Burung betetku hehehehe…

Betetku lucu-lucu

Jumat (4/6) lalu iseng main ke pasar Depok Solo. Ngobrol sampai lama dengan Mas Rochmad penjaga  salah satu kios Karunia Sangkar yang ada di Solo, mulai dari soal trotolan anis kembang, anis merah, harga anakan murai batu trotolan sampai rencana kedatangan sekitar 10 ekor murai batu ekor panjang dari Sumatera Utara di kiosnya.

Ketika mau pulang, saya mampir di kiosnya Pak Panca. Cari-cari poster burung, ternyata tidak ada. Setelah puas ngobrol saya melangkah mau pulang, eh terlihat ada beberapa anakan burung betet di kiosnya Mbak Ika. Burung betet adalah burung paruh bengkok yang sudah lama saya pesan-pesan dari seeorang teman di Jogja tetapi belum ketemu juga.

Saya hampiri, dan kenalah 4 ekor anakan betet itu seharga Rp. 420.000. Saya bawa pulang dan saya beri nasi, makanan yang selama ini diberikan Mbak Ika untuk menyuapi betet. Lahap sekali mereka makan. Lalu pada giliran berikutnya, nasi saya beri BirdVit dan sedikit BirdMineral, ya pastilah agar sehat.

Hehehe, geli. Ada yang ngilikithik leher...

Kepada anak-anak di rumah, saya cerita. “Ketika kecil,  Bapak paling suka pelihara burung betet. Burung ini pengganggu tanama jagung para petani. Kalau datang berombongan, kadang sampai setengah petak jagung ludes digerogoti ujung batang buahnya.”

“Bapak pernah pelihara anakan sampai bisa bersiul-siul. Kalau Bapak siul, dia akan terbang mendekat ke Bapak. Biasanya di tangan Bapak sudah pegang kacang godok. Betet Bapak paling suka dengan kacang godog hehehe…”

Ya, burung betet adalah hama tanaman jagung. Tetapi, ketika kini populasinya menipis, saya merasa kehilangan juga dengan burung yang sangat lucu dan suka sekali berakrab ria dengan manusia ini.

Betet yang saya beli dari Pasar Depok, menurut Mbak Ika penjualnya, dibeli dari petani di wilayah Pacitan. Memang, berbeda dengan betet yang biasa berkeliaran di ladang jagung ketika saya kecil dulu, betet lokal Pacitan ini lebih besar dibanding betet lokal di daerah Temanggung, tempat orang tua saya.

Tetapi tetap saja sama… sama-sama menyenangkan dan sama-sama bisa jinak dan menjadi teman bermain.

Saya suka dengan burung betet saya, hehehe….

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 33 comments

  1. adi

    om… saya punya burung beli dari tmn, warna nya ijo semua, kecuali bagian ujung sayap ada 1 ato 2 bulu yang warna kuning, trus paruhnya bengkok wana putih pucat. itu jenis burung apa yach??? karna saya liat foto nya om kok mirip burung saya… trim’s

  2. adi

    om… saya punya burung beli dari tmn, warna nya ijo semua, kecuali bagian ujung sayap ada 1 ato 2 bulu yang warna kuning, trus paruhnya bengkok wana putih pucat. trim’s

  3. java eagle

    saya juga ada burung betet ne!!
    udah jinak,tpi belum total…
    Mau aku jual ne
    Rp.300rb/pasang…ada yang mau??
    Call 087 839 816 792

  4. dimsgryphonite

    waduh berpaan ni om betetnya yg mash anakan,,, kaynya lucu tapi masih bingung,,, lolohinnya pake apaan,, bubur bayi apa???? trus kalo mw kasih yg laen diapain,,,,
    kacang godok yg apa ya???
    sorry nih om bnyk nny mash nubi….. bisa nyari dmn y di jkt, yg murah meriah…
    thanks b4

  5. dhona

    Salam kenal om….Saya punya sepasang betet merapi om, tapi masih ngloloh…baru kemarin beli 140rb sepasang,kira2 kemahalan nggak om??Kemaren temen bawa banyak,tapi cuma sisa sepasang…bagi infonya om harga betet merapi…suwun..

  6. endra

    Salam kenal om, anak baru dari jawa hehehe
    jadi pengen om lihat betet, kalo boleh nanya berapa harga sepasang betet dan kalo dikirim sampai jawa ongkosnya berapa om
    thank swun

  7. endra

    salam kenal dari anak baru om hehehe
    mo nanya harga betet sepasang berapa jadi pengen lihat betet om, kalo dikirim sampe jawa berapa biayanya om
    thank suwun

  8. endra

    salam kenal om.
    om jadi pengen nich betet-nya, kalo boleh nanya berapa harga sepasang, pesannya dimana kalo dikirim ke jawa sampe berapa ongkosanya.
    trim, sory banyak nanya.

  9. dedy clavatoni

    Ike juga punya satu udah bisa makan sendiri tapi masih kolokan maunya diloloh,hi hi hi..
    Ayoo kita populerkan lagi burung yg satu ini,kayanya popularitasnya udah kesaing sama yg lain.

  10. thole

    Manteb mas betetnya……cm ada pantangannya menurut temen2 saya yang biasa pelihara dan menangkap betet di daerah saya ( pontianak ), jangan pernah sekali-kali memberikan buah rambutan buat makan betet kita, karena sekali mencoba buah ini betet gak mau makan buah lainnya lg…….boleh percaya boleh tidak, mohon maaf kl salah, just sharing…..
    Salam Kicaumania….

      1. Benny Giovanni

        Permisi om, ikutan ah…., ane juga punya satu om baru dapet di Barito seminggu yg lalu, makannya masih dilolohin. ane kasih bubur baby om yg instan, ada yg beras merah, kacang ijo dll. Wah makannya rakus banget om lumayan ada maenan baru heheheeeee….., slamat mencoba.

  11. Chandra kecil

    Wah kayanya si betet dah mulai keangkat lagi namanya nih……soalnya kemarin sore saya juga dapat betet dari teman,dah lumayan tua umurnya tapi jinak banget….kayanya klo dijadiin burung masteran bagus juga tuh….

  12. ige

    wadoh….kesindir nih saya…hahahaha…
    udah dapet to Om…ngih syukurlah kalau gitu…

    Betet merapi musim panen nya belakangan kali ya Om…ini kemarin udah di kontak kalau udah ada yang siap panen, tapi karena om Duto udah punya jadi ngak jadi saya bawain deh…hehehe…atau masih mau nambah Om? kqkqkqkq….

  13. L. Andy

    wah Om Duto memang ga ada matinya kalo soal hobi burung,
    Om kemaren minggu saya maen ke gembira Loka dan ada sirkus yang menampilkan kepintaran burung kakatua putih, dan lucunya lagi kakatuannya bisa menirukan suara ayam sehabis bertelor.. berarti kakatua bisa dimaster dengan suara2 lain kali Om..

  14. Kharisma

    wah bakalan rame temen maennya ya om kalo sampe gede jinak2 semua….jadi inget juga sama nuri saya waktu kecil… :) sekalian masukin tips untuk ngelatih burung2 paruh bengkok aja om hehehe

  15. Sidol

    om betet klo di isi pake suara murai batu dan di master gaya teler anis merah bisa gak? hehehe,,, klo sukses ntar kasitau om resepnya..biar bisa kita trend bareng2.
    matur thank you

Komentar ditutup.