Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

Beberapa manfaat cuka apel untuk burung

Apple-Cider-VinegarCuka apel atau dalam bahasa Inggris disebut apple cider vinegar merupakan cairan hasil fermentasi buah apel, yang ketika terkena udara maka gula yang terkandung di dalamnya diubah menjadi alkohol. Ketika alkohol tersebut bersinggungan dengan bakteri cuka (acetobacteri) akan dihasilkan asam asetat. Cuka apel ternyata bisa dimanfaatkan untuk burung. Apa saja manfaatnya?

Kandungan nutrisi cuka apel

Cuka apel mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral penting untuk pertumbuhan dan perkembangan organisme, termasuk burung. Vitamin yang terkandung antara lain bioflavanol, beta-karoten, vitamin C, E, B1, B2, dan B6. Adapun mineral penting yang ada dalam cuka apel misalnya kalsium, kalium, magnesium, sulfur, khlor, fosfor, zat besi, dan silikon.

Manfaat bagi burung

Cuka apel / vinegar memiliki kemampuan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Penambahan cuka apel ke dalam pakan burung bisa menjaga pakan tersebut dari gangguan bakteri atau jamur.

Anda juga bisa menyemprotkan cuka apel pada tauge untuk mencegah tumbuhnya bakteri dan jamur. Cuka apel juga bisa disemprotkan pada buah-buahan atau sayuran. Setelah disemprot, tunggu beberpa menit lalu dibilas dengan air bersih, untuk menghilangkan kemungkinan adanya residu pestisida maupun bakteri pada sayuran dan buah-buahan tersebut.

Namun penggunaan cuka apel dalam pakan burung jangan terus-menerus, mungkin bisa dijadikan selingan 1-2 kali dalam seminggu, mengingat adanya kemanfaatan lain dari cuka apel. Berikut ini manfaat lain dari cuka apel:

  • Mengobati arthritis, asam urat, penyakit ginjal, dan nyeri sendi, karena kandungan asam malat dalam apel mampu melarutkan endapan kalsium.
  • Menyeimbangkan derajat keasaman (pH) dalam tubuh burung dan membantu mengalirkan oksigen dalam darah.
  • Membantu pencernaan, memecah mineral, protein dan lemak, serta menghentikan pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan dalam saluran pencernaan.
  • Memiliki kemampuan detoksifikasi (penawar racun), memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah infeksi virus, bakteri dan jamur, sebagai obat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan memiliki efek antibiotik alami.
  • Mengobati infeksi pernafasan dan mengurangi gejala seperti mata berair atau keluar cairan dari hidung burung.
  • Membantu membunuh dan mengobati parasit, baik di dalam maupun di luar tubuh burung.
  • Jika dicampurkan dalam bak air mandi burung, bisa mengobati kulit kering, gatal-gatal, infeksi kulit, serta masalah-masalah berkaitan dengan bulu.
  • Bisa mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan akibat luka bakar, serta mengontrol pendarahan kecil dari luka dan lecet.

Itulah berbagai manfaat cuka apel untuk burung kesayangan Anda. Berikut penggunaan dan dosis yang bisa diberikan kepada burung :

  • Cuka apel bisa ditambahkan pada air minumnya dengan takaran 2 ml / liter air setiap hari.
  • Untuk pengobatan dan mengatasi burung yang kelebihan lemak, takarannya 5 ml / liter air. Takaran bisa ditingkatkan tergantung kondisi burung tersebut.

Cuka apel kini bisa didapatkan di apotik, toko obat, dan toko obat herbal. Anda juga bisa membuatnya sendiri, dengan cara sebagai berikut:

  1. Buah apel dicuci, kemudian dikeringkan.
  2. Daging buah dipotong-potong tanpa dikupas kulitnya atau dibuang biji-bijinya, dengan ukuran sedang, lalu disimpan dalam wadah (bisa wadah dari plastik / tembikar / kaca, tapi jangan wadah alumunium karena dapat bereaksi dengan cuka).
  3. Tutuplah wadah dengan kain yang dapat menyerap, seperti kain katun.
  4. Wadah yang sudah diisi potongan apel diletakkan di tempat yang terlindung selama beberapa minggu, sehingga proses reaksi bisa berjalan sempurna karena tindakan bakteri yang ada di udara.
  5. Setelah proses berakhir dengan sempurna, cairan apel sudah berubah menjadi cuka yang bisa dikenal melalui baunya yang tajam dan rasanya yang keras menyengat.
  6. Saringlah cairan untuk memisahkan kotoran yang menempel dengan menggunakan kain katun tadi, lalu disimpan dalam wadah kaca (toples) atau botol.

Homemade-Apple-Cider-Vinegar

Penggunaan cuka apel untuk burung sudah lama dilakukan oleh penggemar burung di belahan dunia. Semoga bermanfaat.
Referensi: Natural Bird

Salam sukses, salam dari Om Kicau.

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

3 Comments »

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 156.117 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: