Kenari dan umbaran

Mas Duto kenapa KN usia 3-4 bulan dikurangi porsi umbarannya? tadinya saya mau pindahin KN saya ke kandang CR, sekalian buat kandang umbaran.
fungsi kroto pada KN hanya untuk ngerontokin bulu atau apa?
ada gak sih makanan yang bisa bikin KN cepet bunyi/gacor?

Jawab:
Jika sampai umur 3-4 bulan sudah selalu diumbar, itu sudah cukup untuk membuat otot-otot kenari berkembang maksimal.

Mulai usia itu, sebaiknya dikurangi umbarannya. Kenari atau burung apa saja yang terlalu banyak umbarannya, tarungnya malah nggak stabil. Kadang bagus tetapi malah banyak jeleknya, atau banyak loncat-loncat kesana kemari kalau ditarungkan.

Untuk treatmen agar burung fit dan sehat cukup dengan pengaturan pola makan, mandi dan jemur yang baik saja.

Coba simak kembali tulisan saya tentang “Kunci Utama Perawatan Burung” dan “Stop Pakan Sebelum Kenyang”. Atau juga “8 dari 10 Jawara tidak memerlukan umbaran”.

Salam, Duto

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

About these ads

There are 19 comments

  1. TRI M

    OM,,,,tolong saran nya..saya py kenari.skrg bru sakit badan nya, (sempoyongan,,,kayak org mabuk,,,berdiri ditengkrengan kadang2 tdk kuat trus jatuh,,,nafas nya ngos2 san,,,sudah 10 hari…kira 2 sakit apaya,,,&obatnya apa om!(blm mati ,msh bertahan)

  2. TEGUH

    om saya pemula saya punya burung kenari tapi kakinya bengkak dijarinya dua2nya lagi napa yaa?? trus obatnya apa kenari kalo dikasih sayuran yang mo dimakan cuma timun doang sawi ama oyong kok gak seneng…napa yaa

  3. Remy

    Mas Afif, kenari saya juga kemarin ini mengalami hal yang sama, selama sebulan nafasnya berisik, setiap malam hari badannya bergoyang hebat ngikutin ritme nafas… vitamin dan antibiotik untuk unggas gagal… Saya sempet putus asa, terakhir saya nekad ngasih 0,5 cc madu murni tiap malam… maksudnya biar nggak cepet mati, eh 4 hari kemudian malah sembuh…
    Selamat mencoba…

  4. afif

    salam kenal om,ini om saya punya masalah pada kenari saya ,kenari saya sakit di pernafasannya suaranya kayak orang ngorok gitu trus saya obati pakek super n,tapi kok belum sembuh-sembuh,solusinya gimana om.trima kasih.

    1. Om Kicau

      Super N setahu saya lebih seperti multivitamin. Coba minumannya pakai penyegar rasa orange dan sayurnya pakai daun mengkudu muda. Kalau mau diobati pakai saja obat nafas yang bisa dicari di petshop. Saya ada merk impor tertentu cuma takut dikira promosi (lha ybs juga enggak pasang iklan kok ya hehehe). Coba segera ke petshop yang sediaan obatnya komplit. Jangan pakai multivitamin tetapi antibiotik.

  5. suki

    salam kenal om duta saya punya kenari warna hijau pernah juara 2 tapi sekarang lagi mabung sudah 4 minggu belum selesai tetap masih ada yang rontok biasanya kenari yang lain udah selesai ,minta saran atau perawatanya dimana biar cepat tntas dan biasanya kl kenari mabung berapa lama om ? makannya apa ?
    terima kasih
    sk wonogiri

    1. Om Kicau

      Om Suki
      Biasanya 1,5 sampai 2 bulan bulu sudah pulih lagi (sudah mulai rekondisi). Jangan dijemur2 dulu. Pakan biasa saja.
      Jangan pernah diberi suplemen macam2 ya Om, biasanya efek jangka panjangnya tidak bagus.

  6. vansa

    salam kenal om… saya barusan gabung disini….
    begini om kenapa yaa kenari saya ketika di trek gak begitu mau bunyi, bunyi hanya sekali atau dua kali, padahal bila sendiri atau hanya denger suara kenari lain gacornya minta ampun, apa kenari saya itu memang gak ada mental tarungnya ? dan bagaimana solusinya biar kenari saya biala di trek mau ngotot. terima kasih sebelumnya om….

    1. Om Kicau

      Om vansa
      Ya, menurut saya karena masalah mental. Mental tarung utamanya dipengaruhi usia. Semakin usia nambah, mental biasanya semakin bagus. Santai saja Om, dipiara yang baik saja dulu.

  7. teguh bw

    siang om..
    tanya soal kenari untuk dimasteri cepatan af apa f1. apakah warna mempengaruhi masuknya masteran. gimana cara memaster agar cepat menirukan masterannya, apakah masteran dilihatkan KN atau disembunyikan. maturnuwun…

    Jawab:
    Pemasteran sama saja untuk masalah bisa masuknya. Warna tidak berpengaruh ke masalah pemasteran.
    Untuk pemasteran kenari, boleh saling lihat tetapi lebih bagus nggak saling lihat khususnya untu kenari muda agar tidak jatih mental duluan.

  8. agus

    selamat pagi om…… saya mau tanya cara untuk membuat suara kenari jadi panjang dan volumenya jadi lebih keras? apakah faktor itu sudah bawaan atau masih bisa ditingkatkan dengan dilatih? kalo bisa ditingkatkan tolong kasih tip dan ulasannya ya om…thanks..

    Jawab:
    Volume nggak bisa ditingkatkan Om. Sedangkan soal panjang pendek ngerolnya, tergantung dari kondisi fisik dan mental. Nah soal panjang pendek lagu, tergantung pemasteran.
    Ngerol = membawakan satu lagu tertentu dengan cara berulang dan cepat.
    Lagu = satu rangkaian nada tertentu yang dinyanyikan burung. Misalnya terrrrr….cing cing cing..crek..crek..crek..
    tuiirrr…ting…ting… ting… ting…tiung-tiung….cek…cek…

  9. bayu gunawan

    siang om..
    om saya baru belajar ternak KN. Waktu KN saya bertelur saya langsung ambil KN jantan nya, trus ga lama kemudian KN betina malah makan telur nya sendiri?
    soal nya kata orang setelah betina bertelur ambil jantan nya. apa benar om? mohon sarannya ya om.
    Dan mohon maaf kalau saya banyak nanya.

    Jawab:
    Soal makan telur sendiri itu bukan karena diambil jantan atau betinanya. Biasanya, ada burung makan telur sendiri itu karena ada gangguan yang datang dari luar atau memang sebenarnya telur itu belum berisi (belum dibuahi).
    Kalau sudah nelor dan ngeram, jantan diambil nggak masalah kok.

  10. hadi

    malam om duto,
    saya baru dapet kenari,umur (katanya masih muda;soale suarane masih pelan)
    saya baru di kenari,yang mau saya tanyakan
    1. masih bisa dimasukan kandang umbaran apa gak ya,bok jadi banyak gerak,kalau iya seminggu berapa kali?
    2. agar ngotot ef-nya apa
    3. sayur+buah apa mutlak harus selang seling ya?
    4. kalau baru satu kali mabung isiannya bisa hilang apa gak ya om
    trims bnyk om,
    oya ini dpt dr pnngkr di krtsuro,kmren di bwain mas-ku,
    salam

    Jawab:

    1. Kalau masih mudaj perlu sehingga otot2 berkembang sempurna. Kalau sudah menginjak remaja nggak perlu. Diletakkan d kandang yang agak besar saja.
    2. Ef untuk kenari muda tetap kroto bartang 20 biji (yang lembut) Tiga hari sekali, beri 1 telor puyuh rebus.
    3. Tidak mutlak selang-seling. Yang penting selalu tersedia saja Om.
    4. Isian kenari bisa hilang sewaktu kenari ngurak dan mendengar suara burung KN suara standard meski sudah ngurak misalnya sampai sudah 2 kali.
    Untuk mrmpertahankannya, ketika mabung ditempatkan /ditempel dengan suara masterannya. Tetapi cara demikian tetap pecuma jika KN pernah mendengar lagu kenari "lain" dalam waktu lama atau terlalu banyak dikumpulkan dengan kenari suara/ lagu standard.

  11. bayu gunawan

    om saya mau nanya bogena tuh semacam apa? apa itu obat atau sejenis makanan. maklum om saya masih pemula. o iya satu lagi, kalau untuk buat badan kenari langsing tuch gimana ya om?.

    Jawab:
    Bogena itu merek dagang obat2an/vitamin untuk kenari.
    Untuk membuat kenari langsing banyak dijemur dan mandinya. Coba lihat dan klik di sini.

  12. bayu gunawan

    om maksud saya kenari saya kalau di kontesin nabrag-nabrag kandang trus dan ke bawah. tolong ya om kasih penjelasan?

    Jawab:
    Apakah seperti model mau ngejar musuh? Setelah mepet sangkar langsung bergaya ""jatuhan" ke bawah? Cona diterapi birahu denganb mentimun juga. Sudah saya tulis di beberapa postingan. Kalau mentok dan tidak bisa diatasi, coba gunakan trik di sini ini.

  13. bayu gunawan

    hai om…
    om saya mau nanya, saya di rumah punya burung kenari warna nya kuning. yang jadi masalah kenapa ya kenari saya kalau barengin ama kenari temen-temen selalu nempel trus ke kandang. pada hal saya udah beli kenari betina, soal nya kata temen saya jodohin aja. tapi ga ada perubahan sama sekali.
    saya minta saran nya ma om duto.

    Jawab:
    Nempel terus di kandang bagaimana ta Om maksudnya?
    Tolong deh lebih jelas ya, saya tunggu.

  14. sahrul

    om saya pemula pecinta kenari, sekitar 2 minggu yang lalu saya beli kenari, kata yang jual seh jantan semua,,, tapi yah namanya orang jual kadang benar kadang ngga,,,yang saya mau tanyakan apakah kenari usia 1-2 bulan bisa bunyi dan bagimana bunyi antara jantan dan betinya, n bagai mana biar cepat bunyi..
    Jawab:
    Usia 1-2 bulan baru ngriwik/ngreceki saja. Usia segitu, untuk yang jantan biasanya siudah ngriwik. Tetapi ada njuga betina anakan yang juga ngriwik. Bunyi jantan dan bertina kalau ngriwik sama saja. Hanya saja kalaupun ada betina yang ngriwik, suaranya pelan, terputus-putus, dan tidak sesering jantan.
    Untuk referensi mengenai memilih kenari, coba baca di sini dan di sini
    Salam,
    Duto Solo.

Komentar ditutup.