Perawatan kacer President milik Om Fitri BKS: Ada topi putih di dasar sangkar!

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Dalam even Piala Raja di Jogja, Minggu (7/9) lalu, kelas kacer memang didominasi Rincong Aceh milik M Khadafi (Raden Intan SF Lampung). Tetapi ada beberapa kacer hebat di arena akbar tersebut, termasuk kacer President milik H Fitri BKS Samarinda.

Kacer President
President, salah satu kacer andalan di Kaltim, dan juara 4 Piala Raja.

Kacer President masuk empat besar di Kelas Pariwisata A yang dimenangi Adipati milik Mr Deko, juga dari Samarinda. Sehari-hari, kacer ini dirawat kolega Om Fitri di Samarinda, yaitu H Onny.

Saat berlaga di Piala Raja, Om Onny mengawal langsung kacer President. Melihat persaingan kacer-kacer terbaik nasional yang begitu ketat, Om Onny mengaku senang dan puas President bisa masuk empat besar.

“Saya baru kali ini diajak Bos Fitri mengikuti lomba di luar Kalimantan. Nggak nyangka bisa mendapatkan dua bendera koncer C. Lumayan, nggak malu-maluin kacer polesan saya,” kata Om Onny.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Saat tampil di Piala Raja, kacer President hanya memakai sangkar kosan harian saja, adapun lawan-lawan yang dihadapi umumnya memakai sangkar yang bagus-bagus. Tetapi President sudah memberikan bukti berupa prestasi, bukan sekadar harapan.

Ditemui Om Kicau saat berada di pedoknya, Om Onny menceritakan ihwal kacer prospektif ini. Kacer President awalnya milik rekan Om Onny, yaitu Hery Bambe (Gresik), lantas dibeli Om Fitri tahun 2013.

H Onny dan kawan-kawan
Dari kiri: Heri Bambe, H Onny, dan Mr Aban.

“Karakternya memang unik. Tenaganya makin lama makin  joss, seperti diesel. Jadi apabila berlomba harus turun lebih dari satu kelas. Jika sesi pertama kurang nggreget, biasanya saya  beri tiga ekor ulat hongkong. Saat main di sesi kedua, penampilannya langsung berubah jadi josss,” jelas Om Onny.

Dengan gayanya yang jeglek dan buka ekor kalau mau nampil, serta bukaan paruh yang lebar, suaranya terdengar loss.  Juri yang menilai pasti mendengar secara jelas apa yang dilagukan kacer President.

Sejak Juli hingga September ini, prestasi President terus mengkilap, setidaknya dalam kontes di Kalimantan Timur. Beberapa even belum lama ini dijuarainya antara lain KNPI Bersatu di Balikpapan, Sanga-Sanga Cup, Polder Air Hitam Samarinda, dan puncaknya terjadi di Piala Raja 2014.

Karena sering menang di Kalimantan Timur, banyak kicaumania yang tahu persis bagaimana kinerja kacer President di lapangan.

Perawatan harian kacer President

Om Onny dan Om Fitri BKS
Om Onny (kanan) dan Om Fitri BKS Samarinda.

Kacer President sehari-hari dirawat di rumah Om Onny. Karena bekerja, Om Onny tak dapat memandikan burung di pagi hari. Jadi, burung cukup dijemur mulai pukul 06.30 hingga 08.30, sambil diberi 7 ekor jangkrik.

“Habis dijemur, saya anginkan sebentar, kemudian dikerodong sampai sore. Saat pulang kerja di sore hari, kerodong langsung saya buka,” ujarnya.

Burung lalu dimandikan dalam karamba mandi. Habis itu kembali dianginkan dan diberi lagi 7 ekor jangkrik. “Sudah begitu saja. Simpel bukan?”

Perawatan lomba kacer President

Untuk perawatan lomba, kebetulan Om Kicau melihat sendiri saat Om Onny merawat kacer President di pedok sebelum digantang dalam even Piala Raja.

Sebelum digantang, kacer President juga diberi 7 ekor ekor jangkrik. “Apabila burung mau makan jangkrik sampai habis, itu pertanda bakal mau kerja di lapangan,” kata Om Onny.

Sekitar satu sesi sebelum lomba dimulai, kerodong dibuka dulu, kemudian dipancing dengan siulan dari mainan bambu yang biasa dibunyikan anak-anak, agar birahinya tidak memuncak.

“Kalau di rumah, anak saya sering menggodanya dengan peluit. Jika mendengar suara peluit, kacer Presiden pasti akan menyahutinya sambil nyerecet-nyerecet,” jelasnya.

Ada trik menarik dari Om Onny untuk mengakali kacer agar tidak turun ke dasar sangkar. Entah dari mana idenya, dia meletakkan topi putih di dasar sangkar saat lomba. Hasilnya, burung tak pernah turun lagi ke bawah, dan terus nancep serta nagen duduk di atas tangkringan.

Wah, unik juga ya? Kalau Anda punya kacer dengan kebiasaan sering turun ke dasar sangkar, boleh juga dicoba tuh trik Om Onny. Alternatif lain, tebarkan bola-bola warna-warni di dasar sangkar, seperti yang diterapkan pada kacer Hipnotis milik Om Bambang Honda (Bojonegoro).

( baca juga Video setelan kacer Hipnotis jelang lomba )

Jika tidak ada halangan, kacer President siap turun lagi dalam even BBS Cup 1 di Balikpapan, Minggu (14/9) mendatang. “Semoga burungnya mau kerja dan tampil maksimal lagi,” tandas Om Onny. (v1rgoboy)

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.