Alternatif lain agar pleci cepat buka paruh

Dalam berbagai tulisan yang membahas bagaimana pleci bisa mencapai top form, seperti pada artikel di sini, hampir semuanya mewajibkan menggantung pleci dengan sesama pleci. Tujuan  utamanya agar momongan kecilnya ini bisa mencapai puncak performa ketika ditempatkan di antara pleci-pleci lainnya.

Tujuan lain adalah agar pleci Anda bisa meniru ocehan pleci yang sudah bagus, sekaligus bisa membuatnya terprovokasi oleh keberadaan pleci lainnya sehingga bisa mencapai top form. Itu adalah salah satu contoh yang biasa dilakukan plecimania agar burungnya bisa cepat buka paruh.

SEBAGAI BURUNG KOLONI, PLECI MEMANG LEBIH CEPAT GACOR JIKA TERBIASA TIDAK SENDIRIAN.

SEBAGAI BURUNG KOLONI, PLECI MEMANG LEBIH CEPAT GACOR JIKA TERBIASA TIDAK SENDIRIAN.

Tidak ada yang salah dari cara-cara tersebut, bahkan bisa membuat pleci lebih cepat jinak. Tapi dari sebuah tulisan di forum burung asia dijelaskan, sebenarnya ada hal lain yang lebih objektif jika tujuannya sekadar mempercepat buka paruh, mendengarkan nyanyiannya, dan mengamati perilakunya.

Empat hal objektif dalam perawatan pleci

Sedikitnya ada empat hal objektif dalam perawatan pleci agar cepat buka paruh, yaitu:

  1. Kebersihan kandang. Ini merupakan syarat utama agar pleci bisa mencapai kondisi puncak.
  2. Keberadaan burung lain di sekitar pleci yang tidak membuatnya ketakutan atau terintimadasi.
  3. Makanan. Inilah salah satu aspek penting yang tidak bisa diabaikan, baik pakan racikan yang dikustomisasi maupun pakan yang sudah baku. Pastikan pleci Anda memperoleh asupan buah-buahan segar, nektar, serta air bersih.
  4. Mandi, karena ada hal penting di balik fungsi mandi.

Mandi memiliki beberapa fungsi, antara lain menyegarkan tubuh, dan membuat bulu-bulunya menjadi bagus dan mengkilap. Jika memiliki beberapa ekor pleci dalam satu kandang, silakan perhatikan dengan cermat jika ada indibidu dengan bulu-bulu kusam.

Selain jarang mendapat  pasangan, ia pun lebih sering dikejar-kejar oleh burung jantan lainnya. Hal ini membuat pleci berbulu kusam merasa terasing dan tersingkirkan, serta membuatnya tidak akan pernah bisa mencapai top form. Kesimpulannya, makin sering memandikan pleci, makin cepat pula ia mencapai puncak performa.

KEBERSIHAN KANDANG DAN PAKAN BERKUALITAS IKUT MEMPERCEPAT PLECI BUKA PARUH

KEBERSIHAN KANDANG DAN PAKAN BERKUALITAS IKUT MEMPERCEPAT PLECI BUKA PARUH

Jadi ketika Anda rutin mempertemukan pleci dengan sesama pleci lainnya, atau mengajaknya jalan-jalan, dengan harapan agar cepat buka paruh atau meniru kegacoran pleci yang lainnya, tentu harapan itu sulit terwujud tidak diimbangi dengan empat hal objektif seperti dijelaskan di atas.

Sebagai tambahan, cobalah gantang pleci di dekat dengan burung yang rajin berbunyi seperti kutilang, kenari, atau finch, dengan posisi berbeda-beda setiap harinya. Bisa juga mengajak pleci jalan-jalan ke pasar burung, lalu menggantungnya di dekat burung lain.

Semoga bermanfaat.

Salam plecimania. Salam sukses dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

44 pemikiran pada “Alternatif lain agar pleci cepat buka paruh

    • kuncinya ada pada usia, jenis kelamin dan kesabaran om. ada tahap-tahapan pada pleci sebelum mereka benar-benar buka paruh (ngeplong/ngerol), kalau dirawat secara rutin, pleci muda akan cepat masuk usia dewasa lalu mulai bersuara dengan lebih kencang. jadi kesabaran juga turut berperan di sini om, :)

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s