Lihat versi yang baru di sini.

32 Comments

  1. Pagi Om saya mau tanya, saya punya burung kacer udah sekitar 5 bulan awalnya sudah mulai bunyi akhir2 ini jarang bunyi, saya sudah coba ikutin saran temen cara ngasih makan sampai dengan vitamn sudah saya coba tapi belum mau gacor juga. gimana cara bikin burung cepat gacor om,,, terima kasih.

    • Kemungkinan burung akan memasuki fase sulam bulu dari trotol ke bulu dewasa selama 2-3 bulan, sebaiknya perbanyak istirahat burung dan rajin bersihkan sangkar, serta mulai perdengarkan suara masteran.

  2. Maaf om numpang tanya..saya ada mb trotolan dr penangkaran, sekitar bln 8 2016 mabung pertama, trus selesai mabung, dan selanjutnya saya tunggu2 sampai bln 6 2017 mb saya blm mabung yg kedua om..apa penyebabnya om? Apakah stres atau emang blm waktunya? Apakah mesti di kasih ef yg byk biar mulai mabung om? Thanks bgt om ats jawabannya

    • Fase mabung terkadang tidak sesuai dengan prediksi karena banyak faktor penyebabnya om, selama burung masih dalam kondisi gacor dan fit serta bulu-bulunya masih bagus menandakan burung belum memasuki tahap fase mabung dan hal tersebut normal, kecuali jika kondisi bulu sudah kusam dan rontok tapi tidak serentak pertanda burung mengalami gangguan fase mabungnya.

  3. Malem om…mohon pencerahannya,3 minggu yg lalu saya habis beli kacer,settingan harian p/s saya kasih 5 ekor jangkrik,H-1 sebelum naik gantangan saya coba kasih 30 ekor saya bagi 10+10+10 + kroto 1sdm. Hari H saya kembalikan ke settingan harian + UH 5 ekor. Waktu di gantangan burung ngeruji di tengah sesi malah mbagong..itu kenapa ya om???maklum masih pemula….
    -Salam Kicau Mania-

  4. OM tanya donk, saya mulai gemar sama suara murai tapi bingung mau milih murai mana yg bagus untuk di pelihara dan bagaimana untuk pemula?TRIMS ya om, ditunggu balasannya.

    • Pemula sebaiknya mreawat murai sejak trotol yang bisa didapatkan dari penangkar mb om, karena mb trotol cenderung jinak dan rata-rata sudah makan voer sehingga tidak terlalu riskan sakit selama pola rawatan yang diterapkan benar.

  5. assalamualaikum wr.wb

    saya mau tanya om..mb saya sedang mengalami proses tumbuh bulu TETAPI bulu sayap dan ekor sudah ada tanda tanda bulu seperti rusak/nyerit padahal selama proses setiap hari saya beri full ef/jangkrik dan saya suntikan minyak ikan 3butir/hari..porsi ef saya jorr setiap harinya..
    pertanyaan saya apakah penangan saya ada yg salah ??

    mohon kiranya om bisa menjawab pertanyaan saya..terimakasih

  6. Om Kicau.Mau nanya.
    1. Aku punya MB awal gacor tiba2 tidak mau bunyi..apa ini tanda OB atau drop mental ya..karna dirumah ada burung Beo suaranya sangat kenceng.?
    2. Bagai mana tanda2 mb Kalau OB.?
    3.Kalau subuh MB ku kadang masih bunyi apa ini juga dinamakan Drop mental ya…
    Mohon saran dan penjelasannya.Terimah kasih….

  7. Malem om…mohon pencerahannya,3 minggu yg lalu saya habis beli kacer,settingan harian p/s saya kasih 5 ekor jangkrik,H-1 sebelum naik gantangan saya coba kasih 30 ekor saya bagi 10+10+10 + kroto 1sdm. Hari H saya kembalikan ke settingan harian + UH 5 ekor. Waktu di gantangan burung ngeruji di tengah sesi malah mbagong..itu kenapa ya om???maklum masih pemula….
    -Salam Kicau Mania-

  8. Siang om..saya mau tanyak nich..saya minggu baru beli murai medan waktu beli di pasar burung gacor banget om..H1 masih gacor H2 dan H3 sekarang masih bunyi tapi sudah jarang banget bunyi…saya pagi sore beri makan kroto rapi gk banyak jangkrik pagi 3 sore 4…siang saya krudung..kira2 kenapa ya om jadi jarang bunyi..saya ada sich cak ijo gacor banget volum kenceng apa pengaruh om?mohon bantuan nya ya om..sedih om liat murai yang baru beli jadi jarang kicau..

    • Kemungkinan besar karena adanya perubahan pola rawatan om, namun jika burung dalam kondisi fit dan prima meski ada sedikit perubahan pola rawatan akan tetap kembali rajin bunyi. Sementara asingkan dulu dari burung lain yang fighter dan perdengarkan suara gemericik air untuk meredam stress.

  9. salam kicau mania,pagi om ,om saya mau tanya saya baru pertama menangkar jalak bali, usia sudah menginjak 3 tahun..akhir2 ini yang jantan sering kejar2 yang betina tetapi yang betina selalu menghindar ,apakah ini tanda2 mulai birahi,,mohon petunjuk exstra foding yang cocok agar burung cepat kawin,terima kasih…

  10. Halo om.. terima kasih sebelumnya,saya mau tanya,saya punya murai,waktu itu dalam kondisi over birahi,ciri ciri kadang ngelowo,sayap turun dan tidak mengempit kencang,kalo di trek lebih agresif buat adu fisik nabrak sangkar dan sambil ngeriwik volume kecil banget dan bulu di leher tipis,ketika dia menegakan badan nya dan menjenjangkan lehernya yg panjang jadi terlihat kekurangan bulu pada lehernya.. lalu saya terapi dengan cara simple sih,sehari minimal harus rutin mandi 2 kali,penjemuran cukup 10 menit dengan panas matahari yang sewajarnya,asingkan dari burung masteran terutama dengan burung bertype fighter dan burung sejenis,cukup kerodong pada malam hari,pakan saya stop keroto selama proses penanganan OB berlangsung,pangkas jangkrik dari 5 pagi 5 sore jadi 2 pagi 1 sore ditambah cacing tanah 1 ekor pagi 1 ekor sore setiap hari nya bebarengan dengan jangkrik selama seminggu… minggu kedua saya naikan jangkrik 3 pagi 2 sore tetap bebarengan dengan cacing 1 pagi 1 sore.. dan sekarang saya memasuki minggu ke 3 dengan jangkrik 4 pagi 3 sore beserta cacing 1 pagi 1 sore,dan hasilnya ada progres,burung tidak lagi terlalu agresif,ngeplong menjadi lebih sering dan volume menjadi lebih kencang,tadinya lebih sering diam sekarang waktu diamnya di isi dengan ngeriwikan walapun tidak sering banget,dari fisik burung warna bulu menjadi lebih hidup… sebelumnya murai saya bewarna kusam,terlihat jelas kusamnya dari bulu yg berwana hitam… apa benar efek over birahi membuat bulu burung murai menjadi sangat kusam om? Thank u.. GBU… salam kicau mania.

    • Selama ini belum ada penelitian secara langsung antara warna bulu dan tingkat birahi mb, namun kemungkinan besar warna bulu menjadi lebih bagus karena mb rutin mengonsumsi cacing tanah yang memiliki kandungan gizi dan mineral bagus untuk burung selain itu juga dari pengurangan durasi jemur serta frekuensi mandi 2x sehingga kelembapan bulu terjaga dan warna menjadi lebih kilap.

    • Silakan bisa langsung diiklankan ke menu halaman pasar burung om, sementara ini belum ada harga pasaran untuk burung but but karena jarang diperjual belikan dipasaran.

Komentar ditutup.