+MENU ARTIKEL PENTET ATAU CENDET

.

BURUNG CENDET : Scientific classification; Kingdom: Animalia; Phylum: Chordata; Class: Aves; Order: Passeriformes; Suborder: Passeri; Family: Laniidae; Genera Lanius; Eurocephalus Corvinella;

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Umum

Burung Cendet / Burung Pentet merupakan salah satu burung predator yang memiliki suara variasi isian yang sangat baik. Banyak Kicaumania yang menganggap perawatan burung jenis ini susah. Padahal merawat burung ini sama mudahnya dengan merawat burung berkicau jenis lain. Burung Cendet adalah burung cerdas dari keluarga Turdidae.

Cendet termasuk burung favorit untuk para penghobi yang senang dengan burung yang bisa menirukan berbagai suara burung lain. Dulu sekitar awal 1990-an, seperti ditulis Anang Dewanto dan Maloedyyn Sitanggang di Merawat & Melatih Burung Kicauan, cendet merupakan burung yang belum banyak diminati. Bahkan harganya tidak lebih dari harga burung kutilang. Namun, dalam perkembangannya, orang mengetahui bahwa selain memiliki bentuk fisik yang indah, ternyata burung ini mempunyai suara yang menarik dan dapat memaster suara burung lainnya. Karena itu, berbondong-bondonglah orang berusaha mendapatkan burung ini dan mencari kualitas yang terbaik.

Tipe suara Cendet yang ngerol, cenderung mendominasi suara ocehan burung lainnya jika kita gantang di dalam rumah bersama-sama. Dibanding burung lain, Cendet yang bisa memiliki lagu variatif (tergantung pola pemasterannya) ini, memiliki warna suara yang merdu. Meski bisa sangat keras, tetapi tidak memekakkan telinga. Beda dengan warna suara burung-burung kicauan lainnya.

.

+Habitat

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Cendet juga memiliki nama lain, seperti bentet, pentet, dan toet (Jawa Barat) dan burung ini merupakan burung petengger dan pemangsa yang agresif dari Famili Laniidae. Famili Laniidae mencakup 74 spesies yang dibagi dalam 4 subfamili. Cendet yang umum termasuk dalam subfamili Laniinae dan Genus Lanius.

Jenis cendet sendiri bermacam-macam yang tersebar di beberapa wilayah di dunia. Salah satunya, adalah cendet abu-abu besar (L excubitor). Spesies ini memiliki ukuran tubuh terbesar dengan panjang sampai 25 cm. Cendet ini berkembang biak di Eropa, Asia, dan Amerika Utara.

Bersama dengan cendet hitam putih (L ludovicianus), burung – burung ini merupakan spesies yang biasa tinggal di dunia baru (Amerika). Jenis lainnya, cendet abu-abu kecil (L.minor) yang memiliki habitat di Eropa Selatan, Asia Tengah, dan Afrika bagian timur. selain itu,

Cendet kepala merah (L senator) yang tinggal di Inggris bagian selatan, Eropa, Asia, dan Afrika. Ada pula jenis burung bentet yang memiliki bentuk serupa yang terdapat di India dan Asia Tenggara, yakni cendet cokelat (/.. christatus) yang banyak dilombakan di Indonesia dan cendet leher hitam (L colarris).

Burung ini memiliki habitat asli di hutan, terutama di pepohonan tinggi. Makanan yang disukainya adalah biji-bijian, serangga, dan buah. Sarang burung ini biasanya terbuat dari ranting, rumput, lumut, bunga-bungaan, wol, dan bulu yang diikat dengan menggunakan sarang laba-laba dan dikaitkan ke pohon atau semak-semak pada ketinggan 4—6 meter dari atas tanah. burung ini mampu menghasilkan telur sebanyak 3—6 butir per periode masa bertelur. Telur-telur ini akan menetas setelah dierami selama dua minggu.

Pada masa pengeraman, sebagian besar waktu induk betina dihabiskan untuk mengerami telurnya. Untuk mendapatkan makanan, induk jantan akan menyuapinya. Pada usia 2—3 minggu setelah menetas, biasanya anakan cendet telah mulai belajar terbang dan meninggalkan sarangnya.

Karakter dasar burung Cendet

  • Ganas apabila lapar. Burung ini akan berlaku agresif apabila lapar.
  • Petarung yang memiliki teritorial. Apabila mendengar suara burung lain atau melihat burung sejenis, maka semangat tempurnya langsung berkobar.
  • Birahi yang cenderung mudah naik. Burung ini sangat mudah naik birahinya, banyak penyebab yang dapat membuat naiknya birahi pada burung jenis ini. Stelan EF (Extra Fooding) yang over, penjemuran yang berlebih atau melihat burung Cendet lain, dapat dengan cepat menaikkan tingkat birahinya.
  • Mudah jinak. Karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi, maka burung ini mudah jinak kepada manusia.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Ciri berdasar daerah asal

Ciri Fisik

Panjang tubuhnya 20—25 cm. Paruhnya membentuk kait di bagian ujung, serupa dengan burung falkon, sejenis burung elang. Cendet juga memiliki tungkai yang kuat dan cakar yang tajam yang dipergunakan untuk mencengkeram mangsanya di udara. Sayap yang pendek dan bulat menyandang 10 batang bulu sayap luar primer dan ekor yang bulat memiliki 12 bulu yang berfungsi sebagai kemudi ketika cendet sedang terbang. Cendet juga mempunyai bulu kaku yang tumbuh di sekitar moncongnya.

Ciri khas burung cendet adalah ekornya yang panjang dan akan meliuk-liuk jika sedang berbunyi. Nyanyian cendet mencakup nada-nada yang harmonis. Berbeda sekali dengan pekikannya yang ribut dan kedengaran kencang melengking. Sifat asli burung cendet adalah galak. Jika mematuk, biasanya sekaligus menggigit dengan paruhnya yang tajam. Jika menggigittangan atau bagian tubuh lainnya, biasanya akan meninggalkan bekas gigitan di bagian tubuh tersebut.

Namun, jika burung cendet ini kita pelihara sejak piyikan, sifat galaknya akan sedikit hilang. Bahkan burung ini akan mendekat jika melihat tangan kita. Cendet akan langsung turun seolah-olah kita akan memberinya makan.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Ciri jantan dan betina

Untuk membedakan jenis kelamin burung cendet dapat dilakukan dengan cara mengamati bagian samping kiri dan kanan burung . Jika di bagian pipinya ada warna hitam yang mencolok sekali, menunjukkan bahwa cendet tersebut berkelamin jantan. Untuk betina, warna hitamnya terlihat semu. Dilihat dari bentuk kepalanya, cendet betina biasanya mempunyai kepala agak menggelembung. Sementara itu, jantannya memiliki bentuk kepala yang agak ceper mendatar.

Menurut Om Yulianto Solobaru, cendet jantan ketika anak/trotol ada warna hitam pada ekornya sedangkan betina tidak jelas saputan warna hitamnya.

Untuk lebih pasti dapat dilihat di bagian supit burung. Burung cendet jantan mempunyai supit kecil panjang ditandai dengan motif bulu berupa garis tidak beraturan di bagian supitnya. Pada betina, bentuk supitnya besar dengan motif bulu garis teratur seperti kembang.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Memilih Cendet

Perawatan sebagus apa pun, tidak akan membawa hasil yang maksimal kalau cendet tersebut memang tidak mempunyai trah atau karakter tempur yang mantap. Kualitas cendet amat ditentukan oleh faktor genetiknya.

Bagi pecinta burung, cendet merupakan burung yang sangat menyenangkan. Variasi suara, volume suara, dan keindahan penampilannya menjadi alasan bagi penikmat kicauan memilih cendet sebagai klangenannya. Namun, jika kualitas suara yang disasar, jenis kelamin sangat menentukan kesenangan dalam memelihara burung ini. Cendet yang berkelamin jantan tentu memiliki warna yang lebih mencolok, variasi suara yang lebih beraneka ragam, dan volume suara yang keras.

Potensi ngoceh tanpa henti juga bisa dilihat dari perawakannya. Bakalan yang baik harus berbadan tegap. Sayapnya terkesan kokoh, rapi, simetris, dan tidak cacat. Pilih burung berkepala besar, membulat, dan bagian atasnya datar. Burung berkepala besar diyakini sebagai burung pintar. Perhatikan juga bentuk dan ukuran paruh.

Utamakan cendet dengan paruh tebal dan panjang, tetapi tampak proporsional dengan ukuran kepala dan tubuh. Paruh tebal dan tampak kokoh menandakan burung bisa membawakan lagu dengan tembakan dan volume keras. Sebaliknya, jika paruh terlihat pipih, cenderung ngerol. Jika ngerol, volume suara akan lebih kecil karena dibutuhkan napas lebih lama.

Sementara itu, jika dilihat dari penampilannya, cendet yang rajin berkicau mempunyai ciri sebagai berikut.

— Bermata jeli serta berbulu rata dan agak mengilap.

— Gerakannya gesit, duburnya bersih dari kotoran, serta organ kanan dan kirinya seimbang

— Volume suara keras.

— Mempunyai bakat alami (mental) yang baik. Tidak takut ketika bertemu dengan burung sejenis, baik ketika latihan maupun kontes.

Selain referensi dari buku Merawat & Melatih Burung Kicauan yang saya kutip di atas, ada pula tips lain pemilihan cendet sebagai berikut:

  • Berkelamin jantan, ciri-ciri burung Cendet jantan dapat dilihat warna bulu yang tegas mengkilap dan kontras. Namun sebaiknya Anda tidak terjebak pada pemilihan jenis kelamin jantan, sebab fakta membuktikan, cendet betina banyak juga yang menjadi jawara.
  • Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah cenderung lurus. Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
  • Kepala besar, mata bulat besar dan melotot. Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur yang baik.
  • Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
  • Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat. Pilihlah Kaki yang besar dan terlihat kering. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
  • Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
  • Leher panjang padat berisi. Menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Cara perawatan

a. Perlengkapan Kandang

1. Sangkar

Sesuai dengan ukuran tubuhnya, kandang cendet biasanya lebih kecil dibandingkan dengan sangkar murai atau sangkar anis merah. Ukuran yang umum digunakan adalah 40 x 45 x 70 cm.

2. Tenggeran

Letakkan dua tenggeran di dalam kandang. Tenggeran terbaik dibuat dari bahan kayu asam yang struktur kayunya agak kasar meskipun sudah dikupas kulitnya. Letakkan 2 buah tenggeran tersebut secara sejajar atas dan bawah. Diameter tenggeran 1,5—2 cm.

3. Kerodong

Dalam perawatan cendet, kerodong berguna untuk membuat cendet istirahat. Penggunaan kerodong juga bermanfaat untuk perkembangan mentalnya. Untuk cendet muda, gunakan kerodong dengan warna lembut atau putih. Secara psikologis, burung muda masih takut menghadapi perubahan lingkungan secara drastis. Kerodong warna putih juga berfungsi untuk mengontrol kebersihan kandang dan burung . Jika dirasakan burung telah bisa beradaptasi, baru boleh mengganti kerodongnya dengan warna yang lebih gelap.

Tetapi saya sarankan, kerodong burung jika memang perlu saja sebab burung yang terlalu banyak kerodong, kurang banyak berlatih bernyanyi. Lain misalnya burung yang akan dipersiapkan untuk lomba, maka kerodong selama 3-4 hari sebelum turun lomba adalah langkah yang baik. Tujuannya, agar burung menyimpan tenaga atau stamina.

b. Pakan

Ada beberapa versi cara pemberian pakan untuk burung cendet. Ada yang menyebutkna, pakan diberikan setelah burung dimandikan. Pada pagi hari, berikan jangkrik 10 ekor dan kroto 1 sendok makan, dan pada sore hari berikan jangkrik 5 ekor dan kroto 1 sendok makan. Khusus untuk setiap hari Jumat dan Sabtu, menu makanannya ditambah lagi. Pada pagi hari, berikan jangkrik 15 ekor dan ulat hongkong 3 ekor. Pada sore hari, diberi jangkrik 7 ekor dan ulat hongkong 3 ekor.

Sementara itu, pada saat burung akan dilombakan (biasanya hari Minggu), jumlah jangkrik dan kroto tetap tetapi ditambah ulat hongkong 5 ekor. Setelah lomba, cendet kembali diberi jangkrik 5 ekor dan ulat hongkong 3 ekor dan kakinya disemprot air.

Burung cendet sebaiknya tidak dilombakan lebih dari dua kali dalam satu bulan. Hal ini bertujuan agar stamina burung cendet tetap stabil. Jika stamina burung kurang baik, akan memengaruhi mental dari burung cendet itu sendiri. Untuk kepentingan lomba dan meningkatkan performa burung kicauan, pemberian makanan tambahan atau extra fooding diperlukan. Extra fooding yang bisa diberikan adalah jangkrik, kroto, dan ulat hongkong.

Ada juga tips lain, sebagai berikut:

  • Voer (sebaiknya pilih yang berkadar protein sedang yaitu: 12%-18%, belum tentu Voer yang berharga mahal akan cocok dengan sistem metabolisme setiap burung Cendet. Voer harus selalu tersedia didalam cepuknya. Selalu ganti dengan Voer yang baru setiap dua hari sekali.
  • EF (Extra Fooding), pakan tambahan yang sangat baik buat burung Cendet yaitu: Jangkrik, Orong-orong, Kroto, Cacing, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Kelabang, Belalang dan lainnya. Pemberian EF harus selalu disesuaikan dengan karakter pada masing-masing burung dan juga harus mengetahui dengan pasti dampak klausal dari pemberiannya EF tersebut.

Harus hati-hati dalam pemberian extra fooding karena dapat menyebabkan cendet menjadi sering bersalto. Hal ini dapat mengurangi kemerduan suaranya. Namun, salto pada burung cendet sebenarnya dapat diatasi dengan cara-cara berikut ini.

  • Pastikan burung kecukupan multivitamin dan mineral yang menjaga stamina dan metabolisme burung selalu dalam kondisi prima.
  • Mandikan burung sebaiknya dua kali setiap hari, pagi dan sore, ketika matahari masih ada.
  • Sementara waktu, burung yang mengalami mabung, hanya diberikan voer.
  • Pahami karakter burung dengan mengubah posisi atau jumlah tenggeran. Misalnya, dua tenggeran yang diletakkan atas bawah diubah posisinya menjadi sejajar atau jumlah tenggeran dikurangi.
  • Cara lainnya, mengubah jenis atau ukuran kandang.

Perawatan umum cendet

Perawatan harian untuk burung Cendet relatif sama dengan burung berkicau jenis lainnya, kunci keberhasilan perawatan harian yaitu rutin dan konsisten.
Berikut ini Pola Perawatan Harian dan Stelan Harian untuk burung Cendet:

  • Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung).
  • Bersihkan kandang harian. Ganti atau tambahkan Voer dan Air Minum.
  • Berikan Jangkrik 4 ekor pada cepuk EF. Jangan pernah memberikan Jangkrik secara langsung pada burung.
  • Penjemuran dapat dilakukan selama 1-2 jam/hari mulai pukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis.
    Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, lalu sangkar dikerodong.
  • Siang hari sampai sore (jam 10.00-15.00) burung dapat di Master dengan suara Master atau burung-burung Master.
  • Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, boleh dimandikan bila perlu.
  • Berikan Jangkrik 2 ekor pada cepuk EF.
  • Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan suara Master selama masa istirahat sampai pagi harinya.

PENTING

  • Kroto segar diberikan 1 sendok makan maksimal 2x seminggu.
  • Pemberian Cacing diberikan 1 ekor 2x seminggu.
  • Berikan Multivitamin yang dicampur pada air minum seminggu sekali saja.

Penanganan apabila cendet over birahi

  • Pangkas porsi Jangkrik menjadi 2 pagi dan 2 sore
  • Berikan Cacing 2 ekor 2x seminggu
  • Berikan Ulat Bambu 2 ekor 3x seminggu
  • Frekuensi mandi dibuat lebih sering, misalnya pagi-siang dan sore
  • Lamanya penjemuran dikurangi menjadi 30 menit/hari saja
  • Mandi malam

Penanganan apabila Cendet kondisinya drop

  • Tingkatkan porsi pemberian Jangkrik menjadi 5 pagi dan 5 sore
  • Tingkatkan porsi pemberian Kroto menjadi setiap hari
  • Berikan Kelabang 2 ekor seminggu sekali
  • Mandi dibuat 2 hari sekali saja
  • Burung segera diisolasi, jangan melihat dan mendengar burung Cendet lain dahulu
  • Lamanya penjemuran ditambah menjadi 2-3 jam/hari

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Perawatan dan setelan Cendet mabung

Masa mabung (moulting) merupakan masa yang sangat menuntut perhatian penghobi burung. Bulu yang hilang dan digantikan selama masa mabung atau meranggas ini menyerap 25% dari total protein yang ada di dalam tubuh burung. Inilah mengapa selama masa mabung perlu ditambahkan juga protein sebesar seperempat total protein dalam tubuh burung.

Bulu-bulu dan selongsong bulu terdiri atas lebih dari 90% protein, khususnya protein yang disebut keratins. Protein bulu berbeda dengan protein pada tubuh dan telur serta memerlukan jumlah proporsional yang berbeda atas asam amino (pembangun sel atau blok protein). Burung harus mengonsumsi makanan dengan kandungan asam amino jenis ini kemudian menyerap dan disimpan sebagai protein (keratin) khusus bagi keperluan pertumbuhan bulu. Proses ini sangat penting bagi burung dan tubuh burung harus bekerja ekstra untuk mendapatkan gizi yang cukup untuk membentuk bulu secara sempurna.

Ketika burung mabung, mereka juga memerlukan energi yang besar untuk memproduksi bulu baru. Keperluan energi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan protein, menyebabkan burung harus mengonsumsi lebih banyak makanan selama meranggas untuk dapat mempertahankan pertumbuhan bulu baru. Untuk diketahui saja, energi yang diperlukan burung selama masa mabung sebesar dua setengah kali lebih banyak ketimbang burung yang sedang memproduksi telur (lihat misalnya penjelasan pada “Moulting in Bird” di situs vetafarm.com yang menjadi referensi utama untuk tulisan mengenai masalah mabung ini).

Faktor-faktor yang berpengaruh pada masa mabung tidak bisa sepenuhnya dipahami, karena sangat kompleks. Umur burung, musim saat mabung, cuaca harian, kadar hormon dan siklus perkembangbiakan, semua menjadi faktor penentu bagi keberhasilan atau kegagalan burung melewati masa mabung.

Hal yang paling utama untuk diingat adalah bahwa pada saat burung mabung, Anda harus memberikan suplai pakan yang cukup sehingga mereka bisa mengembangkan bulu-bulu sesempurna mungkin.

Untuk menyediakan protein yang diperlukan untuk peningkatan produksi bulu, Anda harus meningkatkan asam amino yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin. Protein seperti itu bisa ditemukan di dalam daging hewan. Daging dapat diberikan kepada kebanyakan burung yang sedang mabung dalam jumlah kecil plus pemberian suplemen makanan yang baik. Suplemen multivitamin dan multimineral yang baik seharusnya mengandung berbagai vitamin dan mineral serta asam amino untuk memungkinkan tumbuhnya bulu secara normal.

Meskipun pada umumnya mabung berjalan normal, ada beberapa hal yang sering mengganggu masa mabung burung, khususnya tumbuhnya bulu yang tidak merata atau bahkan ada bulu yang tidak rontok (sekadar nyulam).

Penggangu tersebut antara lain:

* Penyakit – Penyakit yang disebabkan virus circovirus (Beak and Feather Disease) dan virus polyoma adalah penyakit paling umum yang menyebabkan burung kesulitan memproduksi bulu. Psittacosis kronis, gangguan parasit dan infeksi bakteri pada usus dapat pula menyebabkan bulu burung sulit tumbuh.

* Gizi buruk – Sebagaimana digambarkan di atas, persyaratan untuk berlangsungnya produksi bulu secara normal memang sangat banyak, dan karenanya makanan yang kurang gizi bisa menyebabkan tumbuhnya bulu yang tidak berkualitas (mudah patah, mudah kusam, melintir/ keriting dan sebagainya).

* Kimiawi – penggunaan bahan kimiawi sering menyebabkan bulu tumbuh tidak sempurna atau bahkan merusak bulu. Salah satu contohnya adalah zat pembasmi cacing pada merpati yang dikenal sebagai Mebendazole. Bahan kimia ini akan menyebabkan bulu burung melintir jika diberikan semasa burung mabung.

* Stres – Hal ini terjadi terutama untuk burung yang disuapi/loloh dengan tangan manusia. Tangan manusia menyebabkan bulu baru tidak bisa berkembang sempurna dan sebagainya.

Apa yang perlu Anda lakukan agar burung dapat memiliki bulu baru sebaik mungkin?

Pertama-tama menyingkirkan segala cacing, kutu, mikroba pengganggu dan parasit lainnya.

Kedua, pastikan tidak satu pun dari burung Anda menjadi pembawa virus bibit penyakit, misalnya Polyoma.

Ketiga, berikan gizi yang cukup selama burung meranggas/mabung dengan pakan yang bagus. Hanya saja perlu diingat bahwa pakan yang bagus bukan berarti pakan yang banyak, sebab terlalu banyak pakan yang hanya mengandung karbohidrat misalnya, hanya akan membuat burung kekurangan gizi meski secara fisik terlihat gemuk.

Jika Anda telah melakukan semua hal di atas dan masih mengalami masalah dengan kualitas bulu Anda perlu berbicara dengan dokter hewan khusus burung.

Cara Smart menggunakan BirdVit

Dalam kaitan dengan persoalan mabung inilah disarankan kepada penghobi burung untuk memberikan burung asupan tambahan, misalnya BirdMolting atau juga BirdVit untuk burung yang sedang mabung. Cara ini lebih smart” sebab BirdVit adalah multivitamin dan multimineral yang sangat diperlukan burung selama masa mabung.

BirdVit mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang diperlukan burung, seperti:

  • Vitamin utama, yakni A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3.
  • Zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D Pantothenate.
  • Mineral utama seperti potasium chlorida, sodium chlorida, magnesium sulfate, mangan sulfate, iron sulfate, zinc sulfate, copper sulfate dan cobalt sulfate.

Dengan demikian, selama kita menggunakan BirdVit untuk menangani burung mabung, maka kita cukup memberikan porsi pakan seperti sediakala tanpa khawatir burung kekurangan “energi masa mabung”. Sebab, memang benar energi yang diperlukan burung ketika mabung bukanlah energi yang hanya akan mengumpul menjadi lemak tetapi energi untuk pertumbuhan bulu seperti asam amino yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin.

Cendet bermasalah

Untuk burung-burung yang sangat bermasalah misalnya bulu mudah patah atau burung sakit-sakitan seusai masa mabung, biasanya dikarenakan asupan mineralnya yang kurang. Selain digunakan BirdVit, Anda bisa menyertakan pula BirdMineral.

Apa beda BirdMineral dan BirdVit?

Untuk diketahui, ada mineral dan vitamin tertentu yang tidak efektif jika digunakan bersamaan. Akan saling melemahkan. Karena keduanya sama-sama dibutuhkan burung dalam jumlah yang proporsional, maka mineral dan vitamin tertentu hanya bisa dicampur dengan komposisi dan volume tertentu.

Seperti diketahui di dalam BirdVit ada sejumlah mineral yang sangat diperlukan burung. Namun kandungan mineral di dalam BirdVit tidak sebesar di dalam BirdMineral karena selain sebagai penjaga vitalitas burung, BirdMineral juga bersifat mengcover atau mengobati.

.

+Perawatan dan stelan burung cendet untuk lomba

Perawatan lomba sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan harian. Tujuan perawatan pada tahap ini yaitu mempersiapkan burung agar mempunyai tingkat birahi yang diinginkan dan memiliki stamina yang stabil. Kunci keberhasilan perawatan lomba yaitu mengenal baik karakter dasar masing-masing burung.

Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan Lomba untuk burung Cendet:

  • H-3 sebelum lomba, Jangkrik bisa dinaikkan menjadi 5 ekor pagi dan 5 ekor sore.
  • H-2 sebelum lomba, burung sebaiknya dijemur maksimal 30 menit saja.
  • 1 Jam sebelum di gantang lomba, burung di mandikan dan berikan Jangkrik 3-5 ekor dan Ulat Hongkong 6-15 ekor.
  • Apabila burung akan turun lomba kembali, berikan Jangkrik 2 ekor lagi.

Penting

  • Sebaiknya, mulai H-6 burung diisolasi. Jangan sampai melihat dan mendengar suara burung Cendet lain.
  • Lakukan mandi malam (jam 19.00-20.00) pada H-1.

Perawatan dan stelan Cendet pasaca lomba

Perawatan pasca lomba sebenarnya berfungsi memulihkan stamina dan mengembalikan kondisi fisik burung.

Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan pasca Lomba untuk burung Cendet:

  • Porsi EF dikembalikan ke Stelan Harian.
  • Berikan Multivitamin pada air minum pada H+1 setelah Lomba.
  • Sampai H+3 setelah Lomba, penjemuran maksimal 30 menit saja.

SUARA MASTER YANG BAIK UNTUK BURUNG CENDET / PENTET

Irama lagu yang dimiliki burung memegang peranan yang sangat penting di dalam penilaian lomba burung berkicau. Karena kembali kepada filosofi burung berkicau, daya tarik utama dari burung berkicau adalah kemampuan berkicaunya (irama lagu).

Memilih suara-suara master untuk burung andalan kita janganlah terfokus hanya memilih suara-suara master yang kedengarannya unik dan bagus.

Sangat banyak metode dan cara-cara yang dapat dilakukan di dalam proses pemasteran burung berkicau. Dan juga banyak sekali berkembang mitos-mitos yang keliru dalam prakteknya dilapangan. Salah satu mitos aneh yang berkembang, yaitu burung yang akan di master harus melihat burung masternya, agar burung yang di master dapat menirukan gaya bunyi dan cara membuka mulut burung master tersebut. Mitos lainnya yaitu proses pemasteran burung berkicau harus menunggu burung dalam keadaan ganti bulu atau mabung.

Sebenarnya; Pemasteran dapat kita lakukan tidak harus menunggu burung berkicau dalam keadaan mabung atau berganti bulu. Burung berkicau dalam keadaan normal, bahkan dalam keadaan top form pun juga dapat dilakukan pemasteran. Ada Mitos yang mengatakan pemasteran burung harus menunggu masa burung mabung.

Alasannya karena; Pada saat mabung, burung berkicau cenderung untuk banyak diam dan sangat jarang sekali berkicau. Burung yang banyak diam pada masa mabung tersebut, cenderung untuk lebih banyak menggunakan waktunya untuk menyimak dan mengolah suara-suara yang ada disekelilingnya. Apabila suara yang didengarnya sesuai dengan tipikal karakter suaranya, maka akan direkam dan ditirukan.

Kunci keberhasilan dalam memaster burung (pemasteran burung berkicau) adalah memaster burung dengan suara-suara master (burung master) yang cocok dan sesuai dengan karakter dasar lagu burung yang akan di master (burung maskot).

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+PROBLEM UTAMA CENDEY
1.Gampang rontok bulu
2. Loncat-loncat saat ditrek
3. Tidak juga segera bunyi
4. Nyekukruk tidak semangat
5. Suka salto
.

1. Gampang rontok bulu
Penyebabnya antara lain (1) Makanan mengandung lemak dan/atau kalori tinggi sehingga membuka pori-pori kulit; (2) Bulu belum kuat sudah banyak diadu/ditrek; (3) Selama masa mabung tidak mendapat asupan nutrisi yang baik, terutama mineral. Untuk masalah asupan mineral, bisa gunakan Bird Mineral selama masa mabung atau pasca mabung (ketika mulai terlihat tanda rontok padahal baru saja tuntas mabung).

2. Loncat-loncat. Penyebabnya adalah kurang birahi atau bisa juga terlalu galak, serta adanya gangguan parasit, terutama air sac mite, yakni tungau kantung udara yang tidak kasat mata.

Untuk mempercepat birahi burung, bisa dilakukan terapi BirdShout. Jika burung terlalu galak, disemprot sprayer sedikit sebelum tanding; atau bisa juga diberi cacing.

Sementara untuk burung kutuan atau kena tungau, burung memang sepertinya tidak kutuan, tetapi sesungguhnya membawa tungau di kantung udaranya. Bisa diatasi dengan penyemnprotan Fresh Aves dibarengi pengolesan BirdFresh.

3. Tidak juga segera bunyi biasanya disebabkan burung masih terlalu muda atau burung tidak fit.

Pastikan burung fit dengan menggunakan produk rawatan harian BirdVit.

4. Nyekukruk tidak semangat, biasanya dikarenakan cacingan. Atasi dengan AscariStop.

5. Jika cendet suka salto bisa artikelnya di sini.

Daftar artikel khusus burung cendet klik di sini.

716 Comments

  1. Om cendet saya kok sulit jinaknya.
    Tiap kali kurungannya mau saya pindah slalu gelaberan kesana kemari.tp wktu d mandiin diam.dan tiap kali buka pintu mau ganti minum atau makan psti gelaberan kayak burung ketakutan.
    Tolong di bantu solusinya om..

    • Ada dua cara pertama jika masa mabung masih lama, ekor bisa dicabut tapi terlebih dulu semprot burung sampai basah kuyub lalu cabut ekornya selanjutnya selama proses dorong ekor berikan asupan EF yang segar dan jangan terlalu sering dijemur, kedua menunggu masa mabung burung untuk menghindari burung menjadi stress dan macet bunyi.

  2. om cendet saya itu setiap saya ganti wadah pakan / minum selalu memantuk,,padahal waktu itu porsi makannya sudah saya agak kurangi,,memandikannya malah sering,,gimana agar gk ganas / galak lagi om?? tolong ya om

    • Ada trik biar tdk suka matuk, sbelum tgn anda masuk ke sangkar berikan jangkrik, cendet biasanya tdak langsung menelan jangkrik tsb, ada ksempatan skitar 11sd 20 detik utk ambil wadah pakan dan minum. Saat paruh cendet menggigit mangsa punya sy tdk agresif, sy manfaatkan moment ituitu utk ganti pakan dan minum

  3. Om mo tanya…. saya punya cendet dulunya buat gantangan berani ngangkat, saya krodong terus sekarang kok malah cuman diem… Harianya jg diem… Tolong minta solusi ne om….

  4. Permisi Para Master Numpang Nanya Saya Punya Cendet Lokal/Borneo Bakalan Dari Anakan 1-2 Minggu Dan Penyakitnya seperti Biasa MANJAnya Ga Hilang” Sampe Sekarang Umur 7 bulan Belum Bunyi Om Solusinya Gimna ya?
    Terima Kasih Sebelumnya, Salam Cendet Mania

  5. om saya baru beli cendet anakan yang baru brumur sekitar 1-2 minggu perawatan pakan yang paling baik untuk cendet tersebut gimana om ,,, tolong di bantu ya om

  6. Memiliki cendet bakalan diusahakan jangan langsung dimandikan terlebih dahulu, tunggu 2 minggu ato 1 bulan karena bisa menyebabkan kematian pada si cendet. Sedangkan cendet mencabuti ekornya sendiri dikarenakan over birahi.

  7. KK kalo masih muda apa harus di master trus dan pentet saya tu ngomel mulu masa saya lewat aja sayap nya di kibar2 in dan gk mau diem tu gimana ya solusinya …? saya tunggu

  8. om kenapa ko burung cendet jarang diperlombakan..rerata kebanyakan skrg murai lovebird kenari kacer..untuk cendet padahal mnrt saya juga bagus..di daerah saya walaupun dikampung cendet belum pernah ikut ambil gantangan..saya di lampung om..gmn om menurut om.

  9. om burung pentet saya bulunya ngembang mulu walau pun lagi sendiri atau setiap dideketin orang..
    solusinya gimna om biar ngga ngembang lagi bulunya..
    trimaksih

  10. salam kicau mania.gimana cara ngatasin cendet saya.apabila saya mendekatinya malah tidak bunyi.kalau saya tidak kelihatan(didalam rumah)malah bunyi terus.thk

  11. om mau nanya nih.saya beli cendet gacor isian banyak.tp setelah 3 hari br nyadar klo paruh atas sama bawah nutupnya ga sejajar.apa bisa diobatin ya om? penyebabnya apa yah? kasian liatnya.mana burungnya rajin berkicau, tp cacat paruhnya

  12. om,
    sya beli cendet,mash anak,
    150rbu,
    kemahalan gak om?
    tapi sudah aga mandiri,
    yang ingin saya tanyakan,
    bgaimana perawatan hariannya,
    dan suara masteran apa yang cocok untuknya,
    dan pada umur brapa suara masteran diPerdengarkan,
    dan umur brapa dy akan berkicau,
    trimaksih.

  13. Selamat pagi Senior … klo mengatasi cendet yg sering ngamuk sama ekornya gmn om … saya sampe stress udh 3x nyiapin lomba tp gagal terus dg masalah yg sama.. saya kira masalahnya bkn dari kutu ato sebagainya, karena rusaknya ekor lngsng hilang separuh dr bawah … Trim’s Senior … maklum baru pemula …

  14. halo, saya baru belajar pelihara burung pentet, pengetahuan tentang burung ini NOL BESAR om.
    burungnya anakan, tapi sudah mulai bisa terbang, ekornya masih pendek, dan makannya msh setengah disuapi, uletnya didekatin ke dia, baru mau dimakan..
    yg mau saya tanyakan:
    1. proses pemasteran itu mulai dr umur brapa ya ? kalau dr anakan sudah dilatih apa bisa ya? dan kalau masternya suara 2 burung, ciblek dan kenari bagaimana ya ? apa bagusnya satu saja ?
    2. kalau burung pentet kan predator, diartikel saya baca makanan alaminya juga biji2an, itu biji apa om? beli di toko ada tidak ? bagusnya berapa banyak ngasihnya?
    3. kalau proses pemasteran itu yg pelihara sebaiknya ada didekatnya tidak ? atau bagusnya ndak ada orang atau binatang lain ?
    4. kalau habis saya kasih ulat pisang, dia suka loncat2, kayak gelisah, itu pengaruh apa ya ? apa dia makan kebanyakan atau gimana? atau uletnya msh gerak2 diperut dia, soalnya dia telan utuh, padahal uletnya sebesar jari.,, oiya bener ndak namanya.. uler yg buat sarang bunder di daun pisang, itu lho, kalau diistilah perburungan namanya apa ya ?

  15. Om plentet aqq salto2 terus lo di dekati and sering gedek2 and jatuh lo sedang gedek2 gimana yaa ngatasine lo di pegang suarane serak dia sakid apaa and gimana ngatasinya

      • .oke om
        , masalahnya cendet saya tiap hari saya kasih walang kayu 1 ekor, tapi sekarang susah carinya, kroto juga susah dapetnya.lalu apa yang cocok sebagai makanan pendamping jangkrik untuk hariannya

  16. artikel yang menarik, panjang dan terperinci, namun agaknya admin kurang teliti. di atas ditulis pemberian EF pada pagi hari sampai 10 ekor. tapi pada bab perawatan umum hanya dikasih empat saja… tentunya ini tidak tepat.. ada indikasi bahwa tulisan diatas ada unsur coppasus (copi paste suka-suka)

    • Soal 10 ekor dalam pembahasan paling atas itu jelas kita sebutkan “ada yang memberi” dsb, artinya tidak ada aturan baku. Kalau dalam perawatan harian, ya kita sarankan 3 atau 4 atau maksimal 5.
      Soal indikasi coppasus, ya suka-suka Om saja yang mau ngasih komentar hehehe….

  17. Mas boy burung cendet saya gacor kalau g ada burung sejenis, tapi kenapa kalau ada burung sejenis dia g mau gacor kayak saat g ada burung yang sejenis ? Mohon kasih solusinya ya !

  18. Assallamuallaikum om, maaf saya mau nanya nih pentet saya kasih pakan 20 jangkrik pagi hari tanpa voer dan untuk sore baru saya berikan voer sudah beberapa hari ini dan memang yahud hasilnya, apakah ada efek sampingnya bagi si pentet selain makin cepat gacor, karna saat dia melihat burung lain ato sejenis berubah jadi ganas ?

    Mohon pencerahannya om, terima kasih

    • Tentu akan lebih ganas karena asupan EF terlalu tinggi dan burung menjadi panas, sebaiknya tetap berikan voer dan EF cukup 3/2 atau sesuaikan karakternya.

  19. om.bagaimana cara mengatasi miyik pada cendet?perilaku miyik dan mengembangkan bulunya berarti kurang ef nya,atau bgmn?cendet saya saya kasih jangkrik p/s 5/5 tp berperilaku miyik pdhl sblmnya cendet saya lumayan bagus.

  20. Om, mohon pencerahan, cendet saya kalo liat semprotan mandi langsung bunyi TET..TET..TET sambil ekornya goyang-goyang, apakah cendet saya takut liat semprotan atau senang mau dimandiin ya.matur nuwun

  21. om maaf mau tanya ‘pentet sy materi bagus volume tembus tp wkt di trek pas latber kok sering salto loncat sana sini apa penyebabnya bagaimana cr mengatasinya’ trims

  22. pak bos mw tnya
    cendet saya msih muda warna hitam pd kplany blom full.
    dlou agresif trus sy ltih biar gg terllu agrsif n tu berhsil.tpi kmren sangkarny jtuh n skrng jd agresif gy.emmb bkin galau hti sy pak.berikn tips cr cepat untuk mnjdi gg over gy pak.biar gg bkn galau pak.hehe
    andika dyan

  23. om, pentetku rajin bunyi tapi setelah diberi ef yang banyak, setelah itu balik lagi ke suara teett teet teet (istilahnya meyek), nah bagaimana ngatasi suara semacam ini, kadang bikin kesel dan bising, tq om

  24. numpang tanya om duto
    om cendet saya sudah agak jinak krna mau mkan ef dr tngan. tp kenapa cendet saya kalo didekati bulunya mekar? diam terus. kesehariannya juga banyak mekar bulunya. smpai2 saya juga ikut stres mkirnya hehe

  25. permisi ane mau nanya gan ,,ane punya cendet yang gacor abizz tp stelah ngurakk kenapa skrg jd jrang bunyi ya gan dan lagu2 yang dulu sering dibawain sekarang ada yg tidakcpernah lagi dibawain ,,gmn solusinya ya gan ???

  26. Om mau tnya nih , kan aq pnya cendet yang hasil pulutan , gek udh mau gnti bulu ,, udh tak rwat 1blanan,, gek g jinak2 , yang mau saya tnyain gmn cranya biar cndet saya g takut lgi ,, please tipsnya om duto

  27. mlm Om mau nmpang tnya nih,,untuk pemasteran cendet yg msih trotol hsil tngkpan hutan,sebaiknya nggu cendet jinak trlbh dhulu atau bisa lngsung di master,soalnya cendetnya giras bnget,dan untuk hsilnya kira” sma nggak atau lbih cpat yg plihara dari piyik,
    mhon infonya om
    trmaksih,

  28. Om, bisa tahu cara penanganan cendet yg galak. Saya dapat cendet dari teman, burungnya galak sekali, nggak mau digoda soalnya suka nabrak kurungan kalau liat orang lewat. Juga kalau dikasih EF jangkrik malah tangan saya yang jadi korban. Sekarang hariannya saya full kerodong. Bisa ngasih solusinya om, apa cendet ini dulu sering telat pemberian EF ?

  29. om saya baru beli cendet,disana cendetnya gacor banget,setelah saya beli kok gak mau bunyi,bunyinya cuma tet tet tet gitu aja om.gimana om cara mengembalikan prforma yang dulu

  30. om saya mau tanya .
    Saya baru 3 hari lalu beli burung pentet dari temen saya , pada saat ditempat temen saya , burung ini rajin bunyi .
    Tapi setelah dibawa ketempat saya burung ini jadi gak bunyi .
    Jadi gimana cara perawatanny ya om supaya burungnya mau bunyi lagi ??
    Dan makanan apa yang harus saya kasih agar cepat bunyi dan gimana pola makannya ??

  31. Terima kasih info-infonya!!!menjadi tambah senang memelihara dan merawat burung kicauan…!!matur suwun…!!!bravo om kicau…​‎​​​◦”̮♡hϱ♡hϱ♡hϱ♡”̮ .. !!

  32. malam om, mohon pencerahannya. permasalahannya kenapa ya udah 3 hari ini cendet saya kakinya sering di angkat sebelah dan malas berkicau, padahal sebelumnya rajin berkicau.
    sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih

  33. Om mw nanya,pentet saya cuma bersuara krekkrekkrek klw siang,tp klw malam saya angkat tangan kadang berkicau hanya sebentar,lantas selalu gembung,pdhl pentetnya jinak krna dr anakan.gmna ya spya dy bs berkicau saat di pajang d dpn rumah,soalnya klw lg sndiri pentetnya lumayan berkicau variasi suara om

  34. Om… Maaf mau nanya ?
    Cendet saya kok saya masteri ngGak bisa2 menirukan sama sekali yAa padahal sudah berhari2 ?
    Umur cendet saya masih muda skitar 5 bulanan

    • Tergantung jenis Cendetnya / treh nya !!! klu hasil penangkaran/budidaya , itu murah Boss !!! tp klu hasil tangkapan/ngambil dari sarang ya relatif !!!

  35. ___https://m.facebook.com/photo.php?fbid=701797729836866&id=100000199350984&set=p.701797729836866

    Om maaf, saya penasaran dg burung saya yg satu ini, mau tanya ini jenis burung apa? Jenis cendet bukan? Udah hampir 2 bulan beli dan penjual bilang ini cendet kembang, tp kok saya belum yakin kalau ini cendet. Kalau memang cendet ini jantan atau betina? Dan bisa kicau apa ndak, hatur nuwun..

  36. ngurus Cendetnya sdh gede ya ,,,? Bearti Cendet Om blm jinak !!!! klu dr anak , psti kgk bakalan nabrak !!! Jinakan dl om , atau dipersempit sangkarnya !!!

  37. om saya pemula pemain pentet/cendet
    saya habis beli dari orang burung cendet,di tempat nya orang tersebut bunyi,sampai di rumah nggak bunyi,tapi kalau tangan kita ketek;i bunyi om
    yang saya mau tanya kan bagaimana cara menghilangkan kebiasaan ketek”an nya OM
    tolong bantu saya Om terima kasih

    • Jarak sekitar 2-3 meter saja cukup terdengar jelas tapi tidak terlalu keras dan burung full krodong supaya terkonsentrasi merekam suara masternya.

  38. bos kalo mau belanja bakalan cendet yang baik tanpa masalah dimana ya?? harga pasaran yg benar berapa? soalnya trauma nih banyakan mafia perburungan palsu katanya bagus tp hasil nihil…. posisi di Jakarta. tks

    • kalau ingin mendapatkan burung bagus, langsung pantau di latber tidak perlu harus juara 1 tapi amati yang kinerjanya stabil, dan sebaiknya ajak teman yang paham tentang cendet prospek.

  39. cendet saya masih tahap berubah bulu dari trotol ke dewasa perwatanya baiknya gimana ya om?
    terus si cendet juga pernah lumpuh pagi hari, awalnya nyekukruk aja, trus gabisa nagkring, setelah tak jemur sembuh lagi, itu kenapa ya om?
    mohon pencerahanya, maksih om

  40. om aku punya cendet masih ngelolo, ekornya msih pendek, nah ini cendetku aku kasih jangkrik itu ngasih langsung dari tangan, nah sekarang kayaknya manja banget minta makan terus kalo ada orang lewat siapapun itu, dan minta makannya itu terus”an (nda terikat jam gitu). gitu itu gak apa” om?
    yah pikirku sih masih kecil jadi yah aku turutin aja biar sehat n sekarang jadi gemuk gak kayak pas aku baru beli
    mohon pendapatnya om 🙂

  41. Om, kalau cendet bakalan dewasa hutan itu bisa bunyi / dicetak jadi burung jawara / rajin berkicau gak Om? soalnya aku baru dapet cendet bakalan dewasa hutan Om. Dan kira2 lama gak Om agar bisa segera bunyi / berkicau. Mohon jawabanya Om. burung kondisi sehat dan makan rakus. masih proses biyar ngevoer.

    • burung cendet bakalan dewasa hutan perlu proses penjinakan lebih lama dari yang masih anakan. karena tingkat stress burung dewasa lebih tinggi karena sudah cukup lama di habitat asalnya secara tiba2 dirawat dalam sangkar.

  42. Assalammualaikum om, sy punya pentet bulunya nyekukruk dan tiap pagi kalo sy mau bersihkan kandangnya slalu ada aja bulu halus yang rontok, itu kenapa ya om? Dan gmn cara merawatnya agar sehat dan mau bunyi mohon pencerahannya om trima kasih sebelumnya om… Wassalammualaikum,…

  43. om mau tanya lg dong
    Cendet saya ko msh tkt sama saya ga jinak” pdhl udah d tmptin d tmpt yg ramai krn rmh saya pinggir jalan.
    Dah gitu burung’a seperti yg bersin” mulu jd macet bunyi..
    Obt’a apa ya om..

    Terimakasih sebelum’a

    • pemasteran dilakukan secara rutin dan terus menerus hingga beberapa bulan bahkan tahunan untuk menyempurnakan isiannya, jadi tidak bisa instan cuma 1-2 hari saja om.

  44. om mau tanya
    Burung saya sayap’a turun sebelah kaya yg keseleo gitu.
    Awal’a ga knp” normal.
    Penanganan’a kaya gimana ya om biar sayap’a normal lg.

    Terimakasih sebelum’a..

  45. om bisa ngasih cara buat mantapkan mental cendet nggak ? punya saya udah baru jadi tp waktu di tempat latihan mentalnya masih belum mantep, diem dan bingung kalau liat cendet lain ??

      • Bos, ane mau tanya. ane punya cendet umur sekitar 1Th, cendetnya uda rajin Bunyi. kalau d ikutkan lombah gk papa ta Bos??? apa nntik gk pengaruh ama mentalnya, krena masih muda??!!! heheheeee

        • Tidak ada burung juara yang instan semua melalui berbagai tahap latihan dan ketelitian dalam pola perawatan. Kalau om merasa yakin boleh dilatih cendetnya.

          • bos, kmarin lusa hri minggu cendet ane, ane bwa ke latber. hasil’x lumayn sih mau jalan, brani tarung ama cendet lain’x, mski umur’x msih mudah & blum pengalamn latbr bru 1X kmarin, yg jd prtanya’an ane: waktu latber setiap juri datng meliht cendet ane, cendet ane lngsung diem gk bunyi, tpi klau juri’x prgi bru bunyi lgi, msih ad rasa tkut’x, tu gmna cara menangani’x bos??? makasih sbelum’x Bos!!! slam kicau mania.

            • cendetnya masih getab atau belum terbiasa dengan suasana keramai atau wajah orang yang dinilai asing, biasakan saja gantang ditempat lalu lalang orang.

  46. Gan saya mau tanya,gimana cranya agar burung cedet saya mau bunyi klo saya deketi,masalahnya cedet saya kalo saya deketi langsung mbagong kalo enggak dia jadi liar.mohon bantuannya

    • sekedar berbagi pengalaman gan…
      pentet ane dulu suaranya serak dan volume pelan, trus rutin ane jemur 1-2 jam di pagi hari. saat dijemur, cepuk pakan dan cepuk minum dikeluarkan supaya pentet gak makan & minum selama dijemur. trus setelah dijemur masukkan cepuk pakan supaya pentetnya makan voer/jangkrik dulu, tunggu 15-20 menit baru dimasukkan cepuk air minumnya. fungsinya seperti gurah gan, supaya lendir di tengorokannya bersih.
      hasilnya pentet ane suaranya dah kenceng dan bening gan

    • biasanya master yg baik yg punya suara nyaring,seperti burung (gereja, jalak suren, kenari F1, beranjangan, ciblek, dan masih banyak lagi yg penting suaranya nyaring dan kuat.jangan memaster pake haur atau yg mempunyai suara kicauwan yg sejenisnya.

  47. mau nanya ya om….
    saya punya cendet, tp warnanya blom dominan, warna hitamnya baru d sbelah mata saja
    nah, itu pola prawatan ksehariannya gmana ya om ????
    lg bingung nih om tkut mati soalnya cendet yg prtama sudah gak ada….

  48. toetku umur 4minggu mendadak dadanya kempes,5jam kemudian mati,pakan purdilembutkan golcoin+jangkrik 6ekor/hari.jemur pagi max:20menit.
    nape ya gan
    TQ

  49. om, mau tanya nih….
    saya punya cendet di rumah tp msh ngloloh, ekornya msh pendek
    msalahnya klo d dkati orang msih ketakutan
    gimana cara ngtasinnya ya om….????

  50. bos sy punya cendet hasil tangkapan didepan rumah, tp cendetny ga ad ekorny itu knp ya bosss??
    satu lg cendetny jg sering muntah, muntahannya bulet warna ijo, kyk kotoran gt, ap penyebabnya ya? n solusinya gmn?????

  51. Om mau tanya ni .
    Saya beli burung pentet muda .
    Tapi kok pentet nya tidak mau bunyi .
    Bunyi nya cuman toet toet doang om.
    Tolong beri solusi om, agar pentet muda saya mau berkicau dan gacor om

  52. om kalau cendet waktu lomba tidak mau bunyi tapi hanya salto dan lihat kanan-kiri saja itu masalahnya apa om ? harian cendet ini EF jangkrik pagi 4 + sore 4 , mandi 2 hari sekali. Cuman waktu h-1 sbleum lomba malam hari saya tambah 5 ekor jngkrik tanpa mandi, pagi sebelum lomba saya beri 4 jangkrik lalu sebelum digantangkan saya semprot lalu saya beri 3 ekor jangkrik dan ulat hongkong. Gimana solusinya om, padahal waktu latihan burung ini terus bunyi ? atau malah cuman demam panggung

  53. Terimakasih sebelumnya Om , Saya punya cendet , Cendet saya dulu suka Bunyi .. Skrang Bunyinya Agak Jarang .. hari senin lalu sayamau memendikan Burung Cendet saya , saya mengambil cepuk voernya .. lalu tangan saya di patuk , lalu tangan saya saya tarik keluar terus cendetnya ikut keluar mau terbang cendetnya saya tangkap lalu saya masukin kembali ke Sangkarnya .. Dulu sebelum perististiwa ini cendetnya bunyi terus .. sekarang bunyinya agak macet gitu .. bunyinya ngga sering seperti dulu, bagaimana solusinya makasih om ..

  54. om saya punya cendet lumayan oke. isianny terlalu banyak. jadi kalau bunyi seperti kebingungan,seperti saat bunyi kenari haya ngerol sekali sudah ganti lovebird,belum habis nyrocok sudah ganti siulan kacer.sampe bbrapa lagu gk karuan. gimana caranya cendet saya bunyiny teratur om. soalnya di lomba cendet saya seperti kebingungan.

  55. Assalammualaikum om, mau tanya nih om, sy baru beli cendet bahan kt penjualnya sih jatim msh muda tapi warna hitamnya dikepala cuma 1/2 bnr ga om kalo itu cendet jatim trus sayapnya turun sebelah bisa normal lagi ga om nantinya sayapnya

  56. mas duto cara agar cendet gak terlalu manja bagaimana soal nya kemarin saya beli cendet yang sudah dewasa tp kok seperti burung anakan mintanya di suap trus .. trims

    • jangan dimanjakan, digoda, atau disuapin, berikan jangkrik langsung ke cepuknya. Serta gantang ditempat yang sepi supaya cendet kembali agak liar.

  57. malam Om, yang pertama saya ucapkan terimakasih karena BST pesanan saya sudah Sy terima 3 hari yt lalu. yang kedua kenapa ya pentet saya setelah Sy kasih BST sesuai aturan yang Di anjurkan, yg tadinya Maurice bunyi sekarang kok malah Ga mau bunyi ya? pemberian EF masih seperti biasa (7/7). mohon pencerahannya.
    tks.
    yanto cikarang

  58. maf om mw tny,pentet saya kalau lg bunyi trus di sautin ama kenari malah diem pentetnya,stlh kenari diem br pentetnya bunyi lg,gmn cara mengatasi biar ketika pentet bunyi trus di sautin kenari tp pentetnya tetep bunyi tanpa berhenti dulu.mohon pencerahanya.suwun

  59. om saya punya cendet suara tebal volume keras, tapi suka patuk bulu ekor sampai patang tinggal separuh saja panjangnya, kadang-kadang cabut bulu ekornya juga? mohon pencerahanya terima kasih

  60. salam kenal dari saya ABAS…

    om, saya baru beli burung cendet, dilihat dari postur tubuhnya seh OK, bulu halus dan tajam, bahkan burung terlihat jinak. karen tidak takut dengan manusia atau dengan burung lain. saya coba pegang burungnya pun ndak mau matuk. tapi terlihat sehat dan fit. karena kadang juga loncat2 dan tidak njekukruk (bahkan tegap badannya). yang jadi permasalannya kok belom bunyi2 juga alias ngoceh (cuma bisa toet2 doank). padahal sebelum saya beli itu burung sudah ngoceh tapi pelan banget istilah jawane mriwiki. tak beri kroto juga ndak begitu doyan, tpai kalau ulat hongkong yang kecil2 itu baru rakus. voer juga makan lahap. setiap saya krodong buat di masteri itu burung selalu loncat2 alias seperti tidak tenang.

    kira2 gimana ya om, baiknya dalam perawatannya…. maklum saya baru kali ini melihara burung cendet/pentet. ow ya paruh nya tidak pas pada ujungnya. antara paruh atas dan bawah bagian ujung2 nya tidak pas tertutup alias melset seperti nyilang gitu om,,,, gimana itu om?

    mohon pencerahannya,,, terimaksih… salam kicau

    • belum birahi, coba jangkrik 5/5 dan berikan uler kandang dicepuk kecil secukupnya. jemurnya bisa 3 jam tergantung cuaca dan kondisi cendetnya om.

  61. kenapa cendet saya hayan bunyi toet toet saja om? padahl di pasar burng gacor , udah dirumah 2hari cuma gitu gitu aja bunyi nya sambil salto salto mhn solusinya

  62. salam hormat om,.. mau tanya neh kalo boleh
    1.apakah cendet harus terus dikerodong?
    2.apa beda cendet madura dan cendet lokal om?
    3.cendet kenapa suka salto yah om?
    terima kasih

    • 1. Tidak harus, dikerodong saat malam hari dan jika disiapkan buat lomba/latber.
      2. Tidak ada bedanya.
      3. Sudah nalurinya cendet, karena dihabitat aslinya cendet salto untuk menerkam burung-burung kecil.

  63. om, mau tanya ni, knapa kok cendet saya susah niru masternya, pdahal sering2 saya masterinya, tpi pakek handpone,,gimana om ni ngatasinya…???

  64. Misi om..numpang nyangkruk.. Gmana membedakan jenis kelamin cendet om..? Apa jantan betina sma2 bunyi, dlam artian bìsa mengeluarkan isian dari burung2 masteran…?

  65. misi om, mau nanya. saya di kasih burung cendet oleh saudara saya, saat ini kondisi mabung yang ke 2x. apakah usia cendet saya sudah tua apa blm ya? umur cendet itu normalnya bisa sampai berapa taun ya? mohon pencerahannya.
    terimakasih om

    • rawat burung gak usah pusing mikir panjang umurnya lha om, rawat saja dengan baik dan jaga kondisi kesehatannya insyaallah cendet bisa berumur panjang.

  66. siang oma. mohon pencerahan,
    1 hari yg lalu saya baru dapat cendet jnis baru dngan ciri bdan berwarna coklat bulu dada bawah bercorak trotol alus, ukuran lebih kecil dibanding cendet biasa nya, paruh hitam tp tidak pekat, sdangkan topeng mata nya hitam sdikit alis putih meikuti topeng hitam nya. bunyi nya nembak cret cret cret apakah itu cendet hutan/cendet coklat , apakah pariatip suara nya sama sperti cendet umum nya madur/kpala abu abu.
    terus untuk pakan nya belum ngepur, pakan nya lebih suka UH dibanding croto dan jangkrik apa tidak da epek nya? bgai mana agar mau mkan croto dan jangkrik. agar cepat bisa ngepur.

  67. permisi,
    masa mabung kalau pengin cepat yaapa caranya, masalhnya cendetku juga masih bunyi walau mabung…… gak masalah kan………
    thanks jawabanya om

  68. tanya Om, q beli pentet sdh -+ 3 bln lalu. wktu di pemilik lama burungnya bacor banget, setelah sampai rmh dan sampe skr kok jadi pendiam ya. setelan dan mandi udh sama dengan waktu di pemilik lama om.. minta pencerahan agar pentet bisa bernyanyi lagi Om

    • cucak jenggot, lovebird ngeroll, cililin, gereja tarung. Sebenarnya tidak ada pakem dalam materi masteran om, tergantung selera masing-masing saja.

    • dilihat tingkat birahinya saja om, jika terlalu birahi boleh lakukan mandi malam hingga birahinya stabil (tidak ada pakem berapakali harus dilakukan mandi malam).

    • biasanya burung juara anti stress om hehehe, kalo stress ya sendirikan dulu rawat saja seperti biasa dan jangan pertemukan burung lain. jangan lupa perdengarkan suara gemericik air yang bisa om donlod di omkicau.com.

    • sulit om, darimanapun asal cendet sebenarnya tidak masalah yang penting pola rawatannya tepat dan konsisten, hasilnya burung bisa memiliki performance optimal.

  69. om mo nanya cendetku klo d krodong nabrak” sangkar n t’ dketin jga nabrak” dlo prnah ane pegang soal.x ..
    cra biar gk nabrak” gmna om !!
    Thx info.x …

    • cendet merupakan salah satu burung penghafal yang memiliki memori kuat, pakai kerodong tipis saja dan gantang ditempat terang hingga cendet tenang, serta rajin dimandikan.

  70. permisi Om..mau tanya knp setiap pelihara cendet bulu diatas paruhnya mesti rontok..yg trakhir ini ane beli mulai anakan..awalnya udh gacor skrg bisu (kdg2 aj bunyinya) n bulu diatas hidungnya rontok spt digaruk sendiri smp lecet..ulat kandang saya stop..EF cm ane kasih jangkrik 3 pagi & 3 sore..kroto kdg2 aj kl lg ada duit..haha..mandi tiap hari pagi & sore..mohon berbagi ilmunya om..trims b4

    • kemungkinan akibat perubahan setelan harian yang drastis, sehingga pentet menjadi malas. coba kembalikan ke pola rawatan saat masih rajin bunyi, untuk mandi cukup 1x saja om.

    • biasanya cendet seperti ini sudah terlalu manja karena sering digoda ataupun kasih jangkrik langsung dari tangan, stop kebiasaan itu dan berikan jangkrik langsung ke cepuknya dengan porsi lebih banyak dari biasanya.

  71. Om saya mau tanya nihh …
    cendet saya kok sekarang jadi suka salto, diem, kalo liyat semprotan ato ada tangan masuk jadi kawus ..knpa yah?
    Padahal sebelum n sesudah mabung galak om ..
    Anehnya kalo abis di gantangin galaknya keluar ..

  72. SALAM KICAUMANIA…

    saya mau tanya om,
    6 minggu yg lalu saya beli burung cendet tangkapan hutan, sampai sekarang kok belum mau bunyi, si burung kalau di dekati sudah biasa tp kalau di pegang kurunganya si burung masih kelabakan, dan saat di kasih jangkrik si burung sudah mau nyamperin ke tangan. itu gmn om??

    terimakasih perhatianya om….

  73. om numpang tanya 🙂
    saya punya pentet yang suka cabutin bulu ekornya sampai rontok..
    terus cara mengatasinya gimana om ??
    mohon pencerahannya

  74. pentet saya mulai rontok bulu.EF saya stop,Katanya biar burung tdk terlalu manja,habis mabung baru di suplai EF extra..biar burung bisa gacor lagi..terus perawatan terbaik semasa rontok bulu gimana?
    mohon di bantu ya…trima kasih..

  75. Om cendetku bgus ikut lomba dpt nmr trus cuman salto2 aku militerkan malah macet bunyi ud 2 bln ini skrg bru ngeplong lgi tpi suarane serak bagi tipsnya dong biar kembali ke top form makasih sebelumnya

  76. om akk hbis beli cendet bakalan n buntut.x blom numbuh n skrang blom bunyi ap krna gk da buntut.x …
    n ap hruz nggu bntut.x tmbuh bru bsa bunyi ..
    plizz pencerahan.x ?

  77. gan gimana caranya biar cendet jinak soalnya pas mau diberi makan & ganti minum tangan saya selalu dipatuk keras, saya baru pelihara 2 minggu kebetulan sedang mabung.

    • tunggu mabungnya saja dulu baru dilatih penjinakkan. biar tangan tidak dipatuk berikan jangkrik 1 pake tangan, sisanya taruh cepuk efnya saja.

      • trims infonya, saya kepingin nunjukin ke orang kalo cendet saya itu udah bunyi,saat cendet itu diam maka gak bisa nunjukin ke orang tersebut, tolong beritahu cara mengoda cendet pake tangan om. TRIMS

  78. Sore om duto, mo nanya, cendetku lagi mabung, bulu ekornya n sayapnya ambrol, kemarin saya lihat spintas burungnya lagi matuk2 bulu ekornya yang lepas, sy kawatirnya bulu yang lepas karena sengaja dipatuk sendiri, gmn cara mengatasinya om????

    • ada 2 kemungkinan, 1 bulu ekor memang sudah rontok mabung kemudian cendet mematuk bulu ekornya untuk memenuhi kandungan zat dibulu yang lama, 2 cendet salah rawatan saat mabung, sehingga jadi cabut bulu ekor (pastikan saja dulu)

  79. om dutro yang gantengnya keterlaluan.
    saya dapat cendet yang masih trotol ( banyak bintik coklat di dadanya ), dan belum ganas, supaya bisa jinak ( ga matukan ) itu harus gimana?
    dan, apa perlakuan yang tepat karna burungnya mabung sekarang.
    terimakasih.

  80. selamat pagi om duta om aku mau tanya q pemula dalam pelihara burung cendet..
    aku punya cendet plhara mulai kecil om, karang da bunyi tapi ngisinya kok sulit ya om?
    am burung waktu di gandeng burung g mau ngeluarin suara isian hanya suara khas cndet aj. gmn cr mngatasinya?
    am burung lo di dekati suka salto om tapi burungnge jinak?

    • kalo burung masih muda memang belum stabil sebaiknya dirawat dulu yang baik, tempel masteran yang mudah ditiru saja seperti walang, jangkrik, cucak jenggot. cendet salto memang sudah karakter dasarnya.

      • terimakasih om duta

        kan sekarang burung aku taruh pada sangkar ukuran 50×50 gan ap itu terlalu besar menurut anda?
        am burung cendet kalau malam apa perlu di krodong om?

  81. om mo tanya waktu saya semprot pentet biasanya kadang pentet suka diem di bawah sangkar sambil kayak sembunyi gituh itu normal ato enggak yah…terima kasih om

        • kroto cukup pagi atau sore saja, tapi kalo memang stelan dari pemilik asalnya seperti itu om bisa setting ulang mumpung lagi mabung. hasilnya bisa dilihat usai mabung. cendet biasanya akan ngotot setelah ketemu lawannya.

  82. Maaf Gan mau tanya lagi nih, diartikel diatas pada judul pakan ada ditulis :” Pada pagi hari, berikan jangkrik 10 ekor dan kroto 1 sendok makan, dan pada sore hari berikan jangkrik 5 ekor dan kroto 1 sendok makan.”

    sedang di bawahnya pada judul perawatan : “Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung).
    Bersihkan kandang harian. Ganti atau tambahkan Voer dan Air Minum.
    Berikan Jangkrik 4 ekor pada cepuk EF. Jangan pernah memberikan Jangkrik secara langsung pada burung. dan sorenya :Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, boleh dimandikan bila perlu. Berikan Jangkrik 2 ekor pada cepuk EF.

    Nah untuk burung saya yang belum mau makan voer harusnya berapa banyak jangkrik yang perlu di berikan..?
    atas pencerahannya saya ucapkan banyak2 Terimakasih

  83. Numpang Tanya Om…..bagaimana cara merawat cendet agar siap lomba sedangkan rumah menghadap ke barat yg kurang sinar matahari pagi. terima kasih…..

  84. Om, seminggu yang lalu, ane beli cendet dari pasar harganya limapuluh rebu, katanya baru dapat ngejaring dari sawah, katanya jen kelnya jantan., udah gede dan buntutnya panjang, tapi sayangnya nggak mau bunyi, kalau di samperin malah loncat-loncat mau kabur, makannya ane sediain voer merek malau di cepuknya trus ane kasih jangkrik 5 ekor pagi dan sore, kroto satu sendok teh pagi ajam mandi di semprot sampai kuyup 2x sehari, kandang anya ane taruh di kandang ram kawat, ukuran 80 x 80 x 90 cm, kalau pagi ke sorot matahari sampai jam 10 an, sudah itu teduh, gimana yah agar cendet ane mau bunyi…
    terimakasih Om……

    • pakai sangkar kotak size 40×40 saja, dan kalo bahan harus disehatkan dulu jangan tunggu bunyinya. nanti setelah adaptasi cendet akan bunyi lagi.

  85. Om,,pentet saya kepalanya thelo(gerak-garak ga karuan) burunge ikut jatuh2..
    pengobatannya gmn om???pemulihanya bagaimana??
    tolong pencerahannya om…Makasih

  86. om kicau say amau numpang tanya
    om , saya punya pentet yg suka gigit duruji sangkarnya .. terus caranya biar pentet saya tidak menggigit deruji sangkarnya bagaimana om ??
    Mohon penjelasannya om .
    terima kasih

  87. om saya di kasih pentet ma tmn……dulu pas di kmpg aktif kicau….nyampe jkt ,,,,bisu…..malah balik jd bayi bunyinya klo di kasih makan kayak burug bayi

    • biasnya akibat kebiasaan memberikan ef jangkrik dari tangan, hentikan kebiasan tersebut dan terapkan full kerodong usai dijemur serta jangan sering dikudang-kudang lagi.

  88. Met Malam Menjelang Pagi-Om,Saya Mengucapkan Trimakasih Atas Bantuan Saranya Ke Saya.Memang Benar Kata Om,Yg Terpenting Saya Memang Hrs Menyukai Dg Brg Pentet Yg Sy pelihara Saat Ini,Mslh Ktp Jg Sy Kurang Tau Om,Hehehe,Tp Memang Saya Setuju Dg Pendapat Om,Asal Brg Gacor Kita Sukai Gk Masalah Ktp,Hrs Dari Mana,Trimakasih Ya Om Atas Info Balasanya Kesaya,

  89. Met Malam Om,Saya Mau Tanya Om,Bgmna Cara Membedakan-Ciri Khas Pentet Madura Dg Pentet Jatim,Apakah Banyak Kesamaannya,Juga Soalnya Aku Punya Pentet Warna Dadanya Putih,Kepala Sudah Full Hitam,Ekor Agk Memanjang,Putihnya Sampai Pangkal Ekor,Apakah Katurangan Pentet Saya Pentet Jatim/Madura-Tlg Bantu Penjelasanya Ya Om.Trimakasih.

    • om beli pentet ada KTP nya gak? hehehe, yang penting om suka dan burung gacor tidak perlu pusing pikirin KTPnya. Tidak semua pentet Madura full blangkon dan berdada dominan putih.

  90. Bunyi “meong”(suara kucing) pada burung cendet itu normal apa mengganggu? Burung cendet mengeluarkan ferses melalui mulut itu disebabkan apa dan bgmaina cara penanganannya? Trims

    • cendet memang rata-rata cepat merekam suara-suara ‘setan’ salah satunya suara kucing, bukan feses yang keluar dari mulut tapi itu muntahannya cendet, normal saja cendet muntahkan pakannya ketika makanan tidak bisa dicerna oleh metabolisme cendet.

  91. pak de Nyuwun tangglet:
    cendet kulo wulune nyulam niku angsal di padusi nopo ora?
    sakniki poleh seneng Salto, Yok nopo niku pak de
    Matur suwun. . . .

  92. om numpang tanya ya ..

    saya punya pentet madura yg habis mabung ,,
    tapi ekornya gak mau rontok , akhirnya saya cabut saja ekornya ..
    ekor pentet akan tumbuh sekitar berapa bulan om ?????

    mohon penjelasannya

    • kurangi porsi ef yang lekas bikin gemuk seperti kroto dan uh, voor diatur sehari habis sehingga saat malam cendet tidak makan, perbanyak mandi supaya burung lebih banyak gerak, dan boleh juga masukkan ke sangkar yang besar.

    • cukupi asupan nutrisinya, bisa tambahkan kroto 3x/minggu dan mandi pagi ketika cuaca mendukung, tapi selama proses dorong ekor sebaiknya hindari penjemuran langsung.

  93. om numpang tanya 🙂

    Caranya menghilangkan suara piyikan gimana om ??

    katanya temen saya kalau kasih jangkrik gak boleh pake tangan , harus langsung taruh di tempat cepuknya . kalau saya kasih jangkrik langsung ke tempat cepuknya gak bisa om , karena pentet saya selalu ngejar tangan saya .

    mohon penjelasannya om . 🙂

  94. Tp kl dimandikan 2x seminggu,apakah nantinya mlh semakin giras?bgmn treatment yg tepat tuk pentet saya ni agar tdk liar,tdk takut benda asing n ngebetmen?perasaan ud mulai stres ngurusin pentet saya ni.

  95. Awalnya ekor pentet saya panjang,tp krn giras lg akhirnya skrg bondol.wl giras,tp skrg kl saya ksh jangkrik dgn lidi,pentet saya suka menggetarkan sayap n bunyi pelan sebentar sprt mengomel.kira” pentet saya knp ya?apa dgn sering memindah gantangan,melihat pentet lain n ditempel burung lain yg gacor dpt membuat giras lg terutama jk liat orang? apa dgn mandi mlm,dpt membuat pentet saya tdk giras lg.maaf kl bnyk tanya.

  96. Saya tlh merawat pentet bakalan slm 4bln lbh.dr awalnya giras,sdkt jinak,hgg bunyi tlh saya rskan.tp kn burung pentet saya kmbl giras aplg jk melihat topi,wl setiap hr digantang pendek dan mau makan jangkrik dr tangan.tuk diketahui mandi pagi sore,setelan jangkrik 7/5,uh 2 pagi sore n kroto.tuk itu mhn bantuannya agar burung pentet saya kembl jinak apalagi mau bersuara lg.

    • bisa jadi pentet memang takut sama benda yang dianggap asing seperti topi, sebaiknya dilatih bertahap saja dengan mengenalkan secara perlahan. suatu ketika pentet juga akan ‘bisa’ menerima benda asing tersebut, kuncinya SABAR.

  97. Mau tanya donk klo cendet volumenya kecil bagaimana Cara agar bisa nambah dikit lagi volumenya . Soalnya dlo keras volumenya tapi sejak dirawat seseorang volume suaranya jadi kecil dan tidak bertenaga. Tolong Di Kasi saran .ke email aja gan .agusthaxton85@gmail .com

  98. saya mau tanya nih, cara mengatasi burung pentet yang manja bagaimana ya. Padahal burung itu waktu saya terima gacor dan tidak manja. Tolong di bantu ya om

  99. Om mau numpang tanya ..
    Apakah benar memberi ulat hongkong pada burung tidak boleh banyak ?
    dan apabila terlalu banyak kata teman saya Mata burung itu bisa Buta ?

    mohon Bimbingannya om ..

  100. salam kicau mania
    sya mau tnya nih om tntang beda pentet galak sama pentet birahi…????
    sya jg pny pntet di rumah om, baru slesai ngurak yg prtama kurg lbih 1bln yg lalu, ngoceh kalo ga ada orang, tapi kalo da org lwat didketny lgsung berhenti, biar gacor trus gmana ya om
    kalo liat sya dia lgsung trun tangkringan om, kadang malah salto”
    nb: mandi semau burungny, ga prnah tak mndiin
    jemur pagi smpe siang, jangkrik pg 1 siang 1 sore 1
    pa hrus ada yg di rubah om
    trims

  101. om saya mau tanya, kenapa cendet saja jarang bunyi, padahal isian dari cendet tersebut sudah banyak sekali, namun jika bunyi hanya saat ada orang asing (bukan pemilik) mendekati cendet tersebut n kalau pemiliknya sendiri malah diam, selain itu cendet juga manja(miyek). solusi yang tepat dari semua masalah itu bagaimana om,,?

  102. om om.
    Saya mau nawarin cendet madura saya ni..
    Baru slse mabung yg k 2x..
    Sya pasang harga 850+kurung.
    Untuk kriteria burung,,lbih baik lgsg k TKP ja/ktmuan.
    Lokasi saya d karawang.
    Trimakasih

  103. Om mau numpang tanya ..
    om cendet saya kenapa liat orang langsung bunyi “ngiek ngiek ngiek”
    apakah itu bisa dihilangkan om ?
    mohon kasih tau cara nya om ..

    • coba sediakan air dalam sprayer, lalu simpan air tersebut dilemari pendingin. Setiap cendet ngiek…ngiek.. langsung om semprot, hingga cendet kembali siaga. lakukan tips ini secara konsisten, dan jangan manjakan cendetnya.

        • lakukan setiap burung bertingkah kurang baik / salto, voor sesuaikan pencernaannya dengan melihat fesesnya normal atau tidak, jika feses normal berarti voor sudah tepat.

    • digantang disekitar lokasi latber, jadi tidak perlu ikut latbernya. setelah dirasa burung sudah tidak takut keramaian, bisa dicoba untuk dilatberkan.

    • beberapa pemain memang ada yang menggunakan tips itu om, yang menjadi kendala selain beban mental merasa berdosa juga beresiko akan membuat cendet ketagihan serta terlalu galak om. cara terbaik memang cukup dilatih dari pinggiran dulu om.

  104. om,,sya mau nnya nih soal cendet birahi..
    Sya kan punya cendet,,skrg lagi birahi,,klo da tangan mendekat itu burung pengen nya gigit mulu..
    Ada yg bilang kalo burung cendet lagi birahi ktanya hrus d kasih burung kecil,,trus ada yg bilang juga jgn,,soal nya kalo udh biasa d kasih nanti klo pas d aduin/ikut kontes si burung gk bkalan bunyi,,malah yg ada dia bkalan nabrak sangkar pngen kluar,,krna dia melihat brung sjenis..apa itu bner om..
    Tolong penjelasan nya..
    Trima kasih..
    Salam KM

  105. om aku baru beli cendet… dateng itu bunyi terus setelah itu lansung aku adu tpi enggak aku gandeng itu aja saat diadu bunyi terus…. kok bsknya jadi gk mau bunyi ya om??? sama klo di deketin jadi tkut pdahal burugnya jinak trus jadi sering salto om kenapa dengan pentetku om??????mohon cepat di balas om………… soalnya ini mendesak………..
    trims….

  106. bang admin sya mau tanya!
    ini foto cendet sya silahkan dibuka link ini > m.facebook.com/photo.php?fbid=478860472143887&id=100000598156260&set=a.102306056465999.5603.100000598156260 <
    sya mau tanya
    1 ini jantan ato betina?
    2 msih muda ato udah tua?
    Thx.

  107. Trima ksh sarannya om, skrg cendet sy sdh gacor lagi… tp skrg drmh ad tmbhan burung beo dan nuri,sya tkut malah ngerusak cendet sy. Mohon petunjuk om, tips untuk melihara cendet/brung kicau lain yg dipelihara ngumpul sm beo/nuri. Klo mmg hrus Dipisah kira2 dikasi jarak brp meter ya om? o ya om, klo melihara cendet kira2 yg gak boleh dekat2 sm brung apa aja om? sy tunggu bimbingannya ya om!

    • burung yang baru belajar gacor sebaiknya dibuat nyaman dulu dan jangan didekatkan dengan burung-burung yang sudah gacor, kecuali jika cendet bermental bagus dan stabil its no problem.

  108. permisi Om, numpang tanya cendet saya kok gak mau jangkrik ya om, apa gpp om ?
    tp untuk makanan yang lain seperti ulat kandang sama kroto dia mau ,untuk voer ini lagi pembelajaran , kemudian yang saya mau tanyakan lagi apa tidak apa-apa om kalau cendet saya hanya makan uler kandang. mohon bimbingannya , makasih 🙂

  109. om…. sy beli burung cendet punya temen,waktu drmh temen cendet bunyi tp pas nyampek rmh sy cendet gak mau bunyi.mohon petunjuk om,spy cendet sy mau bunyi lg…. maklum sy msh pemula om…

  110. Om,saya mau tanya burung cendet saya itu kan suaranya keras sekali dan sering meniru suara burung gereja,tapi ekornya itu sering putus,bagaimana cara agar ekor pentet saya itu cepat tumbuh dan panjang.

    • putusnya karena apa om? suka salto atau patok ekor?. memang ada karakter cendet yang suka patok ekor dan ini agak susah mengatasinya kecuali setting ulang ketika masuk mabung.

  111. om numpang nanya,cendetku kondisi baru ngurak. tapi kok bulu ekor ama sayapnya belum mbrol sedikitpun. padahal bulu2 kecilnya sudah tumbuh semua. apa itu yg dinamakan mabung tidak tuntas? trus gmn solusinya biar bisa mabung tuntas? mksh

  112. om…mau tanya saya punya cendet baru beli..lah itu kalau d dekati giras/pergi loncat”…masih mudah…dan gk bersuara sama sekali om….knapa y? dan bagaimana mengatasinya

    • bukan stress mungkin ngedrop om, kaget melihat lawannya lebih mapan dan gacor, plus keriuhan suasana latber. sendirikan dan buat tenang dulu sambil atur efnya kembali. kalo sudah mau bunyi pertanda cendet mulai pulih.

  113. numpang tanya om,bisakah volume suara cendet di setting agar menjadi lebih keras atau volume memang hanya seperti itu(tdk bs d rubah),cendet sy gacor cor dan mentalnya baik cman suaranya kurang keras, mohon pencerahanya

  114. salam kicau mania..salam kenal om..saya mau tanya..cendet saya umur 3 bln,rajin bunyi,tp klo dekat melihat dia bunyi,lgsg diam..tlg pencerahannya om…

  115. bentetku maseh nglabrak” jika sangkarnya q naik/turunkan dan juga waktu q ganti pakan,.tp sudah mau matok jangkrik yg q sorongkan make tangan,hobinya juga salto.apa ini sudah trmasuk jinak @om ?

  116. salam kicau mania
    om saya mau tanya cendet saya kalau lihat orang galak padahal menu makanannya dah terjamin terus solusi apa yang harus aku lakuin

  117. salam kenal kicau mania
    om saya mau tanya
    cendet saya kalau lihat orang gesit/galak padahal menu makanannya dah terjamin terus solusi apa supaya gak galak?trims

  118. salam kicau mania
    om saya mau tanya masalah cendet
    cendet saya terlalu galak padahal menu makanannya terjamin
    terus solusi apa supaya cendet saya gak galak apa bila lihat orang

  119. maaf bang menambah,,untuk kasusnya burung seperti gambar cendet di blog abang yang di dalam sangkar,,burungnya merunduk bulunya berdiri.makasih sebelumnya.

  120. bang saya mau tanya nih problem untuk burung cendet,,saya dirumah punya burung cendet,,menurut saya burungnya fit,,gacor,,nafsu makan bagus,,tapi kenapa kalau didekati burung saya mungkruk (paruh ditempelin ke bawah dan bulunya berdiri mirip landak)
    mohon bang untuk pencerahannya?!burung seperti itu kenapa?dan supaya normal saya harus bagaimana??trims

  121. salam kicau’ om, sy mau tanya nich bagai mana sich merawat anakan cendet biar cepat bunyi dan tidak manja’ minta tolong di berikan ilmunya y om’ dan terima kasih banya semoga klub burung tambah jaya aja : )

  122. Cendetku girasnya gak ketulungan, , padahal udah makan voer. . Jika di dalem rumah juga anteng aja walopun lalu lalang keluarga,tp gak mau bunyi(bunyinya jika di rasanya sepi).
    jika ku taroh di luar rumah,dia salto terus.

  123. om , cendet saya paling ngk suka dikerodong , apalagi kan klu malem kan wajib dikerodong , tpi wktu saya kerodong di stres , dan merasa ketakutan , gmna agar cendet saya bisa dikerodong dan ngk merasa ketakutan , please om ,jawab , thanks ya om kicau

  124. salam kicau mania dan salam kenal semua.

    mau bertanya : saya punya cendet, biasanya ketika saya dan keluarga baru datang dari bekerja biasanya cendet kami bunyi, tapi dari hari kamis kemaren suara cendet saya tidak keluar lagi walaupun tampak terlihat cendet berusaha mengeluarkan suaranya. apa yang harus saya lakukan agar kondisi ini tidak mempengaruhi cendet dan jika bisa suara cendet bisa dikeluarkan lagi. mohon bantuannya. terima kasih.

  125. kenapa cendetku cuman mau bunyi jika di kerodong ya @om ?
    Kondisinya masih agak giras .
    Kata pemiliknya yg dulu,cendetku masih menunggu mabung sekali lagi untuk bisa di lombakan.

  126. assalam…..

    om tolong minta suara kicau mania jawara burung pentet untuk pemasternya om ???
    om kalo burung sedang ngeriwk biar cepat ngeplong gmn om !!!!!
    om kl pemaster burung itu di kerodong ea om, kira” brp jam om pemasterannya …………….

    ” salam kcau mania “

  127. Beberapa hari yg lalu cendetku udah mulai mau berkicao waktu q lambaikan tangan, kenapa sekarang malah jadi malu” sa’at q lambaikan tangan ya om ?

  128. om’ mau tanya nich cara menangani anakan cendet yamg manja gimana y’ awalnya anakan tuch udah mulai bunyi’ tapi setelah 2 hari malah jadi manja’ bunyinya ciet2… bikin geregetan.padahal klau bunyi lumanya enak’ tolong ya om, bagi ilmu nya. terima kasih 😛

  129. salam kicau-omm…cendet saya kondisi dorong ekor…tapi burung kayaknya dah siap bgt(buka krodong lngsng bunyi) klo diturunin kira2 bisa ga yahh….?

  130. om saya punya cendet kenapa kog gk berbunyi2 padahal mandi rutin pagi n sore makananya juga rutin pagi 5 ekor n sore 5 ekor , kenapa ea om n solusinya gimana ?

  131. Om…tolong bantu saya sudah 5 x beli cendet muda tangkapan dipasar burung,tapi selalu mati. Gimana cara mengatasinya om… apakah cendet tersebut ngga boleh disemprot? Karena saya sering semprot dan soal pakannya berapa ekor jangkrik yang diberikan???

  132. mau tanya om..
    kmrn pentet saya kasih makan burung gereja 3 ekor berturut2
    beberapa hari kemudian burungnya menjadi liar dan suaranya kasar, trs bunyi isiannya menjadi hilang,
    hanya terdengar bunyi cret2 saja, bunyi isiannya g mau keluar,
    bagaimana solusinya agar burung kembali jinak mau d pethet’i n bunyi isiannya mau keluar lagi
    mohon pencerahannya
    thank’s

  133. bos gimana mengobati burung kacer yg kakinya gemetar serta kepalanya.(teluen) penyakit semacam daya tubuh berkurang,mohon infonya,,makasih sebelumnya

  134. om saya mw tanya,saya hbs beli burung cendet semi jadi,trs saya bawah krumah i2 msh ngocehi pas saya ganti kurungan og bunyi nya smakin lama smakin hilang,trs mnum saya coba kasih vitamin,malah jd males bunyi i2 knp?mohon d jelas kn

  135. Om saya baru beli pentet 5 hari yang lalu.waktu beli sampai setelah 2 hari burungku jd gelabakan ( ga jinak lg ) kenapa ya om? untuk makannya saya beri jangkrik pagi 4,sore 4.burung juga jarang bunyi.dijawab y om

  136. om maap ni mw tanya lgi,
    1.gmn cra’a biar pentet cepet gacor?
    2.gmn cra’a biar pentet ga giras, trus penurut?
    soal’a saya punya giras bgt.itu aja trimakasih.

  137. om saya mau nya nih…
    saya baru beli burung cendet tpi burungnya ga bunyi sama sekali ya?????
    padalan burungnya jinak banget waktu tangan dimasukin dalam kandang burungnya cuma diam az ga gelabakan..
    saya sampai bingung gimana caranya agar burung cendet saya bisa bunyi..
    ekornya udah warna hitam apa burung ini udah tua…
    tolong ya om pencerahannya…
    makasih

  138. salam kicau mania..
    om mau tanyak.. cendet saya baru mabung dan sekarang bulunya udah komplit dan dulunya cendet ini gacor dan tenang bunyinya…. akan tetapi sekarang ini gak mau bunyi cuman toet toet toet gitu, suka salto dan kalok kandang di pindah dia giras padahal sebelun mabung gak seperti itu nenurut omkicai gimana ya om… terimakasih saranya om….

  139. om misi baru gabung nih,saya pemula om pingin piara burung nah kebetulan saya punya centet,yang ingin saya tanyakan om…sebaiknya kalau malem hari perlu di krodong ga?burung saya udah ga takut sama manusia om.mohon penjelasannya.

  140. mohon pencerahan…..saya punya pentet klau kualitas hampir semua sudah bagus belum tua/nglengkap…tapi masih kesit/giras/liar klo ketemu orang…,bagaimana mengatasinya apa harus sering di ajak latian lomba?? matur nuwun….

  141. Numpang komen y om..he..gini om 2bln lalu. Aq bli cendet madura dri tmn dlm keadaan mabung total sedari tmn uda mabung lama om yg jdi mslh sampai skrang g blm pulih mbungnya om..dibagian kpl bulu abis terkadang nabrak ruji jidatnya dibenturin bertubi2 om ampai botak he..gimana cara atasi hal smcam itu om mskh sblmnya om

  142. Om gmana caranya burung cendet supaya? :
    1.Supaya bulu ekor gk mudah patah dan d gigit”
    2.Supaya gk galak kaya klaparan atw ktakutan
    3.Supaya gk bunyi kreak kya lapar atw ktakutan
    4.Supaya gk salto
    5.Supaya liat orang gk turun bangkringan
    6.Supaya gacor atw bunyi dngn suara isian,
    tlong om d tungu jawabanya!!!Maksh

  143. om saya punya cendet beli kira kira sudah 2 minggu awalya pas ditempat beli tuh gacornya minta ampun.nah dampai dirumah cuma 2hari aja bunyinya tu aja cuma pagi.tapi sekarang sama dekali gak bunyi padahal saya juga sudah baca baca tips tips disini.kalo pagi efnya jangkrik 10 sore 5.tiap malam dan jam 12 siang-jam 3 juga udah dikerodong.yang daya tanyakan bagaimana cara agar bunyi gacor lagi?adakah tips lagi ? *maklum om baru pemula dan saya masih sekolah jadi ngrawatnya agak g sesuai.bales ya om .makasih

  144. OM,,,AQ PUNYA CENDET NAH MLAMNYA GK PAPA,,TRUS PAGINYA AQ LIAT KOK KAKINYA KEATAS SATU KYAK PINCANG N DAH 5 HARI LOM SEMBUH,,,,,,,GMN OM CRA PENYEMBUHANNYA,,,,TRIMZ

  145. Om, minta solusi donk. Gw punya anakan pentet madura dari saat beli mpe skrang burung ini slalu menggigit ekornya . . . beberapa waktu lalu ekornya gw cabut smua dg harapan akan tumbuh bagus dan tdk digigit2 lagi. Tapi setelah tumbuh tetap aja ekornya digigit2 dan ditarik2 . . . gimana cara mengatasi hal tersebut. Thx atas solusinya . .

  146. um saya baru beli burung cendet,setiap kali dikasih makan dengan cra tgan saya dimasukan ke tempat makan brng cendet saya selalu galak matuk tangan terus,gmna caranya agar brng cndet saya tdk terlalu galak??mksh

  147. assalamu’alaikum… saya punya cendet tp jarang” bunyi tp klo dah di trek langsung jalan, EF jangkrik pagi 4 ekor, siang 3 ekor sore 4 ekor. apa ada yng kurang dlm perawatan? gimana caranya agar rajin bunyi . Trims

  148. Om DSC yth,
    sy punya cendet sudah dipelihara 2th nan tapi kok cuma nyulam aja ya gak bisa rontok, 6 bl terakhir masih bisa prestasi meski hanya di latberan, saat ini masih tetap gacor owor owor meskipun bulunya sudah keliatan kering tapi masih rapi om, volume sdh agak turun, kapan ya cendet sy bs mabung total om? stelan 5 jangkrik pagi sore, kroto 2 kali seminggu dicampur birdvit.
    normalkah cendet yg tdk mabung selama kurun waktu 1.5th ? makasih om atas pencerahannya

  149. Om mau tanya nhe..
    Aku punya cendet..
    Tapi kenapa cendet saya kalo ditrek ngeliat orang kenapha kug nbarak jeruji ato kayak mau nyerang orang yg lewat ??
    MasalahNa kenapha dan bisa gag itu dihilangin om ??

    Tolong beri jawaban om coalNa pusing mikir nhe cendet.. -,-“

  150. ini lagi, om. cendet saya mau bunyi kalo ngliat orang aja. kalo g da orang, meski cendet yang lain bunyi, dianya tetep diem. ada solusi g, om? makasih banyak.

  151. Om mau tanya lagi..
    Maaf ngerepotin ya ?! ^,^v

    om cendet saya mesti mabung kug kalo pagi bunyi terus yah ??
    Truz kenapa kug suara masteran belum masuk” om padahal typ hari page sore malem slalu saya masterin ??

    Tolong kasih jawaban yah om ??

    • Ya nggak apa2 Om, ada juga kok burung yang mabung tetapi masih bunyi. Soal masteran nggak / belum masuk ya itu masalah waktu dan juga kecerdasan burung. Waktu sebulan dua bulan adalah waktu yang masih relatif pendek untuk pemasteran yang berhasil.

  152. Om, saya punya cendet ga’ pernah di kerodong, n g pernah di mandiin. karena pada saat itu saya belum terlalu tertarik sama cendet. tapi meski begitu, gacornya minta ampun. setelah itu saya mulai tertarik dengan cendet dan coba-coba masuk komunitas cendet di tempat saya. karena kebiasaan cendet temen2 saya di kerodong dan dimandiin tiap pagi, saya juga coba. sudah hampir seblan sampe sekarang, cendet saya g gacor-gacor, om? apa saya balikin ke awal lagi ya? mandi seminggu sekali dan tanpa butuh kerodong. makasih, om…

  153. ada kejadian aneh pada cendet saya om….
    sore hari waktu mau saya krodong masih komplit (bulu ekornya) n tidak ada tanda2 mau mabung,
    tapi anehnya pagi hari wktu saya buka krodong semua bulu ekor habis….rontok semua dan tidak ada yang tersisa….dan anehnya lagi bekas rontokan bulu ekornya tidak ada bulu yang putus….
    1. kira2 kenapa ya om?
    2. setelah kejadian ini setiap hari saya amati mungkin saya memang bener mabung,,,setelah seminggu kok tidak ada tanda2 burung mau mabung, gacornya juga masih sma,,,kasih solusi om…..

    saya sudah konsultasi ke temen2 pecinta burung tapi belum ada solusi

  154. om mau tanya nih..aku punya cendet isian atau materinya complit.tipe ngerol..bawain suara roll lovebird sama gereja tarung aja kayak sonic master..tapi gini om masalahnya,kalau aku trek sama temen2 sekitar,kira2 10 burung cendet dia langsung bunyi trus nagen juga tapi kalau aku bawa kelatberan kok langsung lompat lompat trus nggk mau bunyi.pokoknya udah nggak karuan ulahnya..setelah sampai rumah kok dia juga masih bunyi kayak biasanya..tolong om ya sarannya gimana mengatasinya..terima kasih

  155. Om mau tanya bear gag sesat dijalan.hehehe..

    Om aku punya cendet
    skrang lagi mabung..
    Yang saya tanyakan..

    1.apakah ada cara supaya mabungnya cepat selesai !?
    2.cara mengetahui cendet suara rapat ato tidak itu gemana yah om ?!
    Cukup itu saja om yang saya tanyakan..

    Tolong dijawab om !!
    Terima kasih (^,^)v

  156. Gabung lagi om……….
    1.saya beli Cendet sudah 3 bulan lebih om,, tapi saya belum bisa menemukan setelan yang pas buat cendet saya,,,,,ada ndak trik kusus agar bisa tau setelan buat cendet yang kita pelihara…
    2.Benar ndak sih om jika cendet sering dikasih ulat hongkong matanya bisa rabun bahkan buta……

    minta penjelasanya om trimakasih………

  157. salam kicau mania om, om saya mau tanya lagi, saya punya cendet n sudah saya master pkek media elektronik, yaitu ” HP” om, trus tata cara yang saya lakukan ini benar gak om, , ,
    1. saya taruh hp yang isinya masteran burung itu” (berdekaatan)” dengan burung yang akan saya masteri
    2. trus ketika saya memaster burung saya, saya gunakan ”(volume)” yang lumayan keras, tu bner pa slah om. .
    3. trus ketika saya masteri burung saya, n saya tempakan d tempat sepi, laoko malah tidur burung saya, , ,eee, , ,lah, ,gimana om, trus pada pisisi matanya merem pa burung itu juga merekam suara masternya om

    mohon penjelasanya ya om,, ,trmksh

  158. askum om, om tolong bagaimana caranya untuk ngatasi saat burung cendet setress & tidak mau bunyi……tapi awalnya bunyi & Gacoor…?
    tolong ya om….atas sarannya teroma kasih.

  159. askum om, om mhon sarannya ya,, gni om saya punya 1 ekor burung cendet, dan saya pelihara sejak piyikan dan smpai saat ni belum juga ngurak, tp masalahnya om, pada tubuh yang kecil ini burung saya kok sudah pintar salto n suka menyundul kurungan sampau dahinya luka2 sangat parah , , ,hemmmm, , ,saya smpek bngung mngatasinya om, pdahal kurungan bagian atas sudah saya beri penutup kardus biar si cendet saya tidak bisa nyundul2 lagi ke atas , , ,gimana om cra mengatasinya, , , , , , trims

    • om, cpet di bales ya pertanyaan q ini, oz uda mendadak ni,, , ,heheheh
      om saya mau bertanya lagi n mhon di jawab ya, burung cendet saya masih anakan, tp saya udah kasih jangkrin sperti biasa, n saya kasih juga voer, tp voer ini adalah sentrat lele om, dengan butiran sedang, apakah ini aman buat cendet om, tp saya sudah mencoba berkali2 pada saat saya memelihara cendet , hasilnya tidak ada efekx, maksudnya baik2 saja om, menurut om itu baik gak sentrat lele itu buat di konsumsi cendet????????????
      n saya juga sring kasih EF ke cendet saya dengan ulat daun pisang atau enthong2, ,heheh, ,,bahaya gak om ulat enthong itu????? low di konsumsi oleh cendet, , ,mhon balesanya secepatnya ya om, , ,trims

  160. kepada rekan-rekan yang punya pengalaman seperti saya, gimana ya cara ngatasi cendet yang penakut soalnya pas digantang bunyi sebentar lalu loncat2 kaya yang takut sama musuh, matur suhun

  161. Salam Om Duto,Saya Mau Tny Ni Om-Sy Pnya Burung Cendet Jawa Barat,Blkgan2 Ini Klo Sy Godain Atau Sy Mainkn Tgn Tdk Mau Bnyi,Ttp Sblm2nya Cendet Saya Mau Bunyi Klo Sy Mainkn Tgn,Nah Klo Skrg2 Ini Lht Sy Tdk Mau Bnyi,Ttp Klo Digoda Sm Org Lain Mau Bunyi,Mhn Solusinya Om,Trims,,

  162. Om, saya punya burung Cendet, galak bgt suka gigit tangan saya klo diksh makan, Volume suara kurang keras, isian udah lumayan banyak. tp kurang Gacor Om, trus klo didekati suka megepakan sayapnya.
    yang mau saya tanyakan ini Burung laki/cwe ya Om? katanya klo suka ngepakan sayap pertanda cwe. emang Cendet cwe bisa bunyi ya Om? mklum saya Pemula Om….hehehehehehe.
    trus Obat produknya Om Duto yg buat maskimalkan Volume apa ya? dan burung biar Gacor.
    thank’s Om,…

  163. met mlem om sy mau tny? knp cndt sy wktu d mndiin suka salto k bwh sangkar n klo sdh d bwh sngkar suka berguling2 kyak kena ayan gitu,pdhal d wkt pagi smpai siang brung gk prnh salto sm skali…..trims

    • Burung dengan sering mengalami gejala tremor atau juga gejala seperti ayan biasanya karena kekurangan mineral akut. Jika tidak dilakukan terapi mineral secara teratur, kalau suatu saat kumat bisa terjadi kejang otot permanen Om.

  164. Om mau tanya nie saya khan ada banyak burung ada cendet, derkuku, trucukan, n peking.
    Apa bener om kalau suara burung trucukan bisa mempengaruhi suara burung cendet saya?
    Apa merk BirdVit sama Birdmineral om?
    Terimakasih Om..

  165. siang om..bagi tips dong..
    cendet saja lumayan OK, siap tarung siap buat harian.. tapi saya kepengen isian tambh ok om.kendalane saya tidak punya masteran n elektronik pun kurang bagus swarane…
    gimana om solusine….?

  166. Salam Om,..
    Om, Cendet saya umurnya sudah 1 tahun sama Empunya yg dolo. tapi kok kondisi stelah saya pelihara Cendetnya Jarang Bunyi dan klo Bunyi suaranya tidak Ngeplong/ kecil suaranya. KOndisi Postur Lehernya memang klihatan pendek dgn Badan. stiap saya dekati Cendetnya Galak bgt, seolah mau dikasih makan.
    Gmana Solusi supaya Cendet saya Rajin Bunyi dan suaranya Ngplong? dan apakah postur Leher yg pendek dgn badan pengaruh dengan suara?
    Terima kasih sbelumnya Om,….

  167. AADC
    ada apa dengan cendet,,,,,,salam OM.
    burung cendet saya muntah melulu trus bulunya mudah patah,nafsu makannya jelek banget,,badannya jadi kurus,,,trus kalo siang kayak yang ngantuk gitu solusinya gimana tuh om,,tolong ya om,,aku sayang bgt nih sama burung ini aku pelihara dari bayi….

  168. Om, saya mau tanya bagaimana agar Burung Pentet saya mau Rajin Bunyi. Sementara ini Burung Pentet saya mau Bunyi hanya sesekali saja dan Suaranya pun kecil tidak Plong, dan itu pun hanya sebentar saja.
    Mohon Tips agar Burung Pentet saya mau Rajin Bunyi dan suaranya bisa kluar Plong.
    Terima kasih sbelumnya Om,….

  169. Om, saya mau tanya neh? saya punya Cendet dirumah, belum lama saya dapat beli.
    Cendet saya Galak banget suka patuk tangan klo didekatin/ di kasih makan. dan suka suka Salto2. waktu di piara si Empu yang dulu, kebiasaan makannya di kasih langsung dgn tangan.
    yang mau saya tanyakan bagaimana Menghilangkan Galaknya itu supaya mau Jinak tidak suka Patuk” dan tidak Loncat/ Salto terus?
    Terima kasih sebelumnya Om atas Jawabannya…..

    • 1. Kalau mau ngasih pakan, coba semprot air sedikit dengan sprayer, dan sebelum tangan Anda masuk, beri dia seekor jangkrik sehingga tidak akan mematuk tangan Anda ketika masuk ke sangkar karena paruh si burung sedang memegang jangkrik. Jangan suka digida2 pakai tangan.
      2. Masalah salto, coba cek lagi artikel yang ini (klik saja).

  170. Salam kenal sebelumnya. Sebenarnya sdh lama saya “berkunjung dan mbaca2” di blog ini. Saya dirumah punya cendet yg menurut saya cukup bagus sebagai cendet rumahan. Tapi saat ini cendet tsbt sdng bermasalh dengan bulu ekor dan sayapnya. Bulu ekor dan sayap cendet tersebut mudah sekali patah walaupun baru aja tumbuh.
    Sekarang kondisi cendet tersebut tanpa bulu ekor dan sayap,tetapi “hebatnya” masih rajin bunyi. Sayang saya ndak punya fotonya. Tapi kalau mas Duto berkenan ke alamat FB saya disitu ada videonya, http://www.facebook.com/profile.php?id=100000037064959&sk=wall. Yg mau saya tanyakan, bagaimana mengatasi patah bulu ekor dan sayap tersebut. Apakah patahan itu akibat cebdet sesekali saya mandikan pakai shampo?
    terimaksih sebelunya untuk segala info yg mas Duto berikan.

    • Kemungkinan besar cendetnya kekurangan mineral Om. Bisa tambahkan mineral yang ditabur ke kroto, tiga hari sekali. Dan banyak dimandikan utamanya ketika bulu sedang tumbuh. Jangan pakai shampo, biasa saja. Bulu yang patah-patah jangan dicabut, biarkan saja mabung alami.

      • Terima kasih mas Duto untuk infonya….maaf baru sempat berkunjung lagi…tapi saya mo tanya lagi mas….kalo mineral itu bentuknya seperti apa ya…cair atau seperti bubuk ? yang jadi masalah cendet saya ndak mau makan kroto….beberapa kali saya coba kasih malah dibuang…trus dimana ya bisa beli mineral…? makasih mas Duto.

        • Ada yang serbuk ada yang cair. Yang serrbuk, lebih fleksibel penggunaanya karena bisa juga dicairkan, contohnya adalah BirdMineral.
          BirdMineral bisa juga dicairkan atau dioles2kan ke jangkrik yang mau kita kasihkan ke burung. Cara beli dsb, silakan saja klik tautan itu.

  171. wah keren sekali neh…mo tanya om…kalo cendet gak dikasih jangkrik gimana ya,rencana mo saya kasih UK,UH,Kroto plus voer, kalo kata yg punya setelannya pagi sore jangkrik 8….lha sekarang ini saya gak tega kalo “mrothesin” kakinya jangkrik,soalnya istri lg hamil takut kualat (maklum wong jowo)

    • Untuk burung “jadi” atau siap tempur, tergantung sebaik apa variasi isi, mental tempur dan volume. Sangat-sangat relatif, tergantung penjual dan kesediaan pembeli Om. Bisa 300rb, bisa 500rb, bisa 1 juta dsb.

  172. om saya punya pentet kapas warnanya coklat emas tapi tidak ada warna hitam di pipinya gimana cara membedakan jantan & betinanya terimakasih…….?

  173. maaf om saya anton, baru di dunia burung nih.. saya ada cendet jantan sudah gacor, mau tanya klo mau ngembangbiakin cendet gmn? sarang dan tempat bertelurnya gimana? lalu cari betinanya di mana? terimakasih sms juga gpp 087779555977

  174. om,gmn cara menghapus suara ayam di burung cendet,atau cara menghapus isian pada burung cendet yg tidak kita inginkan,seperti suara ayam,kucing,bahkan kutilang?trmksh….slm kicau…

  175. sy kcewa om beli cendet, kliatannya sudah agak umur, katanya bunyi tapi hanya tet, tet aja, sesekali/ jarang bisa kicau hanya sebentar 5 detik. burung sbenarnya sehat, tegak, dan jinak. bagaimana om bisa gacor? apa bisa? matur sembah nuwun

  176. minta saran gan,..
    saya beli cendet liar masih muda bisa makan sendiri, beli di pasar burung
    baru beli besoknya mati,..hal ini terus berulang sampai kedua kalinya..
    kenapa ya gan,..makan nya saya kasih cacing,..udah mau makan tapi kok tetep besoknya pasti mati
    bagi pengalaman nya ya gan,..langkah awal merawat burung cendet liar..
    tks gan

  177. siang om…
    saya punya cendet… dulu gacor banget… tp skrg ga bunyisama skali… sudah 1 bulan ini..
    bulu di tengkuk lehernya gundul.. apakah itu ngurak? trus skrg kadang2 bunyi ciet… ciet…. kayak anakan ayam.. apakah cendet sy sakit? sakit apa? trus cara mengatasinya gmana? apakah harus dengan obat?
    sekarang cendet saya full kerodong, tdk jemur n mandi.
    trima kasih sebelumnya n mohon pencerahan dari om….

  178. saya pya cendet ne tapi jarang bangt bunyi kadang pgi gak bunyi siang hari kadang bunyi kadang tidak…lo ada orang langsung tengkurep kayak burung pmalu gtu tlong sarany dong/………

  179. salam kenal saya punya burung pentet sudah hampir 4 bulan nggak mau bunyi,sdh berbagai cara saya lakukan sampai sampai saya hampir bosan sendiri untuk meawatnya, gimana spy pentet saya maubunyi

  180. Permisi Om Duto dan kawan2: minta tolong katakan tdk benar, kurang, salah atau sudah benar pada burung saya ini:
    saya punya cendet muda hutan bulu2nya masih muda semua burung masih takut2 suka nabrak2. perawatan :

    >>>TAMBAHAN : multivitamin “BIRDVIT diberikan setiap hari kamis setelah jemur”

    Pagi : mandi semprot kemudian diksh jangkrik 5 + keroto 1 sendok diaduk dgn voer supaya kelak mau mkn voer. jemur sekenanya krn hrs nguli

    Sore : mandi semprot jangkrik 5 + 1 sendok keroto diaduk sm voer juga. malam hari kerodong dan dimasteri. begitu setiap harinya
    catatan: sore yg diatas adalah sore jam 7 (sdh masuk malam ya.. he he he. maklum nguli) hari sabtu dan minggu sore jemur

    sesuai permintaan sy diatas mohon sudi kiranya Om dan teman2 kasih masukan mengenai cara rawatan yg benar. saya pingin piara brg ini dari nol hingga dia nanti bisa bunyi. terima kasih atas jawabannya.

  181. Permisi Om Duto dan kawan2: minta tolong katakan tdk benar, kurang, salah atau sudah benar pada burung saya ini:
    saya punya cendet muda hutan bulu2nya masih muda semua burung masih takut2 suka nabrak2. perawatan :

    Pagi : mandi semprot kemudian diksh jangkrik 5 + keroto 1 sendok diaduk dgn voer supaya kelak mau mkn voer. jemur sekenanya krn hrs nguli

    Sore : mandi semprot jangkrik 5 + 1 sendok keroto diaduk sm voer juga. malam hari kerodong dan dimasteri. begitu setiap harinya
    catatan: sore yg diatas adalah sore jam 7 (sdh masuk malam ya.. he he he. maklum nguli) hari sabtu dan minggu sore jemur

    sesuai permintaan sy diatas mohon sudi kiranya Om dan teman2 kasih masukan mengenai cara rawatan yg benar. saya pingin piara brg ini dari nol hingga dia nanti bisa bunyi. terima kasih atas jawabannya.

  182. saya lagi cari burung manyar emas udah gacooorrr, jinak, masih muda..

    khusus daerah tangerang dan jakarta

    kalo ada yg jual sms ke 08999939039 (sms only)

  183. om, saya mau tanya..
    kalo posisi supi pada burung cendet sebelah mana??
    bukannya burung cendet ga punya supit??
    apa sama letaknya sama supit burung merpati??

  184. – BURUNG GA MO BUNYI KALO DIDEKETIN –
    Salam Om, mo tanya dan minta saran nya…
    saya punya burung pentet (2bulan yg lalu saya beli masih anakan) selalu saya master dengan suara belalang dan Suara pedalaman Hutan,alhamdulillah burungnya udah mao bunyi,tapi masalahnya burung tsb bunyi saat ga ada orang..kalau saya deketin/ada yg lewat burungnya langsung diam seribu bahasa…
    Duh pusing deh dah nyari artikel kesana kemari tapi ga nemu…mohon sarannya Om..
    terima kasih banyak sebelumnya.
    wslm

    • Maaf Om Kicau, 1 lagi dech mo nanya (mumpung inget) hehehehe
      burung cendet saya selalu memuntahkan voer yang sudah dimakan.bentuk nya bulat2 agak panjang..makasih om

  185. om… mau tanya lg nih..
    knpa cendet saya sering keluar bulat2 dari mulut nya seperti kotoran kambing… tapi dia tidak kelihatan sakit…

    tlong solusi nya ya om….

    • itu bukan kotoran, itu muntah cendet.
      biasanya kalo dia abis makan voer terus di kasih jangkrik, biasanya voer tersebut dimuntahkan, dan burung itu lebih pilih jangkrik..
      sekian pengetahuan dari saya..

  186. Siang om…
    maaf mau gabung and nambah pengalaman,,
    Om duto… gimana caranya menumbuhkan mental cendet dari bakalan yang dalam proses pemasteran? Suwun

  187. salam kicau mania
    om kicau saya mau tanya ni tentang anis merah

    – bagaimana cara memilih piyian (umur sektar 4 hari) anis merah jantang/betina?
    – pola makan umur berapa hari sebaiknya mulai diberi voer basah? menurut yang saya dengar dari teman” kalau masih kecil katanya dikasi cacing dulu
    – kalau piyikan apa perlu diberi air, ukurannya berapa tetes?
    – kenapa waktu tidur mulutnya sering dibuka? apa karena kepanasan atau …..

    terimakasi sebelumnya

  188. saya sering beli pentet liar, seharga rata2 @25k per ekor jika beli 4 ekoran. tp kenapa ya mas, ga ada satupun yang awet hidup. rata-rata cuma bertahan 2-3 hari saja. padahal sudah saya mandikan, kasih makan jangkrik, kroto, minum teratur. besoknya lagi asik-asik cendet lompat sana sini tiba-tiba uyung sempoyongan. dikasih makan ga mau, pasti dimuntahkan lagi. sekitar 10 menit pasti dead. mohon solusinya.

  189. hallo om saya punya kisah sputar cendet saya nih,,mohon d beri saran,,,,
    cendet saya sangat gacor,laguna komplit dari jalak suren,cucak janggot,love bird,jangkrik,belalang,kenari,DLL….YG jdi masalah burung saya susah makan voer,,,kseharian nya cuman makan serangga trus,,,tp burung tetap kalem n jarang salto,,,ap burung saya mengalami kelaian yaa?
    mohon saran na oom….

  190. halo om

    dua mingguan saya beli cendet lokal bali, tadi pagi prilakunya berubah bunyi terus beda dari biasanya dan ada 3 bulu halus di sekitar sangkar dan suka gigit tangan sampai berbekas prilakunya galak sekali seperti induk ayam,itu kenapa ya om? apa mau ganti bulu? kalau buat cendet baikknya pakai obat apa ya om, biar bulunya tumbuh baik?

    terimakasi sebelumnya

  191. Mohon pencerahan Om Duto…saya ada pentet di Rumah…udah gacor banget…tapi aleman Om..kalo ngliat saya suka kiyak kiyek minta jangkrik..kalo dah dikasih 6 ekor, baru dia diem..trus anehnya di kandangnya kaya ada kotoran kambing bulet bulet item gitu om..setelah aku pantau terus ga taunya pentet saya itu suka muntah keluarnya bulet bulet item…yang aku tanya gimana cara ngilangin alemannya itu ya om trus kenapa pentet saya suka muntah bulet bulet begitu? Kira2 bisa sembuh ga ya? Atau apa obatnya?…u/ jawabannya terima kasih banyak om dan sukses selalu

  192. terimakasi sarannya om

    menurut om cendet yang dari madura atau dari daerah yang lain lebih baik? dimana ada yang menjual cendet madura bakalan, yang setidaknya dah br bisa makan voer (“tentunya yang gak nipu, karena dah pernah kena tipu,cendetnya disemir”) berapa harganya rata”?

    terimakasi om

  193. andre :Kasih kroto agak banyak biar kering sendiri. madura dadanya cenderung putih dengan lingkar kepala warna hitam yg lebih dominan daripada cendet lain dengan postur relatif lebih besar dan panjang. tul gak.

    andre :Kasih kroto agak banyak biar kering sendiri. madura dadanya cenderung putih dengan lingkar kepala warna hitam yg lebih dominan daripada cendet lain dengan postur relatif lebih besar dan panjang. tul gak.

    kalau sdh ciri dari mudanya ya gak bs, tp saya pernah lihat cendet dengan paruh bengkok tp punya tonjolan lagu cililin, coba aja dirawat dulu cmn menurut saya cari aja bakalan yang tidak cacat.

  194. salam kenal om kicau
    bagaimana cara mengatasi/menyembuhkan luka yang di atas paruh karena sering nabrak?
    bagaimana cara memperbaiki paruh burung yang bengkok (menyamping)?
    lagi satu ni om bagaimana cara membedakan cendet madura, dengan cendet daerah lain?
    terimakasi sebelumnya

    semangat……..

    • Kasih kroto agak banyak biar kering sendiri. madura dadanya cenderung putih dengan lingkar kepala warna hitam yg lebih dominan daripada cendet lain dengan postur relatif lebih besar dan panjang. tul gak.

  195. mas setau saya burung tetap burung TIDAK BISA DISAMAKAN dengan motor atupun onderdelnya. yang jelas typikal burung itu terdapat pada kebiasaannya disangkar. coba kalau dilepas pastinya burung tersebut bunyi. maaf sebelumnya, ini hanya asumsi.

  196. om apa bener klo cendet ekor masih buka belom bisa di gantang di lomba ??? terus apa pengaruh antara ekor buka ma yang sudah jadi satu … tolong ya om

  197. coba dech cara aku … cendetnya di kasih makan hati ayam … hati ayam dari pasar di cuci
    potong dadu kecil2 … insya A besok nya meledak2 gacor terus

  198. om saya punya cendet,dulunya cendet saya sudah berkicau tapi semenjak da saya tinggal pergi burung tersebut sama ayah saya di dekatkan sama burung kutilang,dan skr brng saya diam seribu bahasa dan cma nyekukruk mengembangkan bulu2nya klo saya dekati,bagaimana cara ngatasi nya om,tlng di bantu.
    terimakasih.

  199. di jual kacer hitam 750rb, c jenggot 650rb, branjangan 850rb, kembang 1juta, pentet 450rb untuk lomba. yg bakalan
    branjangan 450rb dan c jenggot 350rb, di jual borongan burung anis kembang umur 8 bulan dah jadi plus sangkar ukir
    jati 1 kotak model barong bali sama bulat model rajawali di jual 2,5jt, jogjakarta
    081578884977 call/sms. pak gede/candra

  200. saya baru beli cendet yang lama ga terurus hanya di taruh dalam rumah tapi ga d kerodong. dulunya udah bunyi. sekarang bisu, mohon sarannya agar burung cendet saya bisa bunyi lagi?
    apaka burung ga terurus seperti itu dikarenakan stress?

  201. gan ak punya cendet baru tp buntutnya patah tinggal sedikit katanya boleh di cabut dan sekarang dah kelihatan tumbuh tapi suara merdunya ko sekarang ga terdengar ya…..malah sekarang cuma bunyi tettttttt aja minta makan kaya bayiii….apa bisa di master krna kata kawan ku petet ku sdah tua jadi ga bisa bunyi lgi dengan merdu..

  202. Om mau tanya nie. Aku punya 2 ekor cendet, kalau sangkar aku taruh berdekatan apakah nanti berpengaruh pada kicauannya?? Masih awam nie..Mohon bantuannya.

  203. om,burung pentet saya ko gak mw ngerol….? atau..gacoor..

    padahal dah cukup umur,bulunya mulus,dopingan kroto ma jangkrik

    cukup banyak….kenapa ya om…?

  204. Buat omkicau dan temen2 kicaumania…mohon saran dan petunjuknya…saya lagi sedih ni…Saya punya burung pentet Jatim gacor…trus mandeg (kalo bunyi kadang kadang aja )…akhirnya saya beli lagi pentet jatim juga dari temen gacor banget (prestasi di latberan aja )…waktu burung yang gacor saya bawa pulang, saya seneng banget..ternyata burung yang mandeg dirumah jadi gacor lagi setiap hari saut sautan terus ( posisi gantangan saling berjauhan dan burung saya posisikan tidak saling ketemu atau berhadapan )….dan ternyata kondisi ini hanya berlangsung 2 minggu, sekarang burung yang saya beli kedua (gacor / prestasi latberan) kok jadi mandeg….sementara burung yang pertama tetap mau mau bunyi….masalahnya burung yang kedua volume keras, isiannya lengkap, burungnya kalo bunyi nagen tidak salto….jadi sayang banget ya…..( sebagai informasi pola makan yang saya terapkan setiap pagi saya kasih 2-3 ekor ulat hongkong + Jangkrik 5 ekor + 1 sendok makan kroto ) burung saya jemur dari jam 7 pagi sampai jam 9 pagi aja, setelah itu burung saya gantang diteras rumah, karena setelah jam 9 saya harus berangkat kerja dan baru pulang jam 8 malam. jadi Burung setipa jam 5 sore dikrodong sama orang rumah dan tetap digantang diteras, kira kira masalahnya dimana ya om….mohon solusi dan petunjuknya…
    atas saran dan petunjuk dan solusinya saya ucapkan terima kasih.
    thanks dari sonny.

    • sama dengan cendet temen saya di rumah ,,, ada dua burung cendet …

      @ cendet yang pertama gacornya g ketulungan terus dia klo di gantang ngengkol kaya murai borneo ..
      setelah datang 1 ekor cendet lagi burung lama itu jadi bisu karena suara lebih tebal
      cendet yang baru … katanya sih yang seperti itu jadi tumbal … ( bolehpercaya atau tidak )

    • setahu saya kalau mendampingi burung gacor yang lagi mandeg bukan sm yang gacor berarti sm aja diadu. cari bakalan 1atau 2 ekor yg jarang bunyi cmn buat di dampingi bentar aj, kalau bs tdk langsung kelihatan.

  205. ass….

    om sy mo nanya nih……pencabutan bulu pada buntut burung berpengaruh gak pada kondisi burung??? soalnya kemaren sy bawa cendet madura, terus bulu pada buntutnya pada rusak?? nah klo buntut yg rusak saya cabutin berpengaruh gak om pada kondisi burung ? bs strez gak om??

    mohon solusinya……
    dan kalau harus diberi vitamin….vitamin apa yg harus sy kasih…agar burung cendet sy gak strez…..

    terimakasih……

    • Hati2 saja nyabutnya agar tidak berdarah. Ya tentu berpengaruh, bisa stress tetapi kalau memang terpaksa dilakukan tidak apa2.
      Untuk pendukung agar cepat melewati masa stress bisa diberi BirdVit Om.

  206. Om, saya punya cendet masih muda blm pernah ngurak, awal saya beli rajin banget bunyinya, setelah saya tinggal mudik 4 hari dalam krodong sekarang jd jarang bunyi dan jadi manja, gampang kiyek kiyek kalau ketemu orang, mohon masukannya Om.., thx

  207. Om saya punya 2 cendet baru, yg 1 gak galak tapi yg 1 nya lagi khoq galak banget ya..kalo tangan kita masuk sangkar , lgsg digigit terus. kadang tangan sampe luka.
    Temen sy sampe takut kalo mau ngasih makan. Kira” gimana ya om utk menghilangkan supaya cendet itu gak galak ama suka gigit??..
    Mohon pencerahan dan solusinya…..
    Matur Suwun om…

    • Mengurangi galaknya bisa dengan banyak semprot air. Tetapi sering tidak memuaskan hasilnya.
      Sebelum tangan masuk untuk ganti minuman dsb, cendet dikasih jangkrik dulu saja biar dia tidak ngejar tangan yang masuk ketika ada jangkrik di paruhnya.
      Salam.

  208. om saya baru bli cendet yang sudah gacor. tapi setelah 2 hari d rumah jadi macet, g maw bunyi sama sekali.
    gmn cara mengembalikan agar bunyi lg. sudah saya biarkan selama 1 bulan.

  209. OM DUTO’
    Mohon Pencerahann
    sy pny cendet jawa barat trotolan, tp body besar, ekor kyknya sdh panjang maximal, sdh mau bunyi sesekali walupun blm jls irama kicauan yg dikeluarkan, pertanyaan sy

    1. Brp lama usia seekor cendet lepas bulu trotolannya ?
    2. Seorang teman bilang cendet bagus dikasih tahu putih ? manfaatnya apa yach om ?
    3. Bagaimana pendapat om Duto mengenai prospek cendet jawa barat ?

    Mohon diberi pencerahnnya Om Duto’
    Trims’

  210. Om,,ane bru seminggu punya cendet…tpi kayaknya masih muda,eokrnya baru sekitar panjang 10c. kmrin ekornya patah,,,,baiknya gimana ya?di cabut sisa ekor pa biarin aja?

    napsu banget ama jangkrik, lapar terus,.,pasti teriak2 tiap pagi, siang, sore…di 3 wktu itu setiap waktunya abis 4-6 jangkrik….

  211. SAYA BARU SAJA AMBIL CENDET,LATBERAN DI PONOROGO,RAWATAN HARIAN JANGKRIK 2-2,TANPA KROTO,KROTO HANYA HR JUMAT DAN SABTU JIKA MINGGU TURUN LOMBA…DAN KARAKTER CENDET SUSAH MAKAN JANGKRIK,DI KASIH LEBIH DARI 2 PASTI CUMA BUAT MAINAN,GAK DI MAKAN,APAKAH BISA MAKSIMAL DENGAN KARAKTER SEPERTI ITU DI LAPANGAN,DAN TANPA ULAT HONGKONG,KRN SELALU SALTO KALAU DI KASIH ULAT HONGKONG…???..MOHON PENCERAHANYA OM…??…THANKS..

  212. hore …………..
    pertamax………….

    om saya punya cendet selau salto
    yang saya mau tanyakan om untuk menghilangkan salto bagaimana
    mohon om solusinya?……………….
    dan untuk membedakan cendet jawa timur sama cendet madura ciri2nya seperti apa om?………………….
    thanks.

    • kalau pengalaman saya sih…tambahin aja tangkringan di sangkarnya om…kemungkinan saltonya berkurang, krn ruang untuk salto jd berkurang….sekedar share aja…

    • biasanya om kalo saya kandang saya pindahkan ke yang agak kecil untuk mengurangi geraknya kemudian mandi semprot malam hari om kira2 jam 9an lah. dan hasilnya lumayan seh gak salto2 lagi…kalo udah gak salto jangan didekatkan ama ciblek om biar gak ikut2 salto….

    • coba tangkringannya yang atas dan bawah di buat berlawanan arah… krn cendet saya dulu jg begitu,, tapi sekarang alhmdllah udah ga salto lagi…
      mf klo ada slah ktik

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.