Terapi mandi malam untuk cendet macet bunyi dan suka miyik

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Memelihara burung cendet memang tidak bisa dilepaskan dari segala permasalahan yang dihadapi para pemiliknya, terutama jika burung masih berusia muda. Masalah yang sering muncul adalah burung yang semula rajin bunyi atau gacor, menjadi jarang berbunyi atau macet bunyi dengan kondisi mengembangkan bulu-bulunya. Sesekali cendet mengeluarkan suara miyik. Terapi mandi malam bisa dicoba sebagai salah satu solusinya.

Hampir semua penggemar burung cendet pernah mengalami masalah tersebut. Secara umum,  masalah cendet macet bunyi dengan kondisi miyik terjadi akibat burung yang kekurangan nutrisi dari pakan harian, atau bisa juga karena mengalami over birahi (OB).

Tentu hal tersebut berbeda dari cendet yang sejak dibeli memiliki sifat miyik, yang biasanya karena terlalu dimanja.

Perawatan cendet pasca mabung
Burung cendet atau pentet sering macet bunyi dan miyik.

Pada burung cendet yang sudah mapan, dalam arti burung sudah dewasa, sifat miyikan atau manja jarang sekali terjadi. Tetapi itu bukan berarti burung cendet yang sudah dewasa terbebas dari masalah tersebut. Semuanya tergantung dari bagaimana cara kita merawatnya.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Untuk mengatasi masalah burung cendet yang menjadi jarang berbunyi dan menunjukan sifat miyik, maka hal-hal berikut ini bisa Anda terapkan.

Satu hal yang paling sering dilakukan jika mendapati cendet mendadak macet bunyi dan menunjukan sifat miyik adalah memandikannya malam hari, baik dengan cara disemprot menggunakan sprayer atau pakai bak mandi (tergantung kebiasaan).

Memandikan cendet pada malam hari bisa dilakukan pukul 19.00 hingga 20.30. Cara memandikannya pun tidak harus sampai basah kuyup sebagaimana kita memandikan pada siang hari. Cukup membuat burung basah saja.

Setelah dimandikan, burung diangin-anginkan, lalu diberi kroto sebanyak satu sendok teh. Setelah bulu-bulunya kering, sangkar dikerodong hingga pagi hari.

Pada pagi hari, burung kembali diberik 1 sendok teh kroto, yang diberikan dua hari sekali. Jangkrik dan ulat hongkong bisa diberikan dengan porsi seperti biasanya.

Terapi mandi malam bisa dilakukan selama beberapa hari, sampai burung kembali normal. Selama terapi tersebut, porsi penjemuran bisa diberikan lebih lama daripada biasanya.

Terapi mandi malam bagi cendet bermasalah tentu tidak bisa dijadikan sebagai faktor penentu gacor dan tidaknya seekor burung. Apapun hasilnya, semua tergantung dari karakter burung itu sendiri.

Biasanya, burung yang masih berusia sangat muda lebih cepat kambuh, yaitu kembali macet bunyi dan miyik. Untuk itu, selalu berikan pakan yang cukup dan lengkap bagi cendet setiap harinya, agar dia tidak mudah macet bunyi atau menjadi miyik.

Selain pemberian pakan tinggi protein seperti kroto, jangkrik, atau ulat hongkong setiap harinya, cendet sebaiknya juga diberi multivitamin seperti BirdVit untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Dengan cara itulah, burung menjadi lebih aktif, lebih rajin bunyi, dan tidak mudah miyik.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.