Manfaat biji oat (haver) untuk burung kenari dan lovebird

Biji oat atau haver seed kini sedang popular di kalangan lovebird mania. Pakan bijian yang berasal dari tanaman oat (Avena sativa) ini bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan lovebird muda. Biji oat juga bisa dimanfaatkan untuk burung kenari. Berikut ini beberapa manfaat biji oat (haver) untuk burung kenari dan lovebird

Manfaat biji oat
Manfaat biji oat / haver untuk burung kenari dan lovebird.

Tanaman oat hanya bisa tumbuh di daerah subtropis dan negara-negara dengan empat musim. Meski bentuk biji oat mirip gandum, dan berasal dari famili yang sama yaitu Serelia, bahan pangan ini lebih sehat daripada gandum.

Di mancanegara, oat lebih popular daripada gandum, karena memiliki nilai gizi (nutrisi) lebih tinggi. Setiap 100 gram oat memiliki serat larut sebanyak 5,1 gram dan protein sebanyak 16 gram. Adapun gandum hanya mempunyai serat larut 2,2 gram dan 3,7 gram protein. Gabah mempunyai serat larut 0,1 gram dan protein 6,6 gram.

Dengan keunggulan nutrisi tersebut, maka oat cukup popular dimanfaatkan sebagai pakan untuk burung piaraan, terutama kenari dan lovebird.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Manfaat biji oat untuk kenari dan lovebird 

Biji oat sering digunakan sebagai campuran pakan untuk kenari dan lovebird. Selain bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas burung induk yang sedang diternak, oat juga mempunyai beberapa manfaat lain jika rutin dikonsumsi, yaitu:

  • Membantu pertumbuhan kenari dan lovebird muda.
  • Ampuh mendongkrak stamina, sehingga burung lebih aktif dan bergairah.
  • Menguatkan pernafasan, sehingga suara kicauan kenari dan lovebird lebih panjang.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi berbagai agen penyakit, seperti virus dan bakteri.
  • Mengatasi gangguan pencernaan..

Cara penyajian biji oat untuk kenari dan lovebird

Ada dua jenis oat yang dijual di pasaran, yaitu biji utuh dan biji yang sudah dikupas kulitnya. Anda bisa menggunakan yang mana saja untuk kenari dan lovebird, karena burung pemakan bijian pasti punya kemampuan untuk mengupas dan memisahkan biji dari kulitnya.

Cara penyajiannya bisa dilakukan dengan mencampur biji oat bersama pakan bijian yang biasa dikonsumsi burung. Adapun komposisi yang umum digunakan adalah sebagai berikut:

  • Untuk kenari: Biji oat sebanyak 2 sendok makan dicampur dengan 3 sendok makan pakan kenari (campuran biji-bijian yang umum).
  • Untuk lovebird: Biji oat sebanyak 1 sendok makan dicampur dengan 2 sendok milet putih.

Selain dicampur dengan pakan bijian, oat juga bisa disajikan dalam cepuk terpisah. Banyak kicaumania yang lebih suka memberikan biji oat kepada burung muda, misalnya anakan kenari dan kenari bakalan, maupun lovebird paud / balibu.

Selain bisa membantu perkembangannya, pemberian biji oat secara rutin juga dapat menjadikan burung lebih aktif dan rajin berbunyi, dengan nafas lebih panjang. Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.