Kacer New Montana dan cucak hijau Anaconda hattrick di Black Jack Balikpapan

Kacer New Montana andalan Om Agung (Tri Pratama SF) dan cucak hijau Anaconda orbitan Om Joko (RSU) mencetak hattrick dalam Latber Black Jack di Gantangan Gunung Guntur Balikpapan, Minggu (7/8). Even ini berlangsung meriah, diikuti 798 peserta.

Latber Black Jack Balikpapan
Suasana penilaian lovebird dalam Latber Black Jack di Balikpapan, Minggu (7/8).

Panitia membuka empat kelas kacer, tiga di antaranya dimenangi kacer New Montana. Burung ini menjuarai Kelas Bintang A, mengalahkan Cakra Birawa besutan H Anto Gypsum (Mekar Sari BC) dan Anaconda yang juga milik Om Agung (Tri Pratama SF).

Kacer New Montana
Kacer New Montana nyaris mencetak quattrick.

Kelas Bintang B juga dimenangi New Anaconda, disusul kacer Ashoka milik Om Nano (Prapatan) dan Anaconca. Gelar ketiga diraihnya di Kelas Sejati D, mengalahkan Anaconda.

New Montana nyaris menyapubersih semua kelas. Sayangnya, ketika turun di Kelas Sejati C, burung ini harus puas di posisi kedua di bawah Cakra Birawa. Juara 3 diraih kacer Ashoka. New Montana pun dinobakan sebagai kacer terbaik.

Mr Agung Tri Pratama SF
Om Agung (Tri Pratama SF), pemilik kacer New Montana.

Lima kelas cucak hijau dipenuhi peserta, sehingga persaingannya lebih memanas. Kelas Sejati C dan D masing-masing diikuti 54 dan 52 ekor burung, sedangkan tiga kelas lainnya sekitar 30-50 peserta.

Meski demikian, cucak hijau Anaconda tampil paling dominan dengan meraih juara 1 sebanyak tiga kali. Anaconda terbaik di Kelas Bintang A, Bintang B, dan Favorit. Pada dua sesi lainya, gaco Om Joko ini berada di posisi 6 dan 7.

Kelas Sejati C dan D dimenangi cucak hijau Puma milik Om Rofi (Gunung Pasir). Puma juga moncer di tiga kelas lainnya, dengan meraih juara 3, 3, dan 4. Secara keseluruhan, Anaconda mengoleksi total poin 300, sedangkan Puma 250 poin.

Om Joko dan cucak hijau Anaconda
Om Jack (kanan) memberikan medali kepada Om Joko, pemilik cucak ijo Anaconda.

Cucak hijau Anaconda memang tampil ciamik, dengan menggeluarkan senjata serta irama lagu yang bagus, diikuti dengan alunan roll-tembak yang terus memborbardir lawan-lawannya.

Sebagaimana cucak hijau, murai batu borneo juga digelar lima kelas. Terjadi persaingan seru antara murai batu borneo Petir milik Om Saiful (Sepinggan), Sabit kepunyaan Om Ferry (Lamaru), Ontorejo besutan Om Gun (Stiling), dan Serdadu andalan Om Siloe Jendral (BRC).

Keempat burung tersebut sama-sama kebagian gelar juara 1, bahkan MB Petir sukses meraih double winner. Petir menjuarai Sejati D, unggul atas Sabit dan Serdadu. Kelas Favorit juga dimenangi Petir, di mana posisi kedua dan ketiga juga ditempati Sabit dan Serdadu.

Murai batu borneo Sabit terbaik di Kelas Bintang A, unggul atas Serdadu dan Ashoka. Kelas Bintang B dijuarai Ontorejo, disusul Petir dan Serdadu. Adapun Serdadu memenangi Kelas Sejati A, disusul MB Petir dan Ontorejo.

Lovebird Sonic milik Om Kokoh (Virgo Team) tampil sebagai burung terbaik, dengan menjuarai Kelas Sejati A dan B. Om Kokoh mendapat bonus tambahan sebesar Rp 150.000 dari Om Wiranto, karena menggunakan sangkar merek WIN.

Tiga kelas lainnya masing-masing dimenangi lovebird Asoy milik Om Aju dari Pejuang Tawa SF (juara 1 Kelas Sejati C), New Diva besutan Om Agung / Tri Pratama SF (juara 1 Kelas Favorit D), dan Gotic 9 milik Om Phip / Manuk Holic SF (juara 1 Kelas Favorit E).

Om Fahmi (Padepokan Laros) moncer bersama pleci Boncu. Gaco imutnya ini sukses menjuarai Kelas Pleman C, serta dua kali juara 2 (Pleman A dan B). Boncu bahkan dinobatkan sebagai pleci terbaik.

Pleci Boncu
Boncu terpilih sebagai pleci terbaik.

Kelas Pleman A dan B masing-masing dijuarai pleci Soekamti andalan Om Uut (Tani Jaya) dan Jeber milik Om Jun (Sentosa).

Om Fahmi dan pleci Boncu
Om Fahmi (tengah) dan kru sukses bersama pleci Boncu.

Kelas kenari di Balikpapan juga mulai terlihat ramai, terutama jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Dulu, kelas kenari rata-rata hanya diikuti 10-15 ekor burung. Namun dalam Latber Black Jack, Minggu (7/8), tiga kelas kenari diikuti sedikitnya 30 peserta per sesi.

Kelas Sejati A dan B masing-masing diikuti 33 dan 34 ekor, sedangkan Kelas Favorit diikuti 30 burung. Kenari Cheetah milik Om Ari (WBC) terbaik di Kelas Sejati A dan Favorit. Kelas Sejati B dijuarai kenari Pokemon orbitan Om Sigit (Bortech BC).

Latber Black Jack makin diminati para kicaumania dari berbagai daerah di Kalimantan Timur. Peserta tak hanya didominasi kicaumania Balikpapan saja, melainkan juga dari Penajam, Tanah Grogot, serta Handil.

Salah satu daya tarik Latber Black Jack adalah burung terbaik di masing-masing kelas juga mendapat medali (kemasan), serta adanya hadiah tambahan jika menggunakan sangkar merk WIN.

Om Jack, punggawa even ini, mengucapkan terimakasih atas dukungan para peserta. “Mohon maaf  jika ada kekurangannya, kami akan terus melakukan inovasi,” tuturnya.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada para sponsor, antara lain Kios Cantik / Rizky, Sangkar WIN, Dastan Cell, Chipenk, Kios Bule, dan Kios Winanto. (v1rgoboy)

Panitia Black Jack
Om Jack (2 dari kiri) selaku ketua pelaksana bersama panitia Black Jack.

BURUNG TERBAIK

KACERNEW MONTANAMR. AGUNG (TRI PRATAMA SF)
MURAI BATU BORNEOPETIRSAIFUL (SEPINGGAN)
CUCAK HIJAUANACONDAJOKO (RSU)
LOVEBIRDSONICMR.KOKOH (VIRGO TEAM)
PLECIBONCUFAHMI (PADEPOKAN LAROS)
Latber Black Jack Balikpapan
Para pemilik burung terbaik foto bareng panitia dan juri.

Hasil Latber Black Jack Balikpapan (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.