Perawatan burung selama musim lebaran bagi yang mudik maupun enggak mudik

Para kicaumania senior tentu tidak bakal galau mengenai perawatan burung selama musim lebaran. Lain halnya dengan kicaumania pemula yang belum lama menekuni hobi burung. Sebenarnya sudah ada beberapa panduan yang pernah diberikan omkicau.com mengenai perawatan burung kicauan selama musim lebaran, baik bagi yang mudik maupun enggak mudik.

perawatan burung selama musim lebaran
Perawatan burung selama musim lebaran

Bagi yang mudik!

Bagaimana jika kita harus mudik, namun selama ini tidak memiliki perawat burung? Solusi pertama, burung dititipkan kepada rekan kicaumania atau tetangga yang kebetulan tidak mudik. Dengan cara ini, burung tetap memperoleh kebutuhan utamanya (pakan dan air minum), dan relatif lebih aman.

Kalau tidak ada rekan kicaumania atau tetangga yang mau dititipi burung, mau tidak mau Anda harus menerapkan tips berikut ini.

Tips perawatan burung selama ditinggal mudik lebaran

Poin pentingnya adalah burung mendapat jaminan pakan dan air minum melalui wadah pakan serta wadah minum yang berfungsi otomatis. Selain itu, tempatkan burung dalam ruangan yang aman dari kemungkinan pencurian.

PENGIN TANYA OM KICAU? BISA DM...

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Bagi yang enggak mudik!

Bagi yang tidak mudik, tentu Anda harus tetap meluangkan waktu untuk merawat burung kicauan di tengah-tengah kesibukan bersilaturahmi, baik menerima tamu atau berkunjung ke rumah saudara, kerabat, dan sahabat.

Jika orang yang selama ini dipercaya merawat burung harus mudik, tentu Anda harus bekerja ekstra, agar burung-burung kesayangan di rumah tidak mengalami kelaparan / kehausan yang bisa berujung pada kematian.

Kunci utamanya tetap pada dua hal, yakni menjaga asupan pakan dan faktor keamanan. Jika burung yang ada di rumah hanya beberapa (misalnya 1-3) ekor, tentu perawatan tidak terlalu susah. Namun menjadi sangat merepotkan jika Anda memiliki burung dalam jumlah cukup banyak.

Dalam hal ini, ada tips dan trik tersendiri agar burung-burung tetap memperoleh perawatan standar, namun tidak menyita banyak waktu bagi Anda yang mesti bersilaturahmi. Silakan cek tips berikut ini:

Tips hemat waktu untuk merawat puluhan ekor burung

Selain itu, jangan lupakan kondisi burung kicauan setelah musim mudik lebaran selesai. Apalagi kalau piaraan Anda merupakan burung lomba.

Akibat perawatan kurang maksimal selama mudik lebaran, banyak burung kicauan yang kondisinya ngedrop. Dibutuhkan treatment selama beberapa hari untuk mendongkrak kembali performanya. Bagaimana caranya? Silakan ikuti tips berikut ini:

Penanganan burung drop akibat telantar ditinggal pergi / mudik lebaran

Semoga panduan singkat ini bisa membantu Anda. Selamat mudik bagi yang harus melakukannya. Semoga selamat sampai di kampung halaman masing-masing, serta selamat pula ketika kembali ke kota tempat mencari nafkah selama ini.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:


BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Be the first to comment

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.