Melatih kenari waterslager agar suaranya mengalun

Kenari waterslager dikenal karena keindahan suaranya yang mengalun bak gemuruh air terjun di pegunungan. Alunan suaranya yang bervariasi dimungkinkan jika burung dilatih bersama dengan burung sejenis yang sudah bersuara bagus. Hasilnya, kenari asal Belgia ini akan memiliki suara lebih variatif, gabungan antara suara aslinya dan suara tambahan dari hasil pelatihan. Oke, kita simak tips melatih kenari waterslager agar suaranya bisa mengalun.

Waterslager

Burung kenari waterslager, terutama jantan, memerlukan konsentrasi penuh selama menjalani pelatihan dengan mendengarkan suara burung lain yang bagus. Konsentrasi dibutuhkan agar burung tidak sering bergerak ke sana-kemari, misalnya karena kehadiran kenari jantan lainnya dalam satu ruangan.

Sebagian besar materi pelatihan burung kenari ini disarikan dari westernwaterslager.com. Simak tips berikut ini:

Untuk menciptakan suara mengalun pada kenari waterslager, Anda perlu melatih beberapa ekor sekaligus, setidaknya lebih dari satu ekor. Masukkan semua kenari waterslager ke dalam kandang masing-masing.

Setiap burung tidak boleh melihat burung di sebelahnya. Jadi, kalau burung-burung dimasukkan dalam kandang koloni, Anda harus menggunakan penyekat agar sesama waterslager tidak bisa saling mengintip, karena akan mengganggu konsentrasi saat menjalani latihan. Selain itu, metode ini memungkinkan setiap kenari mendengar dan merekam suara kenari-kenari lain di dekatnya.

Pencahayaan kandang menggunakan lampu yang intensitasnya bisa diatur, dalam arti kita bisa menyetel terang dan redupnya lampu. Lampu seperti ini bisa Anda beli di toko ikan hias (arwana sangat membutuhkan lampu seperti ini), atau bisa juga membelinya di toko lampu hias.

Tujuan lampu yang intensitas cahayanya bisa diatur adalah untuk membuat kenari bernyanyi di saat cahaya terang. Begitu cahaya lampu diredupkan, atau intensitas cahayanya diturunkan, maka kenari pun akan melembutkan suaranya. Jika kenari berhenti bernyanyi, berarti Anda menurunkan cahaya terlalu cepat.

Idealnya, apabila dalam satu ruangan terdapat beberapa ekor waterslager, maka jumlah lampu yang dibutuhkan sesuai dengan jenis burung yang dilatih. Ini sangat penting agar burung dapat bernyanyi dengan intonasi yang berbeda-beda. Misalnya lampu di kandang nomor 1 dibiarkan terang, dan pada saat yang sama lampu di kandang nomor 2 diredupkan.

Yang penting diingat di sini adalah pengaturan intensitas cahaya. Dengan demikian, kenari bisa mempelajari suara kenari lain yang bersuara lembut dan/atau suara yang berbeda setiap kali intensitas cahaya diatur sedemikian rupa oleh sang pelatih.

Apabila matahari akan tenggelam, lampu sebaiknya dimatikan agar burung tidak kaget dalam kegelapan. jika semua lampu diterangkan, mereka akan bernyanyi seperti layaknya sebuah ensamble musik. Nah dari situlah mulai diatur-atur pencahayaannya dengan jarak selama 15 – 20 menit untuk masing-masing intensitas cahaya di setiap kandang.

Proses pelatihan ini biasanya akan berlangsung 6-8 minggu, tergantung kecerdasan setiap individu kenari yang seringkali berbeda dari individu lainnya. Jika kebetulan waterslager Anda cerdas, ia bisa “lulus training” dalam waktu 5-6 minggu, dengan lagu dan irama yang bervariasi dan siap dikonteskan.

Kesimpulan dari teknik pelatihan ini adalah kegelapan bisa membuat burung kenari waterslager jantan bisa menambah variasi suaranya, dan mengatur suara nyanyiannya sehingga mengalun bak gemuruh air terjun di pegunungan.

Suara waterslager waktu pelatihan


Download

Video pelatihan waterslager

Semoga bermanfaat bagi kenari mania, atau calon kenari mania lainnya.
Salam sukses dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There is one comment

Komentar ditutup.