang lebih dikenal sebagai burung masteran, karena suaranya yang tajam mirip dengan tembakan cililin. Suara kicauan burung pelatuk bawang bisa digunakan untuk memaster murai batu, kacer, dan cucak ijo.

Selain pelatuk bawang, ada beberapa spesies burung pelatuk / woodpecker yang memiliki suara tajam, misalnya pelatuk tunggir-emas (Chrysocolaptes guttacristatus) dan caladi tikotok (Hemicircus concretus).

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Pelatuk tunggir-emas mempunyai penampilan mirip pelatuk bawang. Yang membedakan adalah garis dan bercak hitam di bagian pipi dan tenggorokannya. Pelatuk tunggir-emas banyak ditemukan di daerah hutan Sumatera, Jawa, dan Kalimantan,.

Adapun burung caladi tikotok mempunyai ciri khas jambulnya yang panjang dan dahi merah. Burung pemalu ini banyak dijumpai di Sumatera dan Kalimantan.

Ketiga jenis burung pelatuk tersebut memiliki lagu-lagu yang sangat berbeda, namun dibawakan dengan irama cepat dan tajam. Kombinasi suara ketiganya akan menghasilkan suara masteran yang unik dan ciamik.

Download suara kicauan burung pelatuk

Berikut ini kombinasi suara kicauan burung pelatuk untuk masteran:

  • Kombinasi pelatuk bawang vs caladi tikotok | DOWNLOAD
  • Kombinasi pelatuk tunggir-emas vs pelatuk bawang | DOWNLOAD
  • Kombinasi pelatuk bawang, caladi tikotok, dan pelatuk tunggir-emas | DOWNLOAD

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.