A-Q Molting, mabung, ngurak, nyulam pada burung

Moulting atau molting artinya adalah rontok, berganti bulu atau meranggas.

Moulting/molting (burung) adalah proses bergantinya bulu tua secara periodik. Normalnya setahun sekali atau lebih dan dalam setahun bisa dua kali untuk species burung terentu.

ciblek mabung

CIblek mabung perlu perawatan khusus agar bisa tampil maksimal.

Kadangkala, istilah moulting diterjemahkan dengan berbagai istilah seperti ngurak, mabung, ambrol, nyulam dan sebagainya. Hanya saja ada perbedaan berdasar “asal kata” masing-masing istilah tersebut:

“Ngurak” digunakan untuk menyebut kondisi bulu burung yang sudah tidak beraturan (terorak-arik) dan mulai rontoknya bulu2 kecil.

Ambrol = bulu rontok semua atau proses bulu rontok semua.

Nyulam = Tumbuh bulu baru menggantikan bulu yang rontok tetapi secara keseluruhan bulu dalam kondisi bagus (tidak dalam kondisi ngurak).

Kosa kata yang sering muncul dalam proses “moulting” adalah mabung. Mabung ini adalah proses bulu2 tumbuh tetapi belum sempurna dan sebagian besar masih terbungkus seperti anak bambu yang mau tumbuh (rebung). Jadi kata mabung memang berasal dari kata “menyerupai rebung”.

Hanya saja secara umum kita sering menggunakan beberapa kosa kata itu secara berganti-ganti untuk menunjuk proses moulting. Padahal, kalau mendasari dari pembentukan kata-kata tersebut ataupun arti denotatifnya maka proses moulting (sempurna) adalah melalui tahapan sebagai berikut:

1. Ngurak

2. Ambrol

3. Mabung

Sedangkan istilah nyulam adalah pergantian bulu secara tidak sempurna.

Jenis-jenis burung tertentu, terutama jenis cucak-cucakan, jarang yang mengalami proses moulting sempurna (ngurak, ambrol dan mabung) dan biasanya hanya nyulam.

Inilah mengapa sebabnya cucakrowo yang ditangkar biasanya berproduksi terus-menerus bahkan tiap bulan (jika anakannya dipisahkan dan diloloh sendiri oleh penangkar). Sedangkan untuk anis kembang, murai batu, kenari atau jalak suren misalnya, mengalami berhenti produksi karena indukannya memasuki masa moulting.

Penanganan burung ngurak

Jika burung Anda memasuki masa ngurak coba lakukan terapi ngurak secara ekstrem berikut ini:

1. Full kerodong; dikerodong terus kecuali sedang diberi makan/minum.

2. Ganti merk voer.

3. Beri kroto. Untuk burung2 relatif besar seperti murai batu, kacer, anis merah, anis kembang , bisa minimal sesendok makan sehari. Untuk burung kenari, bisa sekitar setengah sendok teh. Untuk branjangan, bisa dua sendok teh.

4. Tidak dimandikan, tidak dijemur.

5. Tidak perlu dibersihkan kotorannya selama tidak berjamur.

6. Taburi dulu bagian dasar sangkar dengan kapur setebal sekitar 2 mm merata; kemudian di lapisan atasnya taburi lagi dengan dedak/katul setebal sekitar 1 cm juga merata.

Dedak

Dedak

Fungsi dedak: Untuk menghangatkan udara dalam sangkar tetapi terjaga kelembabannya (tidak terlalu kering). Karena lembab potensial sebagai tempat berkembang biak mikroba, maka kapur, yang selain menambah hangat juga bisa membunuh jamur atau mikroba lain (terutama karena full kerodong dan tdk dibersihkan kotorannya).

Udara hangat tetapi lembab sangat diperlukan untuk proses moulting. Bulu tua akan cepat rontok karena lapisan kulit luar yang menjepitnya membuka. Bulu muda akan sempurna tumbuhnya karena ujung bulu baru terbantu dalam memecah lapisan tanduk yang membungkusnya.

Tanya:

Mengapa tidak dijemur saja sembari dikerodong?

Jawab:

1. Udara dalam sangkar berkerodong, sangat panas juga kering. Udara kering di bawah sinar matahari akan menyebabkan lapisan tanduk pembungkus bulu baru mengering dan sulit pecah (menyebabkan bulu tumbuh tidak sempurna).

2. Konsentrasi O2 di udara kering di dalam sangkar yang berada di bawah terik matahari sangat tipis. Tidak sehat untuk makhluk hidup.

3. Suhu di dalam sangkar tidak terkontrol dan kalau mencapai 40 derajat C saja sudah cukup membuat burung megap-megap. Kalau Anda lupa, wassalam deh burung….

Terapi ini bisa untuk terapi mabung apa saja.

Tanya:

Kapur apakah yang dipakai?

Jawab:

Kapur yang digunakan adalah kapur yang biasa untuk makan sirih (kapur mati, bukan kapur aktif). Contoh kapur mati ya seperti kapur tulis ataupun kapur untuk makan sirih. Kalau kita beli kapur dari toko besi, biasanya adalah kapur aktif. Untuk “mematikan”-nya, beli saja kemudian ditempatkan ke wadah tahan panas. Setelah itu diberi air, maka kapur akan mendidih (awas, panas sekali). setelah berhenti mendidih, biarkan sampai dingin. Biarkan kemudian sampai mengering dan jadilah kapur mati. Hancurkan dan siap pakai.gak efek samping ke momongan kita setelah mabung?

Gunakan kapur yang biasa untuk makan sirih

Gunakan kapur yang biasa untuk makan sirih

Tanya:

Apakah tidak ada efek negatifnya?

Jawab:

Sejauh ini tidak ada.

Efek di luar itu malah yang harus diwaspadai, yakni jangan sampai kapur beterbangan. Berbahaya bagi mata kita.

Tanya:

Tapi momongan kita bisa hindarin juga gak ya?

Jawab:

Nah itulah mengapa sebabnya lapisan kapur harus ada di bawah. Dan di bagian atas dedak. Dedak harus di atas karena dia relatif tidak mudah beterbangan, sehingga berfungsi “menutup” kemungkinan kapur beterbangan. Kalaupun kapur bocor keluar, maka dia mengarah ke bawah dan keluar kandang. Karena sangkar dikerodong full, maka hal itu relatif cukup untuk melindungi burung kita.

Pengalaman selama ini, kalau kapur sudah ketutup dedak, biasanya dia tidak terserpih lagi seperti debu, tetapi partikelnya cenderung mengikat (lengket) satu sama lain.

Tanya:

Dikatakan bahwa saat melakukan perawatan tersebut burung full kerodong terus dan tidak mandi dan tidak jemur juga. Nah kira2 kapan kita sudahin perawatan ini dan boleh memandikan burung kembali ya? Apa sesudah bulu rontok semua ya?

Jawab:

Terapi mabung dilakukan sampai semua bulu burung di bagian tubuh selesai atau tuntas dan tidak ada lagi bulu tanduk (bulu yang masih terbungkus lapisan tanduk).

Tanya:

Aapa EF tetap kita berikan seperti biasanya saat perawatan ini? Terutama buat murai batu gimana ya?

Jawab:

Kalau mau lebih cepat rontok bulunya, ganti voernya dengan voer ayam yang proteinnya relatif lebih banyak ketimbang voer burung. Untuk MB, tambah juga porsi krotonya.

Voer dikembalikan lagi ke pakan semula ketika semua bulu sudah berganti baru dan tinggal menyempurnakan bulu2 yang sedang tumbuh itu. Porsi kroto dikembalikan lagi juga.

ADA TAMBAHAN TIP MEMABUNGKAN “SECARA PAKSA”…

Ini tulisan dari Om Gombest, kawan agroburung juga, dan kawan di KM. Tulisan itu dimuat di http://www.kicaumania.or.id:

Salam KM buat semuanya….

Maaf Om semuanya ..sekedar mau sharing aja tentang Trik membuat burung yg susah mabung agar BISA mabung secara total/ambrol & sehat pula..Mengingat seringkali banyak kita jumpai kendala susah mabung ataupun mabung namun tidak total.Dan sebagaimana kita tahu, bila seekor burung ga bisa mabung secara total, umumnya nanti pasca mabung, kebanyakan susah pula mencapai performa terbaiknya.

Adapun cara yg sy gunakan ini, sudah sy praktekkan sejak hampir 2thn yg lalu.Lalu setelah banyak terbukti pd burung2 yg dirumah.Baru sy beranikan diri utk menawarkan solusi ini bila ada kawan yg mempunyai kendala yg sama.

Caranya mudah koq, cukup campurkan SUSU BUBUK ( putih ) merk apa sj scukupnya ke dlm Voor/kroto pada burung yg akan diambrolkan, selama 2-3 hari atau sampai bener2 bisa kita pastikan bahwa burung tsb sdh mulai rutin ambrolnya ( biasanya maksimal 5-7hr sdh ambrol ).Bila sdh dominan ambrolnya, hentikan asupan SUSUnya.Hal ini baru bisa saya rekomendasikan ( krn uda dicoba ) utk burung yg punya kendala pada Rusak bulu/nyerit-susah ambrol-Ciak/patuk bulu.Jujur, sy belum pernah nyoba utk burung yg bulunya kondisi UTUH..

Adapun burung yg sdh sy jadikan obyeknya : MB-Kacer-TL & AM.Dan biasanya tumbuhnya bulu pasca MABUNG TOTAL ini, akan lbh awet masanya krn bulu tampak “Lebih Muda” bila dibandingkan dgn bulu pada burung yg mabung alami ( dalam sangkar ).Bahkan pada burung tertentu, warna bulunya akan lebih mengkilat spt pada MB & Kacer.

NB :# utk burung jenis LB bisa dioleskan pada Jagung bonggol.
# Burung pd masa ini, sebaiknya selalu dlm keadaan berkerodong
Wokey..selamat mencoba..Mohon maaf bila salah & mohon koreksinya…
Tengkiyu

TIPS OM KICAU:

Kalau masalah mabung memang menjadikan Anda pusing, maka selalu ingat, ada produk Om Kicau yang bisa membantu Anda mengurangi stress. Lihat di Produk Om Kicau.

Artikel Terkait soal Mabung

1. Produk terbaru: ATP, hormon, anti-snot, perontok dan penumbuh bulu

2. Anis merah macet pasca mabung dan perubahan gaya teler…

3. Rahasia Burung Jawara

4. Bagaimana menjadikan bulu burung berkilau?

5. Mengapa metionin dan sistin perlu diberikan selama burung molting?

6. Agar branjangan cepat bunyi setelah mabung

7. Kacer susah mabung

8. Perawatan kacer mabung

9.Bulu patah pada burung saat mabung

 

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 58 comments

  1. indra

    salam om duto
    sy dirumah ada kenari, 1bulan kemaren abis mabung kondisi bulu halus udah g da yg rontok tp bulunya masih morat marit+bulu lehernya gundul..eee tnyata kemaren pz KN mandi da lg blu halus yg jatuh. . .1 hari kemaren dirodong dari siang td pg buka krodong buat ngasi mnm, da bulu halus mbrodol lg. . . rawatan harian EF gambas, sawi digantian seadanya dirumah ada stok pa, apel jg terkadang. . .
    pertanyaannya:
    1. apakah ini yang disebut nyulam pada KN?
    2. KN lg proses ini menunya sy tambahin niger seed om 1jumput?
    menurut om duto gmn om share nya tq

    1. Om Kicau

      Om Indra
      Iya Om…untuk kenarinya…. Saat ini banyak sekali keluhan mengenai kondisi bulu mabung tidak sempurna juga nyulam terus menerus. Menurut saya, hal itu disebabkan oleh penggunaan multivitamin/suplemen yang tidak tepat.
      Suplemen bisa berpengaruh baik untuk suara dan sebagainya, tetapi seringkali suplemen yang tidak tepat, malah menimbulkan masalah di kemudian hari. Misalnya ya bulu ngurak tidak tuntas ataupun kalau rontok tidak tumbuh2 dsb….
      Untuk pakan nggak usah diberi nigerseed terlalu banyak. Bulu yang masih muda malah gampang rontok lagi.

  2. oyi

    porsi jangkrik, kroto plus pisang gimana untuk cucak ijo MB, apakah kroto tiap hari ? jangkrik tetap seperti biasa..? mohon pencerahan.

    Jawab:

    Untuk awal mabung kroto diperbanyak. Ketika mulai kelihatan banyak yang tumbuh, kroto dikurangi karena biasanya burung sudah enggan gerak dan bunyi sehingga kalau kebanyakan EF kegemukan. Jangkrik tetap saja, soalnya kalau untuk CI dikurangi jangkrik takutnya nanti setelah utuh kurang lahap makan jangkriknya. Padahal untuk CI perlu jangkrik banyak untuk bisa kerja ngentrok dan njambul nantinya.

  3. mamatrifai

    mamat_rifai mangatakan

    5 may 2009

    Salam kenal om Doto mau nanya C,ijo ku bulu halus nya rontok banyak, bukan bulu sayap dan ekor.bagimana penaganan nya om

  4. Chris Nias

    Om Duto, mau tanya nih..

    Apa langkah2 buat burung ngurak diatas bisa diterapkan buat MB yang gak tau apa udah waktu ngurak apa gak, tetapi bulunya sangat jelek , kusam, dan sedikit pecah2 agar mau ngurak n diseting kembali?

    Thanx…

    1. admin

      Pertanyaan Om Chris Nias:
      Om Duto, mau tanya nih..
      Apa langkah2 buat burung ngurak diatas bisa diterapkan buat MB yang gak tau apa udah waktu ngurak apa gak, tetapi bulunya sangat jelek , kusam, dan sedikit pecah2 agar mau ngurak n diseting kembali?
      Thanx…

      Jawab:
      Pada dasarnya “tidak”. Mengapa? Karena masa molting sebenarnya tidak bisa dipaksakan datangnya. Kalau sudah ada tanda2 molting, baru bisa diterapkan cara ekstrem agar sempurna masa moltingnya. Tunggu saja Om nggak usah tergesa-gesa. Saya ada MB di rumah, kondisi bulu rusak dan kusam berlangsung selama 7 bulan. Eh, syukur sekarang sudah memasuki masa mabung secara alami dan ketika itulah baru saya lakukan treatmen mabung secara ekstrem.

  5. Havidz

    Pindah disini to skr Om..
    MB saya mabung Om cb tak terapi kayak saran Om diatas, lha pas tak kasih makan jangkriknya jatuh kecampur dedak sm kapur tp tetep aja di makan sm si-MB, ada masalah gak Om kira2?
    sama satu lg temen baru dapat CR dah ngeplong cm agak giras, waktu dijemur jatuh lumayan tinggi, pangkal paruhnya luka skr sdh mulai kering, sdh seminggu lebih gak mau bunyi lg, ada solusi Om?

    Jawab:
    Soal jangkrik jatuh kemakan, nggak masalah Om… santai saja nggak usah kepikiran.
    Wah cukup lama untuk memulihkan kondisi stresnya Om. Bersabar dengan rawatan biasa tetapi agak disendirikan/dijauhkan dari keramaian. Begitu ya…

  6. andris

    pagi om Duto,
    saya kemarin lihat murai batu di arena lomba,
    murainya kok beda dgn yang lain ya om,
    burungnya ada beberapa garis putih yang serasi
    pada beberapa bagian,dan juga burung agak lebih besar
    itu burung murai batu mana ya Om?

    Jawab:
    Mangga untuk pertanyaan seputar burung, ditulis di <a href="http://www.agroburung.com” target=”_blank”>www.agroburung.com ya Om-om yang baik. Salam…

  7. Kendi

    Kalo burung kacer bulu buntutnya dicabutin ada pengaruhnya gak? Soalnya bulunya udh rusak..

    Jawab:
    Kalau memang mau nyabut hati-hati saja Om. Bagian pangkal ekor disirami air hangat dulu, biar kulit di pangkal bulu membuka (awas jangan air panas loh, hehehe).

  8. abi_dama

    Jumpa lagi om Duto Om nanya nih AMku hari jumat kmrn jatuhke bulu sayap 1 juga bulu halus,tpi minggu ga ada bulu jatuh smp tadi tak liat ga ada bulu jatuh lagi,kenapa ya OM?

    Jawab:
    Pantau saja hari2 terakhir ini. Bisa jadi rontoknya kalau hanya sehelai bulu kecil bukan karena mau mabung tetapi karena dipatuki akibat gatal dsb (cek juga kutuan apa enggak).

  9. Ilona V. Oisina Situ

    nuwun sewu om takon meneh sy punya 2 MB 1 lg mabung bulunya mosak masik dah 1 bln yg lalu trus sy ksh Growvit skrg br bulunya mulai copot yg halus maupun sayap klo ekor dah 2 minggu lalu lepas 3 bulu dan kyknya dah tumbuh pss dikrodong trs siang disemprot krodong lg pss bsh metode tsbt bnr g? trs kira2 mulai mulus lg bth wkt brp lm lg?
    trus yg 1 MB sy sgt gacor tp klo di kontesin dia terbang2 ky branjangan gmn cara mengatasinya? mandi jemur tiap hari pg+sore porsi jangkrik dr 5-5 dah dikurangi jd 3-3 PY OM YO SPY TAMPIL TOP? Suwun bgt.

    JawaB:
    1. Ya salah banget itu Om, coba deh cermati apa yang saya tulis dalam postingan mengenai ngurak/mabung di atas. Masa mabung adalah masa yang paling rawan. Salah dalam penanganan, maka burung bakal bermasalah terus-menerus. Percaya deh…
    2. Kalau itu sih masalah mental Om. Belum berani tamnpil di hadapan banyak orang/keramaian. Bisa jadi sangat pemberani di rumah dan gacor uwor2, tetapi begitu banyak orang selalu saja blingsatan dan pengin terbang2 melulu. Mengatasinya ya perlu dikenalkan dengan keramaian. Tetapi bisa juga MBnya masih muda dan belum stabil performanya.

  10. daemo

    om mau nanya gmn ngurusin am kegemukan .ada cara extreme gak
    makasih.

    Jawab:
    Mandi pagi dan malam hari. Lakukan secara rutin. Untuk jemur tetap biasa saja. Yang penting mandi. Dengan banyak mandi, AM banyak mengeluarkan tenaga dan cepat menguras energi.
    Pakan lebih diatur. Kalau perlu dibatasi. Bisa juga voer dikurangi tetapi tetap diberi buah (jangan pisang, lebih baik pepaya).
    Begitu Om.

  11. andris

    ringnya agak longgar tuh om,
    dan masalah pemberian vitamin bagaimana ya Om?
    dan vitamin apa yang cocok untuk MB saya ?
    thank's

    Jawab:
    Kalau ring secara umum, selama memang dipasangi sejak anakan, nggak akan menimbulkan masalah.
    Vitamin untuk apa Om? Kalau untuk menjaga vitalitas ya kasih saja AD-Plex (vitamin untuk anak2), sebulan sekali atau dua bulan tiga kali sudah cukup. Beri 3-5 tetes untuk satu wadah air.

    1. andris

      trims Om Duto Atas jawabannya.
      nanya lagi dong Om,
      saya punya CI,dan Kenari, saya mau ikutin latber,
      1.agar penampilannya maximal bgm ya Om?
      2.Apakah Kenari diber kroto juga biar maximal.

      Jawab:
      1. Sulit menjawabnya Om soalnnya yang tahu kondisi maksimal atau tidaknya (berdasar performa selama ini) ya Om sendiri. Yang penting, kalau sudah gacor tiap hari, burung secara umum sudah siap. Tiga hari sebelum lomba, sudah harus dikarantina (segera dikerodong begitu selesai diangin2kan pagi).
      2. KN boleh juga diberi kroto, paling 15-an butir saja per hari.

  12. andris

    Maksih ya Om Duto,

    sekarang MB saya sudah copot buntutnya,(Bondol)
    1.Berapa lamakah Tumbuhnya Buntut MB Saya?
    2.Apakah Perlu saya berikan vitamin?
    3.apakah ringnya berpengaruh terhadap perkembangan kakinya(Krn Lebih Besar yang kiri dari pada yang dipakaikan ring).
    Thank's

    Jawab:
    Untuk pulih ya sekitar sebulan atau lebih dikit Om.
    Umumnya ring nggak menyebabkan masalah kecuali untuk burung2 yang dipasangi ring bodong (aspal). Lha apa ringnya kekecilan?

  13. daemo

    kulonuwun
    mo nanya om…..
    sy bru beli CI betina.tapi kta temen saya tu jantan .pas sy dekatkan ma yang jantan kok malah tarung ya?d lngkaran mata warna kuning dan d bawah paruh warna kuning juga
    yang jadi pertanyaan ciri 2 CI betina gmn?
    klo bener2 betina gmna cara berternaknya
    tanda2 CI betina siap kawin?
    maturnuwun ..

    JawaB:
    Kalau dewasa dan warna bulu bawah paruh nggak hitam, ya berarti betina Om,
    Tanda dewasa betina CI yang siap ya kalau ketemu CI jantan juga ngeplong2.
    Kalau mau ternak CI ya biasa saja Om dilalui dengan proses penjodohan. Ditempel dekat selalu jantan-betina. Setelah terlihat akur dan tidak terlihat mau saling labrak, bisa dikandangkan. Untuk gambar kandang, sudah saya beri contoh kan.

  14. Guntur

    Om saya mau tanya pa cara perawatan ci mbrodol?Trus suaranya hilang to?Cara biar bunyi lg gimana bos.

    Jawab:
    Untuk CI bodol, jika bodolnya banyak, langsung saja diterapi mabung ekstrem. Kalau hanya nyulam-nyulam, rawat seperti biasa Om.
    Kalau hilang suaranya, bisa diberi larutan penyegar rasa orange Om. Tetapi itu kalau hanya serak biasa dan pita suaranya tidak rusak. Kalau sudah kena pita suaranya (karena pernah infeksi di tenggorokan yang tidak tertangani dengan baik), maaf Om, saya nggak bisa memberi saran untuk "menyuarakan" burung itu lagi.

  15. Christian

    Om Duto,

    Apa ada efek negatif dalam performa dilapangan dari MB yang macet mabung namun sudah full lagi? Dalam hal ini yang rontok hanya ekor tok…
    Thanx…

    Jawab:
    Mabung cuma ekor nggak normal Om, biasanya karena stress. Kalau pulih, stressnya masih ngikut biasanya dan bisaa pulih total setelah mabung keseluruhan.

  16. andris

    saya ingin bertanya neh,Om.
    saya memiliki burung murai batu medan sekarang masih dalam proses mabung.
    dan hal itu sudah terjadi selama 3,5 bulan,(kerodong full,tidak dijemur,dantidak dimandikan sudah saya jalani)
    1.berapa lamakah burung murai itu mabung?
    2.sampai sekarang ekor burung murai saya kok belum rontok ya?(badannya sudah rapih)
    terima kasih atas jawabannya.

    1. Untuk yang ini, coba baca postingan saya yang satu ini.
    2. Nggak apa2 Om. Banyak kasus seperti itu… nanti akhirnya rontok juga meski harus bersabar…

  17. MDz

    Salam Kicau dan salam Kenal Utk Mas Duto,

    Saya dikasih burung Murai Batu Aceh usianya sekitar 1 tahun tapi Ekornya sedang tumbuh sekitar 10 cm katanya baru selesai rontok.Sedangkan bulu atas dan sayap belum rontok sehingga sewaktu dimandikan tidak basah.Saya bingung utk menerapkan cara perawatannya.Pertanyaan saya :
    1.Cara perawatannya sementara ini perawatan Mabung atau Tumbuh bulu
    2.Kalau Merawat cara mabung apayg tepat saya lakukan dan kalau merawat cara tumbuh bulu apa yg tepat saya lakukan atau Mas Duto ada trik perawatan sendiri utk kasus seperti saya?
    3.Berapa lama lagi saya bisa ikutkan utk lomba?
    Mohon bantuannya Mas Duto,Terima Kasih Sebelumnya.MDz

    Jawab:
    1. dan 2. Wah itu seharusnya masih perlu difull kerodong dan jangan dimandikan. Coba lihat cara perawatan burung mabung di sini.
    3. Untuk lomba masih lama Om, untuk menuntaskan mabung saja masih sekitar 2 bulanan. Kemudian masih perlu waktu untuk rekondisi dsb. Untuk referensi kapan dan bagaimana burung siap lomba, silakan baca tulisan ini.

  18. jokers..

    salam knal mas…
    saya mau tanya bagus mana muray mudah hutan atau anakan (ternak)..?
    dan apakah muray mabung yang asalnya gacor….bisa spt sediakala…atau ada kecenderungan nggak bunyi apabila kita salah merawatnya….trims

    Jawab:
    Burung bagus adalah burung yang gacor, kenceng, variasi oke, mental OK dan mudah perawatannya serta tidak membuat kita stres. Maka pilihannya adalah hasil penangkaran karena dia akan mudah kita setting sejak awal, dimaster apa saja semau kita, mental bisa dibina sejak kecil, dan yang lebih penting lagi dari lepas trotol sudah gacor meski variasi lagu masih sedikit karena namanya saja masih belajar nyanyi. Mudah hutan itu glabrakan dan membuat kita stres, nggak bunyi-bunyi, biaya perawatan dan pakan sampai bunyi jatuhnya juga mahal… ya begitulah.
    Yang tadinya gacor akan kembali gacor. Soal rawatan referensinya lihat di sini. Oke?

  19. dd

    mas,Thk mas jawabannya.
    klo MB yg masih anakan di deketin sama MB yg sudah ngeriwik boleh ga kira2 ? apa nanti ada yg ngedrop?

    Jawab:
    Jangan dekatkan burung fighter dengan burung fighter lainnya, berapapun usianya dan bagaimanapun kondisinya. Oke Om?

  20. dd

    mas,mau tanya
    klo AM mabung kira2 mau bunyi ga y?baru ngerontokin bulu2 alus sih.
    Ko MB anakan sama yg masih ngeriwik klo di deketin boleh ga?

    salam,
    dd

    Jawab:
    Ada yang tetap mau bunyi tetapi kebanyakan macet… Kalau sudah turun bulu halus langsung diterapi rontok ekstrem saja biar cepat dan sempurna rontoknya. Coba lihat di sini caranya.

  21. Dodi

    Met mlm om..om saya mw tanya ney..klu cucak ijo mabung apa suaranya bisa serak..

    Jawab:
    Enggak…paling berkurang…atau cenderung membisu…..

  22. bayu gunawan

    om yang di maksud dedak tuch apa?

    Jawab:
    Dedak (katul) itu kan lapisan kulit ari pada beras yang dihasilkan di tempat-tempat penggilingan padi Om.

  23. nardi

    mas salam kenal,baru nih.
    Mas saya ada masalah tentang burung mabung.sehari yg lalu saya di kasi burung MB,saat ini kondisinya sedang mabung.mulai rapih tapi masih ada bulu2 muda yg belum tumbuh,tapi kendalanya pada saat saya dikasi yg punya sebelumnya tidak tau terapi mabung,jd dibiarkan gitu aja.keadaanya sebagiaan tertentu masih rusak n belum numbuh,buntutnya pun belum sejajar.yg jadi pertanyaan saya,kira2 terlambat tidak apa bila saya menerapkan teori yg mas tulis sekarang ini?dengan memakai Voer ayam,kapur n dedak?dan apabila terlambat solusinya apa y? n kira2 bisa mencapai masimal untuk Rapihnya bulu berapa lama?Terimakasih mas penjelasannya.
    Terimakasih
    Nardi

    Jawab;
    Nggak perlu, yang penting jangan dimandi dan dijemur dulu ya.

  24. dendin

    lho burung makan kapur to… apa gak sakit perut…

    Jawab:
    Lho kok makan kapur? Aduh…nggak ada Om tips agar burung makan kapur… hehe…ada-ada saja….
    Salam,
    Duto Solo

Komentar ditutup.