Prospek MB ganas…

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Salam kenal Om Duto,
Ada yg mau saya tanyakan dengan MB saya. MB saya ini pernah diposting di KM dengan nama ‘Ken Arok’ dg body agak kecil dan ekor yg cukup panjang, umur : 2-3 tahunan. Sy tertarik dg MB ini disamping ekornya jg pada saat digodain dengan kerodong dikebut2kan ke kandang keluar kicauannya. Menurut saya itu pertanda mentalnya lumayan. Suatu saat tanpa persiapan MB tsb saya coba dibawa kelomba dan hasilnya kurang memuaskan: mau kerja tetapi kurang ngotot dan terlalu galak (sering nempel di sangkar). Setelah itu gak pernah lg dibawa ke latber atau lomba krn setiap di trek dg 1 atau 2 MB selalu kurang ngotot dan terlalu galak.


Perawatan pemilik lama : jangkrik 2ekor-2ekor dr pagi sampai sore hingga 10 ekor.
Perawatan oleh saya : jangkrik p/s 5/5, kroto seminggu 2 kl kalau ada. Jemur hampir setiap hari sampai jam 9. Sekarang jangkrik saya kurangi p/s 4/3.
Pertanyaannya :
1. MB saya kurang birahi atau terlalu birahi ?
2. Kenapa ada kondisi yg kontradiktif : di satu sisi tidak ngotot, tp disisi lain terlalu galak ?
3. Apa sebaiknya yg harus saya lakukan agar MB mau ngotot tetapi tidak galak ?
4. Apakah MB saya masih ada harapan u moncer walaupun di latber ?
Tambahan : pernah sekali MB kelihatan agak ngotot (ngepley dan keluar tembakan) tp tidak terlalu lama.

Sebelumnya tks atas waktu dan jawaban Om Duto.

Salam,
GOEN

Jawab:

Maaf karena ada kerusakan di tampilan blog maka jawabannya terlambat.
Sebenarnya soal MB giras pernah saya kupas pula di web kicaumania. Bedanya, yang saya kupas saat itu adalah soal “galaknya”. Sebab MB yang dibicakan tersebut kebetulan juga mau tampil ngotot.
Dengan demikian, kalau masalah ngototnya, sebenarnya mudah treatmennya, ya misalnya dengan menambah EF-nya. Celakanya, hal itu malah berdampak pada “kegalakan” sepak terjangnya yang selalu nabrak2 sangkar seakan mau menerjang lawan secara langsung.
Jadi, ada dilema untuk menghadapi MB Anda.
Dulu MB yang dibahas adalah milik kawan Ali Hendro. Dia mengeluh soal MBnya yang juga ganas. Sebelum saya menjelaskan masalah MB itu, saya mengatakan bahwa memang tidak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini. Begitu juga dengan burung peliharaan. Ada saja plus minusnya.
Begitu juga dengan Om Goen, sebaiknya tidak terlalu penasaran bahwa pada akhirnya, meski setelah melewati perjuangan berat “menyempurnakan” penampilan MB, tidak kunjung juga MB itu menunjukkan performa yang diharapkan.
Saya mengatakan hal ini memang berdasarkan pengalaman para kicaumania dan pengalaman sendiri. Saya yakin, Anda pasti sudah melakukan berbagai macam treatment untuk membuat MB Anda itu tidak terlalu over-acting, ya kan? Tetapi ya apa daya kalau hingga saat ini belum ketemu resep yang jitu. Dengan demikian, saya tidak akan memberikan tips2 tertentu untuk membuat MB Anda jadi berpenampilan anteng. Mulai soal pakan dan EFnya, pengubahan model tangkringan, semprot dulu sebelum lomba, dikawinkan dengan betina dll pasti sudah Anda coba, atau paling tidak pernah Anda pikirkan.
Itulah yang terjadi dengan MB saya dulu, Atlas namanya, yang sekarang sudah pindah pemilik ke tangan Om Reggy Jakarta. Dulu, saya beli Atlas karena suara dan penampilannya yang bagus. Di ajang lomba di Solo, dia pernah menyabet juara 1 dengan lawan2 yang nggak enteng. Di Pekalongan, Piala Batik (?, lupa saya) dengan lawan2 kelas nasional (Suzuki Team saat itu jadi juara umum) Atlas bisa bertengger di nomor 7.
Soal suara, Atlas termasuk dahsyat. Varasi lagunya banyak, keras memekakkan telinga lagi. Ketika menyabet juara 1, di tampil dengan aksi gerak tubuh yang over-acting. Hinggap sana-hinggap sini. Naik-turun, nyamping kanan-kiri, semau sendiri. Kalau bisa, seakan-akan dia mau menjebol sangkar untuk melabrak lawan. Aksi lebih gila lagi ketika tarung di Pekalangon. Toh demikian dia tetap tampil sebagai juara meski nomor besar.
Ketika ke Solo, Pak Reggy pun jatuh cinta mendengar teriakan Atlas. Maka diboyonglah Atlas ke Jakarta. Pada event apa, saya lupa (Pak Reggy ingat pasti), dia bisa masuk 10 besar. Pada event2 berikut, masih tetap mendapat nilai penuh untuk sejumlah juri. Tapi yang membuat Pak Reggy senewen ya tingkahnya yang keterlaluan itulah.
Maka, berbagai treatment pun dilakukan. Nyaris setiap hari kita diskusi soal itu, dan Pak Reggy melakukan hal2 yang memang dianggap perlu untuk membuat Atlas tidak banyak tingkah. Tetapi pada akhirnya… belum juga ketemu (”belum”…ya …bukan “tidak”) karena memang masih terus diusahakan.
Nah, jadi saya tidak akan berpanjang kata. Itulah cerita soal MB ganazzzzzz.
Intinya, membuat burung yang sempurna dalam segala hal memang tidak mungkin. tetapi kita perlu berusaha untuk menjadikan burung kita mendekati kesempurnaan.
Demikian pula halnya saya, secara jujur, saya akui tidak bisa memberikan tips jitu untuk MB Anda. Tetapi tetaplah diusahakan, dengan berbagai cara. Itulah seninya memelihara burung, tetapi jangan kemudian menjadi beban pikiran. Santai…. begitu loh.
Kalau soal prospek ke depannya, maka saya menyarankan ketimbang Anda stres tidak juga menemukan resepnya, maka peliharalah MB itu tanpa berpikir untuk lomba segala. Kalau pengin burung untuk lomba, ya hunting saja lagi. Jangan habiskan energi untuk burung yang memang sulit ditangani.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Salam,
Duto Solo

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

10 Comments

  1. pa kbr om duto.saya punya MB yg tiap pagi slalu gacoor dan kl siang pasti griwik tapi pas waktu saya ganti sangkar si MB saya kok gak perna tenang(nabrak sangkar)dan terus gak perna gacoor lagi, apa yang harus saya perbuat. makasi ya atas saranya OM DUTO

    • Ya namanya belum biasa Om. Kadang ada burung yang sulit (lama) menyesuaiakan dengan kandang baru, ada yang cepat. Selama nabrak2nya nggak bikin burung rusak nggak apa2 Om nanti terbiasa.

  2. Mlm om duto, saya ada MB yg tdk bisa mabung padahal bukunya sudah jelek. Mb ini sdh beberapa x saya bawa ke latber dgn beberapa setelan tetapi tidak mau ngotot jg. Setingan terakhir H-1 saya genjot jangkrik s/d 40 ekor tapi ttap saja burung tdk mau ngotot pertanyaannya
    1. Apakah memang sudah karakter burung tersebut?
    2. Apakah faktor tidak bisa mabung?
    3. Sepertinya mb ini oleh pemilik lama dikasih terlalu banyak doping, apakah bisa tampil lg om duto jika terlalu banyak doping sebelumnya?
    Setingan harian jangkrik 5/5, kroto 1 sdm. Terima kasih banyak om duto?

    • Istirahatkan sampai mabung berikut. Jangan stress ditambah stress, nanti yang punya ikut2an stress. Hayo…piara burung jangan main paksa. Nanti (meski lama) ada kemungkinan pulih.

      • Makasih banyak om duto, saya tunggu dah ampe mabung, sebenarnya kmarin dah mau di lego, tapi pikir sayang jg soalnya vol dan tembakan ok banget, kalo mb cucuknya miring krn kepanjangan x ya om duto dan tdk kena asah ya.

  3. salam kenal om duto

    om…..sy punya MB medan ekor panjang lurus, umur kira2 2,5 th, MB sy tergolong tipe nembak2…, tp knp kok waktu nembang jarang sekali dibarengi ngeply….cma ngeroll nembak sesekali ngeply tp unk suara makkyooss om…..untuk EF p/s 10/10 kroto 1sdk teh (karena murai sy kurang suka ma croto) n MB sy jg ga kuat panas, baru djemur setenga jam udah mangap2…..! gmana solusinya nich om…PLEASE? apa perlu kandang umbar……klo perlu ukuran idealnya brapa…? ato ada solusi yg laen…? THANKS ALOT OM………

  4. Salam kenal Om Duto………..

    Begini om ane baru beli MB hasil tangkapan dari pasar burung di malang . kata penjual sih dari aceh , belum makan voer , kondisinya sehat lincah ,bulu bagus, mata tajam , trus saya bawa pulang ke gempol om………saya masukan sangkar…….baru satu menit tu MB bunyi om 3-5 kali(senang nya OM….)tapi sekarang (baru 2 hari)jarang sekali om. Kata penjual untuk seminggu ini dikasih BR trus diatasnya baru kroto 2 sendok biar mau ama vor. yang mau tanyakan , apakah emang sudah betul caranya ato perlu cara yang lain? mohon pencerahannya Om….maaf baru kali ini pelihara MB, Matur nuwun sak derenge……….

  5. pagi om..kmrn sy maen kermh tmn..dia py mb msh muda,kt tmn sy mb tsb nda pernah diem selalu bunyi p/s/m(kalo lampu nyala), pernah dicoba dgn 5 mb dan mau kerja hanya saja terlalu agresif, nda anteng dipangkringan..volume,irama lagu busssyeet tembakan tok dikeluarkan pjg2 om..buka ekor loh om kaya kacer. kondisi skrg body sedang,ekor pendek, mulut bercelah pertanyaanya : 1. apakah mb tsb tingkat agresifitasnya bs disembuhkan krn mungkin kondisi mb msh muda?
    2. apakah mb tsb prospek utk lomba?

    Jawab:
    Wah persoalan klasik ini Om. Untuk diskusinya pernah ada. Coba Om lihat di tulisan ini ya: https://omkicau.com/2009/01/16/prospek-mb-ganas/

  6. om kalau MB salto gi mana solusinya?

    Jawab:
    Untuk MB salto? Wah belum pernah saya nemui nih. Ya coba model tangkringannya diubah Om. Kalau tadinya model T, ganti dengan dua palang bersilangan. Atau sebaliknya. Dicoba2 saja dan Om yang nanti tahu ada pengaruhnya atau tidak.

Komentar ditutup.