HOT

Curhat Burung

Update: Halaman ini adalah versi baru dari halaman Curhat Versi Lama.

Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.


Sementara untuk yang sudah biasa main ke halaman ini, mohon maaf kalau Anda merasa wajah halaman jadi kurang seksi. Ya karena alasan maintenance web, sementara wajah halaman saya buat tidak seksi… hehehe, tetapi yang penting isi tidak berkurang tetapi akan terus bertambah. Untuk mengecek artikel terbaru, bisa dilihat di sidebar  ya.

Curhatkan problem burung Anda

Curhatkan problem burung Anda

Nah mangga, namanya cuhat,  jadi ya belum tentu bahwa apa yang disampaikan sebagai tanggapan atas pertanyaan yang masuk merupakan kebenaran. Jadi forum ini semata-mata memang sebagai ajang ngobrol bareng dan jangan dianggap sebagai sebuah solusi  final.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Murai batu bakalan

Murai batu bakalan

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Cara cegah murai batu turun dari tangkringan

Burung suka turun tangkringan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

– Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

Salam sukses untuk Anda.


PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

47 Comments on Curhat Burung

  1. salam kicau mania…mau tanya nih om…klo punya kenari 2 atau lebih yg bagus itu digantang satu ruangan atau dipisah om??? kalau digantang satu ruangan keduanya bunyi tapi gak gacor…mohon solusi yg tebaik om….terimakasih om kicau mania

    Suka

  2. Om, review perbedaan fisik kenari AF dan Lokal Super secara signifikan dong. Misalnya dari cara dia berdiri dsb. Makasih om ditunggu ulasannya.

    Suka

    • Gampang-gampang susah om untuk membedakan tanpa mengetahui secara langsung indukannya, namun ada beberapa patokan yang bisa membantu tapi belum tentu akurat, misalnya bentuk kepala dan leher kenari AF lebih besar dari lokal, kaki lebih panjang dan jingkring, serta jari-jari kaki lebih besar dibanding kenari lokal.

      Suka

  3. Salam bahagia buat kicau mania.om saya mau tanya..
    Perawtan jalak suren dr trotol ato anakan unt mabung pertama mohon pencerahan nya om.soal nya jalak suren anakan saya kok lama bgt yg mabung nya.thx sebelum nya ya om Kicau

    Suka

  4. slamat sore om duto,masih mengenai murai trotol sya yg sekarang berusia 1 bulan 3 minggu,untuk tata cara pemasteran yg sudah sya baca di artikel sebelumnya sya sudah mengerti,tetapi burung ini ketika sya master dengan mp3 atau dengan burung masterannya,dia selalu mengeluarkan kretekan khas murai dan ekornya ngeplay layaknya burung yg sudah siap tempur,akhirnya sya krodong dan masih kondisi dengan masterannya,tetapi murai ini tetap masih mengeluarkan kretekannya,bagaimana untuk mengatasi murai yg seperti ini om?apakah sya harus menunggu mabung pertama untuk memasternya?terimakasih

    Suka

    • Tidak masalah menandakan burung dalam kondisi sehat, selama program pemasteran Kecilkan volume hingga terdengar sayup namun jelas, selama pemasteran akan lebih efektif jika didamping suara gemericik air bisa dari akuarium atau mp3.

      Suka

  5. Om mau tanya, murai batu saya ekornya ga mau rapi. Apa pnyebabnya? gmn cara agar bisa rapi sperti mb biasanya

    Suka

  6. malam om,saya mau tanya saya punya love bird sudah jodoh tapi kenapa telurnya sering di pecahin sendiri kalo nggak dibuang gemana ya om mengatasinya, trims

    Suka

  7. pagi om, mohon jawabnnya. Bagaimana mengatasi MB yang serak om? Tq

    Suka

  8. Mau nanya om
    Untuk kacer trotol apa sudah bisa di berikan produk testo bird booster (TBB)
    MOHON PENJELASAN NYA OM KICAU
    THANK…

    Suka

  9. Om mau tanya
    Saya punya lovebird betina yang mau dijodohkan lovebird jantan punya kakak saya. Kata pemilik lovebird betina yang lama,lb betina ditinggal mati jodohnya yg lama
    Apakah bisa lovebird yg ditinggal mati pasangannya dapat menemukan pasangan baru?

    Suka

  10. Saat perjodohan kenari apakah saat dijemur dimandikan apa jemir saaja ?

    Suka

  11. Om mau tanya masalah bird mature,,,,
    ,kenari saya awalnya buat pejantan isi habis mabung udah beberapa kali di kawinin sekarang tidak isi,, pertnyaannya apakah bird mature bisa mendongkrak/ memaksimalkan reproduksi pejantan biar isi lagi seperti dulu,,,? Kemarin udah coba yg bird mature serbuk tpi jga gak ada hasil ini pngen cba yang cair, mohon solusinya

    Suka

  12. salam om kicau..saya mau nanya,saya abis beli anakan mb umur 2bln,bulu ekornya kok ga tumbuh2 ya om,saya cek bekas tercabut atau bekas tumbuhnya bulu juga ga ada,apa mb saya cacat bulunya atau emang blum waktunya tumbuh,harusnya dari kecil kan udah tumbuh om…mohon pencerahannya om,terima kasih.salam om kicau.

    Suka

  13. Kalau anak an kacer baru menetas 3 hari, terus kok dibuang sama induknya kenapa ya?,solusinya gimana?,

    Suka

    • Ada beberapa penyebab misalnya kondisi anakan dari sejak lahir memang tidak sehat atau mati, birahi kondisi indukan kembali naik karena pemberian EF tertentu sehingga indukan ingin kembali berproduksi, kondisi kandang yang membuat indukan stress, dan banyak faktor lainnya. Sebaiknya sering dipantau kondisi indukan setelah anakan menetas.

      Suka

  14. slamat siang om,mau tanya,sya punya trotol murai usia 1 bulan,udah makan voer kering,makan jangkrik lahap,pagi hari bisa menghabiskan 10 ekor jangkrik,dan masih sya kasih uh dan uk 1 sendok,yg sya tanyakan kalo sya kasih cacing tanah 2 ekor seminggu 2-3X apakah aman untuk pertumbuhan murai batu sya om?terimakasih

    Suka

  15. Om mau tanya,,bagaimana membedakan MB medan Jantan dan betina…Terimakasih

    Suka

  16. Slamat mlm om. Kicau sy pny burung lovebird yg suarax serak, awalx kebanyakan vitamin yg mengakibatkan kena pita suarax, tlg untk obat yg bisa menyembbuhkan pita suara lb tsb gimana. Trimksh

    Suka

  17. Mohon dijawab Om kicau….saya punya burung anakan kutilang, jalannya pincang, kaki nya tidak patah. Tetapi sayapnya selalu turu n sebelah Om.. Tapi anehnya sayapnya masih bisa gerak Om klo minta makan.. Mohon bantuannya Om, burung saya kenapa? Terima kasih omkicau

    Suka

  18. Om,sy tinggal d daerah datarn tinggi 1250 dpl dn suhunbs 16 derajat spt d dieng jateng. Kl sy mw ternak murai dn cucakrowo apa skiranya cocok ataukah kondisi tsb bs menjdi kendala ? Bekti.. mksh

    Suka

    • Bisa diakali dengan pembuatan konstruksi kandang yang menghadap timur, supaya saat matahari terbit indukan dalam kandang terpapar sinar matahari, pemberian lampu uv sebagai penghangat saat menjelang malam, dan rutin diberikan multivitamin bermutu untuk menjaga kondisi kesehatan indukan om.

      Suka

  19. om mau tanya, kenapa ya jalak suren saya suka matuk dasar sangkar seperti cari makan didasar sangkar padahal pakan dan minum selalu tersedia di cepuk..untuk harian ef saya kasih 5 ekor jangkrik pagi dan sore..mohon pencerahannya om

    Suka

    • Ada beberapa penyebab misalnya burung sedang mencari sisa-sisa EF atau pakan yang terjatuh, solusinya rajin bersihkan sangkar sehari 2x. penyebab lain burung dalam kondisi overbirahi, solusinya pangkas EF dan perbanyak mandi serta kurangi durasi penjemuran.

      Suka

  20. Om burung murai saya ekornya patah setengah gara” dibawa mudik bukan mabung
    Cara biar cepat tumbuh gimana…?

    Suka

  21. Pagi om, Mohon masukkannya om. Dalam krseharinnya klw punya LB lebih dari 1 ekor dalam 1 rumah. Sebainya tidak saling melihat apa saling di lihatkan om? mohon solusinya om. Trm ksh banyak

    Suka

  22. Slamat Pagi ada yang mau saya tanyakan prihal perawatan Burung kacer yang masih trotol tapi sudah mau makan voer total Top song Hijau, gimana agar burung mau mulai bunyi jadi gacor karena slama ini baru terdengar ngriwik, apakah perlu diberikan vitamain tetes gacor makasih mohon penjelasannya

    Suka

  23. mohon nasehat Om kicau. saya punya kacer muda, dia mengalami kebotakan. saya sudah beberapa kali membersihkan bulu pake shampoo bayi & coba tambah porsi EF’nya. tiap sore sampe pagi burung kerodong.
    -tapi kok belum tumbuh bulu baru ya?
    -atau mungkin perlu obat/vitamin penumbuh bulu?

    Suka

  24. Curhat ya….sy punya pleci raja koloni dengan ciri2 ada garis putih dipundaknya serta suaranya lebih nyaring dari yang laina. Saya dapet langsung dari alam. Namun tiba2 suara nya hilang meski patuknya terus bergerak2 seloah lagi gacor, sudah tiga bulan dengan harapan keluar suara meski sedikit tp sampai saat ini belum terdengar suara lantangnya, seolah2 burung ini bisu. Burungnya sehat, lincah, nafsu makan bagus, tp tidak mengeluarkan suara meski patuk nya seperti sedang bernyanyi. adakah saran atau solusi

    Suka

1 27 28 29

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 168.288 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: