Penyembuhan burung lumpuh/stroke

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK... CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Oleh: Tony Alamsyah, Black Bird Keeping

Om Tony BBK

Pada tahun 2010 marak sekali penyakit stroke pada LOVEBIRD. Tidak ada tanda tanda fisik sebelumnya. Pagi hari begitu gacor namun siang harinya lovebird telah kaku pada bagian kaki dan jika tidak secepatnya diobati, lovebird tersebut akan mengalami kematian.

Metode penyembuhan ini sebenarnya tidak sengaja saya temukan. Suatu hari saya bermain ke rumah Om Dwi di Jogja, pulangnya Om Dwi meminta saya untuk membawa salah satu anakannya karena beberapa anakan ditempat Om Dwi mati tanpa diketahui penyebabnya. Alasan yang lain anakan umur 3 bulan tersebut sudah “ngekek panjang”.

Sesampainya di rumah, lovebird tersebut saya gantang di rumah, ngekeklah dia begitu panjang. Perawatan anakan, saya terapkan di lovebird tersebut. Beberapa hari kemudian, ternyata hal yang saya takutkan terjadi. Lovebird yang begitu gacor tahu-tahu merambat di jeruji besi. Setelah saya pegang ternyata kaki lovebird tersebut sudah kaku. Berbekal obat dari Om Kicau, BirdPro saya coba teteskan langsung ke mulutnya. Tetapi pengobatan dalam/oral belumlah cukup. Harus juga ada penanganan secara fisik yang dapat saya jabarkan sebagai berikut:

1. Siapkan kotak tripleks ukuran 40x40x40 cm yang akan kita pergunakan sebagai kotak karantina atau bisa juga disebut inkubator dengan tutup bagian atas diberi kawat strimin.

Kotak inkubator burung sakit dari tripleks

2. Bikin lampu penghangat non permanen minimal 5 watt.

Kotak karantina atau inkubator burung dengan penghangat di atasnya

3. Selanjutnya pindahkan LOVEBIRD ke inkubator tersebut dengan pakan cukup disebar didasar kandang.

Burung lovebird sakit di dalam kandang karantina/inkubator

4. Pada hari 1 – 3 berikan juga jagung yang sudah diberi air.

5. Pada hari ke empat barulah pada inkubator diberi cepuk air kecil untuk sarana lovebird tersebut minum.

6. Pada hari keempat kurangi intensitas lampu di siang hari.

7. Oleskan balsem sebagai penghangat di kedua kaki lovebird tersebut tiap pagi dan sore.

8. Selalu teteskan obat dalam, BirdPro langsung ke paruhnya maksimal 3 tetes sebagai pensuplai vitamin, antioksidan dan antibakterial.

9. Jika stroke tersebut baru 1 minggu, insya Allah lovebird tersebut akan sembuh kurang dari dua minggu.

Catatan: Saya sudah dua kali menyembuhkan lovebird stroke, dan atas seijin Yang Kuasa, lovebird-lovebird tersebut sudah sehat kembali.

Tony Alamsyah, Black Bird Keeping

Catatan Om Kicau:

Selama ini Om Tony memang banyek bereksperimen dalam perawatan dan penyembuhan burung sakit. Misalnya saja untuk burung yang ada benjolan kutil di dekat mata, dia “berani” mengoperasinya dengan cara dia sendiri. Yakni menusuk benjolan, mengoreknya dengan cotton bud dan menuangkan obat ke dalamnya. Bisa sembuh juga itu burung.

Khusus masalah BirdPro, sebenarnya ceritanya berawal lama dari  obat yang digunakan oleh Om Firliyansah Jakarta dengan menggunakan propolis.

Belajar dari pengalaman itulah, Om Kicau telah meracik produk untuk mengobati burung lumpuh atau mendapat gangguan fungsi koordinasi syaraf yang dikenal dengan nama BirdPro! Dan untuk menjaga stabilitas racikan, BirdPro dipasarkan dalam bentuk serbuk.

BirdPro ini disusun dari sejumlah komponen multivitamin dengan bagian terbesar adalah B1, B6 dan B12, yang diperkaya dengan bahan lain yang berfungsi untuk memulihkan fungsi syaraf dan mengembalikan stamina burung. BirdPro berupa serbuk dan dikemas dalam botol dengan isi 25 gram.

Cara pakai: Masukkan BirdPro sebanyak 1 sendok ukur (yang disertakan dalam botol) ke dalam air sebanyak 50 ml (wadah minum burung ukuran normal). Berikan sebagai minuman burung sejak pagi dan ganti larutan yang baru pada siang/sore hari.

Jika burung sudah tidak bisa makan/minum sendiri, sedot larutan dengan pipet atau masukkan ke botol kecil dengan tutup berlubang kecil atau celupkan kapas bersih ke larutan, dan tetes-teteskan larutan ke atas paruh burung dengan burung tidak perlu dipegang. Lakukan dengan sabar dan telaten sehingga sedikit-demi sedikit larutan bisa masuk ke mulut (paruh) burung minimal 6-7 tetes.

Untuk pengobatan berikan selama 7 hari atau sampai burung kembali normal. Untuk pencegahan berikan seminggu sekali.

Salam sukses dari Om Kicau.

About these ads

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 157.936 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: