Membuat egg food untuk kenari bakalan agar rajin bunyi

Ada beberapa resep pembuatan egg food untuk kenari yang pernah diposting pada website ini. Kali ini omkicau.com akan berbagi resep pembuatan egg food untuk kenari bakalan, agar burung makin rajin bunyi. Silakan disimak!

Membuat pakan racikan untuk kenari bakalan
Membuat egg food untuk kenari bakalan agar rajin bunyi.

Di pasaran, kenari bakalan umumnya ditawarkan dalam kandang ombyokan, sehingga sulit dibedakan antara burung jantan dan betina. Tetapi kenari bakalan yang masih dalam tahap belajar berkicau ini cukup digemari, sebab harganya jauh lebih terjangkau, daripada kenari yang sudah jadi / gacor.

Untuk mendapatkan kenari bakalan yang benar-benar mau bunyi, kita harus mengenali ciri-cirinya, seperti dijelaskan dalam artikel: Memilih kenari di ombyokan: Siapa takut?

Hal pertama yang mesti diperhatikan dalam perawatan kenari bakalan adalah masalah pakan.  Pakan yang tepat dapat membantu pertumbuhkembangan burung hingga dewasa. Pakan dengan gizi serasi dan seimbang juga menjadikan burung terlihat aktif dan rajin berbunyi.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Seperti diketahui, pakan utama kenari adalah biji-bijian. Banyak produk pakan bijian untuk kenari (canary seed) yang dijual di pasaran. Tetapi pakan bijian saja belum cukup, karena kenari juga memerlukan pakan tambahan lainnya agar tercipta gizi yang serasi dan seimbang.

Salah satu pakan tambahan yang bagus untuk pertumbuhkembangan dan kecerdasan burung kenari adalah egg food. Sesuai dengan namanya, pakan olahan / racikan ini berbahan dasar telur rebus, ditambah bahan lain yang kaya gizi.

Egg food juga sangat bagus untuk kenari bakalan. Jika dikonsumsi secara rutin, kenari bakalan makin mudah dilatih dengan beragam suara masteran, serta bisa bertambah rajin bunyi. Berikut ini cara membuat egg food untuk kenari bakalan agar rajin bunyi:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Telur rebus; 2 butir (diambil kuning telurnya saja).
  • Madu (2 sendok teh)
  • Kroto; 1,5 sendok teh  (diambil yang berwarna putih / telurnya saka)
  • biskuit bayi (2 potong)
  • niger seed (4 sendok teh)

Cara membuat:

  • Semua bahan dicampurkan dalam satu wadah.
  • Aduk semua bahan hingga merata, kemudian disajikan dalam cepuk pakannya setiap hari

Cara penyajian:

  • Pakan racikan diberikan dalam cepuk pakan.
  • Sediakan pula satu cepuk kecil berisi pakan campuran bijian (pakan kenari) dalam porsi jauh lebih sedikit / seperlunya saja.
  • Jangan lupapakan pakan tambahan lainnya seperti sayuran dan / atau dedaunan hijau.
  • Anda juga perlu bisa menyediakan tulang sotong di dalam sangkar hariannya.

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.