Ciri cucak ijo yang bagus

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK... CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

OM. AKU PENGIN BURUNG CUCAK IJO (CI)

CIRI CIRI BURUNG CI YG BAGUS GIMANA , TRUS YG ASALNYA DARI MANA .

APA SEMUA BURUNG CI. PADA SAYAP NYA ADA BULU YG WARNANYA KAYA PELANGI APA JENIS TERTENTU TOK?

BILA CI SERING TURUN KEBAWAH KANDANG, ITU PENYEBABNYA APA & BISA DISEMBUHKAN PA GA? CARA PENYEMBUHANYA GI MANA ?

MOHON PENJELASAN NYA, THNKS

BUCHORI

Jawab:

Masing-masing CI ada kelebihan dan kekurangannya. Dari segi warna, memang lebih menarik yang ada warna pelangi di sayap (kepala agak kekuning-kuningan). Cuma CI yang ini banyak yang tidak suka karena kurang mau kerja ngotot kalau dilombakan.

CI sendiri merupakan burung dengan wilayah penyebaran terbatas, yaitu di lingkungan Asia Tenggara saja. Di Indonesia, ia hanya dijumpai dijumpai di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Postur tubuh cucak hijau dari Jawa lebih kecil ketimbang dari Sumatera, tetapi lebih besar daripada cucak hijau dari Kalimantan. Yang disebut terakhir ini dikenal pula sebagai cucak hijau mini.

Yang biasa dipilih adalah CI besar yang berasal dari daerah Blora dan Jember/Banyuwangi.

Beberapa jenis CI yang terdapat di Indonesia, selain CI yang besar:

1. Cica-daun kecil (C. cyanopogon)

sangat mirip cica-daun besar, hanya ukurannya lebih kecil (17 cm) dan tidak punya bercak biru di bahu.

2. Cica-daun sayap-biru (C. cochinchinensis) sayap dan ekor tersaput warna biru. 17 cm.

3. Cica-daun dahi-emas (C. aurifrons)

dahi kekuningan pada yang jantan. 19 cm.

4. Cica-daun sumatra (C. venusta)

paling kecil, 14 cm. Dahi dan sisi kepala biru terang (jantan), tenggorokan biru terang (betina).

Soal CI suka turun ke bawah, itu bisa jadi karena kebiasaan makan makanan yang jatuh dsb. Pastikan tidak ada pakan yang kececer setiap saat.

Untuk mengatasi kebiasaan itu coba bagian dasar sangkar diberi karet pentil yang ditalikan bersilang-silang (jangan terlalu kencang). Kalau CI turun, dia akan segera naik lagi begitu menginjak karet yang dipentang bersilang itu. Hal itu bisa dilakukan selama 3 hari berturut-turut. Dan lakukan hal yang sama jika mau ditrek / diadu dengan CI lain.

Tetapi melakukan hal ini jangan didadak ketika akan lomba/ ditrek. Minimal ada “pengenalan” selama perawatan harian sehingga meskipun dia tidak berani turun karena menginjak karet, dia sudah tidak takut terhadap keberadaan karet sebagaimana ketika kali pertama dipasang.

Salam,

Duto Solo

About these ads

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

132 Comments on Ciri cucak ijo yang bagus

  1. om apakah cucak ijo trotol betna bisa njegrik n ngentrok

    Suka

  2. Ass om, numpang tanya ciri fisik CI tarakan secara spesifik kayak gimana. Atas perhatianya trima kasih. Wasslmkm

    Suka

  3. om klu cucak ijo klu diangkat kandangnya glabakan dan nabrak2 kandang sampai luka2 dekat matanya. padahal yang satunya tidak…(punya 2). gImana cara jinakinnya….

    Suka

  4. om tlg kasi suara cucak ijo mini donk., mksii…

    Suka

  5. Assalammualaikum om duto, sy punya cucak ijo mini lingkar mata kuning tp bagian lehr htmnya cuma setengah saja om yg sy mau tanyakan cucak ijo mini sy jantan atau betina mohon pencerahannya om terima ksh om

    Suka

    • redaksiomkicau // 30/01/2013 pukul 13:40 pukul 13:40 //

      jantan itu om.

      Suka

    • Terima kasih om atas pencerahannya

      Suka

    • jantan tuh bagus

      Suka

  6. Gan saya pengen CI yang asli banyuwangi super lagi hehehe, harga bakalan berapa ya? n burungnya bisa d transper ke jawabarat ga?

    Suka

  7. om ane pnya cak ijo katanya sih jantan bgian alis wrna kuning leher jga kuning tpi dalem kuning wrna hitam n paruhnya og agak putih,,,, itu jantan ap betina?

    Suka

    • redaksiomkicau // 13/01/2013 pukul 19:16 pukul 19:16 //

      jantan om, paruh tidak bisa jadi patokan.

      Suka

  8. Aku punya CI om beli bkalan dwasa.di tempel langsung bunyi.tp bulu di leher kok lama bgt tumbuhnya sejak saya beli.maksih om

    Suka

  9. cara perawatan ci yang baru dan masih semi(belum jinak)?

    Suka

  10. Salam kenal om. Saya punya CI anakan alis mata atas kuning,bawah putih. Saya bingung nih itu CI laki apa cewe. Tapi terKadang sesekali udah bunyi kalo di krodong. Mohon penjelasannya.
    Tromakasih omkicau.

    Suka

    • c.hijau betina juga bisa bunyi mass

      Suka

  11. Om aku hari ini mau nyari cucak hijau muda hutan??? Gimana om ciri2 cucak hijau muda hutan dari daerah jember/blora…? Sebelumnya matur sembah nuwun…? Salam tricuitcuit

    Suka

    • 0m ku beli cucak ijo muda tapi warna bulu dibawah paruh warnanya juga ijo apa iti betina

      Suka

  12. iqbal fajar ramadhan // 31/12/2011 pukul 11:12 pukul 11:12 //

    om saya mau merawat burung cucak ijo bahan, bagus’a cucak ijo dari mana ya om ?
    dan yk seperti ap ya om ??

    Suka

  13. Slam kenal,saya mau tanya saya punya ci,tapi ko enggah bisa gacor.makanan sudah bagus ef ful..tlo masukanya

    Suka

  14. Om kalau burung cucak ijo mini bagus gak

    Suka

  15. om burung CI saya kalau tarung cuma melompong gimana cara mengatasinya

    Suka

    • Coba simak dulu ya Om beberapa artikel di kategori tips dan referensi (http://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/)

      Suka

  16. robie souljack // 17/11/2011 pukul 16:45 pukul 16:45 //

    om kyk mana biar burung cucak ijo g stress n luka d kplanya??

    Suka

    • Dijauhkan dari keramaian dulu dan bisa dibantu dengan multivitamin, misalnya BirdVit, untuk mempercepat pemulihan dari kondisi stres.

      Suka

  17. Om,
    sy mw tanya cara mengatasi CI yg sering salto .padahal dah tembuz suaranya,tlng solusinya. . . .tks

    Suka

  18. om CI syah mkn lm mkn abrug2an, pdhal tiap hri dipandi’in trs diksh jangkrik jg, 2 kali 1 hri 2×2=4jangkrik

    Suka

    • Tambah porsi jangkriknya Om, bisa 4 pagi 4 sore, pastikan tidak kutuan, pastikan tidak cacingan, dan kecukupan vitamin serta mineralnya.

      Suka

    • saya sudah lama punya CI, CI mau bunyi saat lomba Tapi Gak Ngetrok Gimana Caranya Agar CI saya Ngetrok Saat Lomba pakan EF sudah diberi jangkrik sama ulat hongkong tapi masih belum mau ngetrok juga, tolong solusinya om…………….

      Suka

  19. kLw cucak ijo aq dah cukup usia om_ tp kLw ditrek ko’ cuma melet2 aj__ gmN om solusinya__

    Suka

    • Biasanya masalah mental Om, coba dilatih terus saja dulu Om.

      Suka

  20. Warna putih di bagian mana ya? Bisa jadi kelainan sebagaimana ada AM yang ada warna putih di bulu terbang-nya.

    Suka

  21. ardi kristanto // 20/07/2011 pukul 16:45 pukul 16:45 //

    om saya kemaren liat – liat burung di pasar, akhirnya saya tertarik pngen pelihara burung cucak ijo, ciri2 cucak ijo yang bagus bagaimana ya om?? kalau tangkapan dari hutan lebih baik beli yang tua apa yang masih muda? trimakasih

    Suka

  22. om mw nanya nih,ci pu ya saya i2 kl posisi drumah udah kyk siap tarung.

    tp kl pas dlapangan kok mlempem ya??
    jaadi i2 diem,trs kl pas dtiup mangap trs kayak ngeball gt.ap tandanya dy g mw tarung at emang lg birahi.posisi burung baru sekali nyulam.

    Suka

1 2 3 4

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 159.600 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: