Uji coba ulat kandang sebagai pakan burung tunjukkan hasil positif

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Ulat kandang (Foto: KicauMania.or.id)

Penggunaan ulat kandang atau di Solo sering juga disebut uler balap (karena larinya yang cepet) sebagai tambahan pakan untuk burung (extra food atau EF) pengganti kroto ternyata menunjukkan hasil yang positif. Hal ini dibuktikan oleh seorang teman penghobi burung Solo (Puguh Tri Sadono) untuk burung tledekan atau sulingan. Dia menggunakan ulat kandang sebagai EF burungnya sudah berjalan selama berbulan-bulan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung sulingan atau tledekan yang dia beri ulat kandang sebagai pakan tambahan menunjukkan penampilan yang tidak ada bedanya dengan ketika burung itu diberi EF kroto atau jangkrik. Burung tidak mudah gembos, burung tidak menjadi galak, juga burung tidak menjadi gemuk.

Apa itu ulat kandang?

Kalau Anda pergi ke kandang ayam, seringkali dalam kotoran yang telah terfermentasi muncul ulat dalam jumlah yang cukup banyak. Itulah ulat kandang. Ulat kandang ini juga bisa dibudidayakan. Media pembiakannya menggunakan kotoran ayam yang sudah terfermentasi (sudah tidak bau) ditambah sisa makanan/sayur.

Ulat kandang ini dapat juga diberikan sebagai pakan tambahan untuk ayam yang dapat memberikan tambahan protein yang cukup tinggi sehingga dapat mengurangi prosentase pakan konsentrat yang mahal, sehingga dapat menurunkan biaya pakan.

Memang saya belum menemukan hasil penelitian mengenai kandungan gizi yang terdaoat dalam ulat kandang. Namun berdasar pengalaman penggunaan ulat kandang oleh teman penghobi burung itu, maka bisa disimpulkan penggunaan ulat kandang adalah bagus untuk burung, khususnya untuk mengatasi kesulitan mendapatkan kroto pada musim-musim tertentu.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kelebihan ulat kandang dibanding EF lain adalah harga yang relatif murah, bisa disimpan dalam waktu lama, tidak membuat burung menjadi cepat gemuk (seperti halnya pemberian ulat hongkong), tidak terlalu njelimet untuk memisahkan kotoran seperti kalau kita membersihkan kroto, dan tidak perlu memotong kaki atau kepalanya seperti penggunaan jangkrik.

Harga ulat kandang atau uler balap ini bergerak turun naik namun relatif stabil tidak seperti harga kroto atau jangkrik yang naik turun berdasar musim-musim tertentu.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Porsi pemberian ulat kandang

Untuk porsi pemberian ulat kandang kepada burung, berdasar pengalaman teman, tidak terlalu dia ukur terlalu detil. “Ya pokoknya saya ambil sejumput tiga jumput, saya masukkan ke wadah pakan burung saya. Untuk sulingan atau tledekan, saya berikan sekitar satu sendok makan,” kata dia.

Memang untuk kali pertama pemberian, mungkin ada satu dua burung yang tidak suka karena belum pernah mengonsumsinya. Untuk itu perlu dilatih dengan pemberian sedikit-sedikit dulu berbarengan pemberian kroto atau jangkrik dengan porsi kroto atau jangkrik yang semakin hari semakin dikurangi.

Perlu saya tekankan, pengenalan atau pemberian pakan apapun kepada burung, perlu dilakukan secara bertahap sambil kita pantau pengaruhnya pada burung. Jika Anda sudah merasa aman melakukan pemberian pakan baru itu selama dua pekan, maka itu bisa dipastikan aman.

Selamat mencoba.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

21 Comments

  1. U K untuk cendet apa cocok om,lalu takarannya gimana,apa bisa bareng diberikan kepada burung bersamaan dengan jangkrik.matur nuwun.ditunggu balesannya

    • Coba diberikan dulu sesendok teh selama 4-5 hari dan lihat hasilnya, jika menunjukan hasil positif takarannya sudah tepat.

  2. Ulet kandang emang ajib om duto…

    Tp ada minus nya

    Ane mw share pengalaman aj, dlu MB ane settingannya make ulet kandang, 1 cepuk kecil/hari
    Moncer, galak, ajib dah

    Tp efeknya ke burung ane lumayan extrim,
    Bulu kusem n susah mabung, skali mabung, gk kelar2 mabungnya, ada 2 ekor MB yg kena UK, n mabungnya selama 1thn lebih blum kelar2

    Mungkin bagusnya UK dipake jgn terlalu sering, tp porsinya pas H-2 aj

    Regards

  3. kenapa burung tangkapan hutan cepat mati padahal burung tersebut mau makan seperti ulat, jangkrik, dlll sesuai kesukaan sewaktu liar, mohon penjelasan ya om kicau..

  4. om mau nanya kalau pemberian ulat kandang nya setiap hari nya boleh atau tidak ?apa ada efek nya?
    karena kacer saya mau jalan kalau pakai ulat kandang?

  5. boz ana mo coba USAHA ULER KANDANG DAN ULER HONGKONG. Ana butuh bibit UK & UH di wilayah purwokerto dan banyumas. thanks.

  6. apakah UK bagus untuk pleci? soalny saya punya pleci sregep ngriwik tapi blm mau ngalas, ku tunggu jawabannya bos, terima ksh.

  7. saya membutuhkan ulat kandang untuk dijual kembali di wilayah jawabarta dan jateng silakan kirimkan penawaranya. .. ke email saya

    • tergantung karakter burungnya, ada yang bisa bagus dengan UH dan ada juga bagus pakai UK, jadi harus trial dan pantau hasilnya.

  8. selamat pagi gan,mohon ijin numpang nanya,sy pny burung kacer udah bunyi tp kalo di dakati org trus diam dan nglabak,tolong bagi tips agar burung kacer sy bs lbih brani kicau dan tdk giras bgmn dan set pakan yg bagus bgmn?trimakasih atas bantuannya…

Komentar ditutup.