H-3 kawin! Itulah rahasia kenari Kuda Hitam tampil stabil

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Kenari Kuda Hitam milik Om Zimon DP (Nareswari Team) saat ini sedang moncer-moncernya. Kenari kecil ini punya kinerja luar biasa di lapangan, sehingga kerap menjuarai lomba di Klaten, Jogja, Solo, dan sekitarnya.

Kenari Kuda Hitam
Kenari Kuda Hitam selalu tampil stabil di lapangan.

Volume kenari Kuda Hitam lumayan pedas. Lagu-lagunya standar, dengan cengkok menekuk-nekuk yang terdengar enak di telinga. Apalagi durasi kicauannya juga panjang.

Kenari Kuda Hitam dulu bernama Verot. Sebagian pemerhati kenari, terutama di lingkungan Papburi, tentu masih ingat dengan nama kenari Verot. Selain Kuda Hitam, Om Zimon juga memiliki jago lain seperti Ontoseno yang merupakan kenari isian.

Seperti pegiat Papburi lainnya, Om Zimon juga beternak kenari. Di rumahnya ada puluhan kandang breeding. Ia terdaftar sebagai penangkar Papburi Klaten dengan kode ring 246. Om Zimon saat ini menjabat sebagai sekretaris PPK-1 Parikesit.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Om Zimon DP
Om Zimon di depan puluhan kandang ternak kenarinya.

Dalam Latpres Papburi Gergunung, Rabu (11/3) lalu, Om Zimon berangkat bersama rekan-rekan lain seperti Om Tari, Joe, Rony Dewa-Dewi, Mendem, dan Kelik. Dia menurunkan kenari isian Ontoseno, yang kemudian meraih juara 1.

Kenari isian Ontoseno
Kenari isian Ontoseno

“Kenari Kuda Hitam absen, karena akan saya turunkan dalam Latpres Caponiery Suara Alam, Minggu (15/3) besok. Minggu berikutnya, 22 Maret 2015, kami dari PPK-1 Parikesit ganti mengundang rekan-rekan kenarimania untuk mengikuti latpres,” ujarnya.

Perawatan kenari Kuda Hitam dan Ontoseno

Om Zimon DP dan kenari Kuda Hitam
Om Zimon DP (kanan) bersama kenari Kuda Hitam.

Perawatan kenari lomba untuk Kuda Hitam (standar) dan Ontoseno (isian) sebenarya hampir sama. Namun keduanya dirawat secara terpisah, agar Ontoseno tidak glender ke suara standar.

Setiap pagi, burung mandi, lantas dijemur. Burung dijemur bukan pada gantangan, melainkan dijejer dengan kenari lainnya pada pagar tembok depan rumah, yang tingginya hampir sejajar dengan lutut manusia dewasa (sekitar 50).

Om Zimon DP
Om Zimon menjemuar sejumlah kenari lomba koleksinya.

Ketika dijemur bareng, sangkar yang satu dan lainnya diberi sekat pembatas dengan memanfaatkan kerodong. Namun Ontoseno dijemur secara terpisah.

“Yang terpenting, air minum harus diganti terus, cepuk dicuci bersih. Sayur selalu diganti yang segar. Untuk sayuran, lebih aman menanam sendiri. Kalau beli di pasar, sebaiknya direndam dulu dalam air lalu dibilas bersih. Ya, ini jaga-jaga kalau masih banyak residu kimia pada saturan yang bisa berakibat fatal bagi kenari,” jelas Om Zimon.

Nah, ini dia setelan kenari Kuda Hitam dan Ontoseno menjelang lomba. Jika mau turun di lapangan, maka tiga hari sebelumnya (H-3) dikawinkan dulu.

Tips kenari agar tampil stabil
Tiga hari sebelum lomba, kenari Kuda Hitam dikawinkan dulu.

“Misalnya mau lomba hari Minggu, berarti dikawinkan hari Kamis atau setidaknya Jumat. Setelah itu burung disendirikan. Di luar jam perawatan, kenari dalam kondisi full kerodong. Setelan ini berlaku untuk Kuda Hitam maupun Ontoseno,” tandas Om Zimon.

Dengan perawatan seperti inilah, kenari Kuda Hitam selalu tampil stabil sehingga terus beprestasi di arena demi prestasi, seperti terlihat pada tabel di bawah ini:

EVEN TANGGAL JUARA
REGULER PAPBURI KLATEN, 23 FEB 2014 3  STD A, 3 STD B
PAPBURI KLATEN HUTKE-3, 15 JUN 2014 1  STD A
LATPRES PAPBURI GERGUNUNG, 3 SEPT 2014 6 STD B, 9 STD A
REGULER PAPBURI KLATEN 26 OKT 2014 4 STD B
LATPRES PAPBURI GERGUNUNG 3 DES 2014 1 STD A
REGULER PAPBURI STAR WARS 21 DES 2014 2 STD A, 1 STD B
LATPRES PAPBURI GERGUNUNG 14 JAN 2015 6 STD A, 5 STD B
REG PAPBURI KENARI DI DADAKU 22 FEB 2015 1 STD A, 2 STD B

Bagi pembaca omkicau.com yang penasaran dan pengin tahu lebih detail, silakan hubungi Om Zimon dengan Add Pin BB 52A6401E. (Waca)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.