Perawatan kacer mabung

Om gimana cara merawat kacer pada saat sebelum mabung dan saat mabung dan kira2 berapa lama proses untuk kacer mabung?.  Trimmmsss……bwat infonya

Paunks

Jawab:

Perawatan untuk kacer ketika tanda-tanda mau mabung sudah kelihatan (bulu2 kecil mulai berjatuhan satu-dua) lakukan saja treatment mabung secara ekstrem agar mabung sempurna:
1. Full kerodong.
2. Ganti merk voer (ganti voer 521 pakan ayam jig bagus untuk mempercepat rontok).
3. Tembak kroto sehari sesendok makan (kalau untuk harian, kacer tidak perlu dikroto. Pemberian kroto dihentikan setelah bulu lama rontok semua).
4. Nggak dimandikan, nggak dijemur.
5. Nggak usah dibersihkan kotorannya selama tidak berjamur.
6. Taburi dulu bagian dasar sangkar dengan kapur setebal sekitar 2 mm merata; kemudian di lapisan atasnya taburi lagi dengan dedak/katul setebal sekitar 1 cm juga merata.

Proses mabung kacer lebih cepat ketimbang MB misalnya. Mulai bulu rontok sampai bulu pulith kembali sekitar 2 bulan. Setelah bulu pulih semua, baru burung dimandikan dan jemur secara bertahap. Baru sekitar 1 bulan setelah bulu lengkap, yakni setelah melalui proses penjemuran dsb, kacer bisa ditampilkan/ditrek dengan kacer lain.
Oke?

Tanya:

Saya mau tanya lagi neh Om….Duto :
1. Kacer ngurak/mabung belum tuntas maksudnya  bagaimana ?
2. Cara mengatasi kacer yang ngurak/mabung belum tuntas ?
3. Cara merawat kacer yang sudah melalui masa   ngurak/mabung agar kondisinya fit kembali ?
3. Cendet biar ga suka salto diapain soalnya bunyi selalu diimbangi dengan gaya saltonya?
4. Klo boleh nambahin om.. info tentang seputar kacer tolong ditambah ya… biar seru….

Thanks…..
Salam Kenal Paunks

Jawab:

1. Kacer mabung belum tuntas itu artinya bisa jadi bulu baru sudah komplit, tetapi masih ada bulu-bulu kecil yang tertutup lapisan tanduk. Itu artinya ada bulu yang belum mecah/terbuka secara sempurna.
Biasanya ini terlihat di bagian kepala, leher, dekat paruh dsb.
2. Ya masih terus dilanjutkan terapi mabungnya.
3. Mandikan dan jemur rutin secara bertahap. Untuk mandi, minimal sehari sekali. Untuk penjemuran jangan lama-lama pada tahap awal. Misalnya, pada hari pertama sampai hari ketiga mulai jam 7 sampai jam 8. Hari ke-4 sd. ke-7 sampai jam 9. Hari ke-8 dan seterusnya sampai jam 10.
4. Kalau pentet suka salto, maka itu sudah menjadi karakternya. Sulit dihilangkan. Untuk menguranginya, pakai kandang kotak (panjang-lebar sama; tinggi standar) bukan yang bentuk bata (panjang-lebar berbeda).
Selain itu tangkrigan dibuat dua, saling melintang atas bawah.
Cuma, kalao sudah terbiasa salto, kalau dia tidak ada tempat untuk bersalto, maka power suara/kegacorannya bisa berkurang.
5. Saya usahakan ya.

Salam,
Duto Solo

TULISAN TERKAIT:

  • Mengapa metionin dan sistin perlu diberikan selama burung molting?
  • Menangani AK mabung
  • Agar Anis merah bunyi sehabis mabung
  • Agar branjangan cepat bunyi setelah mabung
  • Kacer susah mabung
  • Bulu patah pada burung saat mabung
  • A-Q Molting, mabung, ngurak, nyulam pada burung
  • Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

    diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

    Navigasi Utama:

    Tentang iklan-iklan ini

    There are 40 comments

    1. jonathan

      sore om duto , saya mau tanya nih seputer kacer , kacer saya gerabakan , cara jinakin nya gimana ya om duto ?
      kacer saya bunyinya ,mau2 ngak2 , klo di liatin langsung diam , gimana caranya biar di lihat tetap bunyi n mental nya biar bagus , caranya gimana ya om? salam KM

    2. Fredy

      lam kenal Om.. new bie juga nih dalam dunia burung berkicau. Berdasar pernyataan Om diatas, kacer apakah memang gak perlu kroto?? gimana kalau ulat kandang dan ulat hongkong??
      kalau menurut om, makanan apa yg paling tokcer tuk bikin si kacer jadi gacor??

    3. INDRA

      Halu…saya mau tanya ….gmn caranya kacer putih yang aq punyai jadi bisa berkicau padahal warna dadanya udah ptih walaupum agak sedikit trotolan….masa sampai saat ini belum mau mengeluarkan suaranya….masa ada sich kacer bisu……jadi sebel nich….

      1. Om Kicau

        Kacer putih, maksudnya seperti apa sih Om. Hahaha…ya siapa suruh belu burung bakalan Om….hehe just kidding. Ya sabar Om, kan perlu rawatan dulu secara baik dan benar, jinak, mapan, baru dia mau bunyi.

    4. gandung

      om duto saya mau tanya gimana cara mengatasi kacer yang susah ngurak sampai dengan beberapa bulan masih belum ngurak padahal bulu2nya sudah tua dan rusak semua
      makasih om duto

    Komentar ditutup.