Tips rawatan awal kenari yorkshire imporan

Beberapa hari terakhir ini berdatangan burung kenari yorkshire imporan ke Indonesia. Kalau Anda termasuk salah satu pembeli burung kenari yorkshire imporan, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut agar tidak menyesal belakangan (la iyalah ya masak menyesal kok di depan hehehe).

1. Begitu membeli burung, Anda harus sudah menyiapkan multivitamin untuk memastikan daya tahan tubuhnya tidak mudah drop. Meskipun begitu datang di kandang importirnya pasti diberi multivitamin penambah daya tahan, Anda harus rutin memberikan selama pekan-pekan pertama pemeliharaan.

2. Pada pekan-pekan pertama perawatan, jangan diberi sayur atau hijauan dulu. Sebab, kenari imporan belum terbiasa diberi sayuran kawasan tropis. Jika Anda paksakan, kenari memang doyan sayur tetapi alat pencernaannya belum terbiasa mencerna sayuran tropis. Sayur bisa mulai diberikan setelah daya tahan tubuh burung dipastikan kuat, dan penambahan porsinya secara bertahap. Jangan langsung main gantung sayur segepok seperti memberi kenari yang sudah lama dirawat.

3. Berikan pakan berupa biji-bijian standar lengkap. Beli pakan mahal sedikit nggak masalah untuk memastikan kelengkapan jenis dan ragam biji yang dikandung di dalamnya.

4. Pastikan burung dikerodong di malam hari untuk menghindarkannya dari gigitan nyamuk. TETAPI, jangan gunakan kerodong yang terlalu rapat, sebab justru akan membuat burung kenari imporan tertekan. Ingat, bahwa rata-rata kenari diimpor dari kawasan dingin. Jadi, yang Anda perlukan hanyalah memastikan dia tidak digigit nyamuk dan kena terpaan angin secara langsung pada malam hari.

5. Jangan dipaksakan mandi apalagi dengan disemprot. Beri saja wadah air yang agak besar yang memungkinkan burung leluasa untuk mandi sendiri.

Ancaman dan gangguan

Pastikan juga kenari yorkshire imporan dibebaskan dari kutu, gurem, cacing dan serangga lainnya. Parasit-parasit pengganggu ini jika menyerang yorkshire yang sedang dalam proses penyesuaian dengan iklim tropis, akan beriko buruk dan kadang berakibat fatal.

Ancaman lain yang menghantui burung imporan baru adalah polusi udara. Polutan bisa berasal dari asap bakaran sampah, asap knalpot, asap rokok, aerosol, asap dapur, gas elpiji dan lain-lain.

Untuk itu, tempatkan kenari baru Anda di ruangan yang cukup berventilasi, tetapi tidak ada terpaan angin secara langsung.

Penyakit yang perlu diwaspadai 

Ancaman penyakit yang pertama-tama perlu diwaspadai untuk kenari yorkshire imporan adalah infeksi saluran pernafasan, radang mata dan infeksi di alat pencernaan. Berkaitan dengan hal itu, pastikan Anda sudah menyiapkan obat-obatan sebelumnya, sehingga ketika kondisi darurat, Anda sudah tidak kebingungan untuk menanganinya.

Untuk calon indukan

Kebanyakan dari pembeli kenari yorkshire adalah sebagai calon indukan untuk menghasilkan kenari silangan. Untuk mempercepat proses perbaikan alat reproduksi kenari, ada baiknya Anda sudah melakukan persiapan sejak awal dengan memberikan pakan dan asupan yang berpengaruh terhadap fungsi reproduksi burung.

 

PASTIKAN YORKSHIRE ANDA SEHAT, GACOR DAN PRODUKTIF DENGAN PRODUK UNGGULAN EX-IMPOR

Jika hal itu diabaikan, Anda akan menghadapi risiko burung tidak cepat jodoh. birahi dan mengawini pasangan, atau mau mengawini betina tetapi tidak isi alias kosong melulu.

Oke teman, ini dulu ya tips rawatan untuk kenari yorkshire imporan. Selamat berbelanja…

Salam yorkshire, salam dari Om Kicau.

BERIKUT INI GAMBAR2 YORKSHIRE DARI http://www.yorkshirecanary.com/

Klik saja untuk melihat tampilan gambar besar.


diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

About these ads

There are 6 comments

  1. anto

    enaknya Ys disilangkan dengan apa ya om?
    kebanyakan dengan AF, F1 atau F2…
    kalau banyak yang ternak harganya turun, nah perlu inovasi yang baru..
    bikin trend baru..
    YS-Lizard atau YS-gereja gitu hehehehe
    maap baru pemula om

Komentar ditutup.