Perawatan simpel kacer Panser

Kacer Panser lagi-lagi mencetak hattrick. Setelah tiga kali juara 1 dalam Lomba Burung Berkicau Radar Banten Cup 2 di Kota Serang (15/6), burung milik Om Darwin Delta dari Pelopor SF Lampung ini kembali meraih prestasi serupa pada even Koncer Lampung Cup 2 di Jatimulyo, Lampung, 22 Juni lalu. Bagaimana sih perawatan kacer Panser yang masih belia ini? Ternyata simpel, kata Om Darwin.

Kacer Panser
Kacer Panser dua pekan berturut-turut mencetak hattrick.

Sama seperti Kitaro, gaco di kelas murai batu, Om Darwin biasanya menurunkan kacer Panser dua minggu sekali. Alasannya sama, yaitu karena umurnya masih muda, bahkan baru dua bulan ini merampungkan masa mabung dewasa pertama.

Begitu rampung mabung pertama, burung dicoba dalam even Gedong Tatanan Cup – PBI Cabang Pringsewu, 18 Mei 2014. Dalam even ini, Panser berhasil meraih double winner.

Dua pekan kemudian, gaco ini diturunkan lagi dalam 1th Anniversary KLI Lampung (1/6), juga berhasil menjuarai dua kelas sekaligus.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selang dua minggu berikutnya, Om Darwin ngeluruk ke Serang, mengikuti kontes Radar Banten Cup 2. Hasilnya luar biasa, yaitu tiga kali juara 1 alias hattrick.

Sebenarnya ada rencana Om Darwin untuk menurunkan Panser dalam Presiden Cup III di Jakarta, Minggu (22/6) kemarin. Tetapi niat ini diurungkan, karena takut fisiknya jadi kendor setelah bertanding habis-habisan pekan sebelumnya.

Namun setiba di Lampung, Om Darwin tergoda untuk menurunkannya lagi dalam Koncer Lampung Cup 2 di Jatimulyo, Lampung. Eh, malah tiga kali juara pertama.

Om Darwin tergoda menurunkannya, sekadar mengecek stamina burung ini kalau tampil lomba berselang satu pekan dari lomba sebelumnya. Ternyata tidak terjadi penurunan stamina.

“Terima kasih Om Kicau, karena produk BirdVit terbukti membuat stamina kacer Panser dan murai batu Kitaro benar-benar prima. Saya benar-benar puas,” kata Om Darwin.

Perawatan kacer Panser

Om Rinto
Om Rinto, perawat kacer Panser dan MB Kitaro milik Om Darwin Delta.

Om Darwin mempercayakan perawatan kacer Panser (dan MB Kitaro) kepada Om Rinto. Berikut ini ringkasan perawatan simpel kacer Panser:

  • Mandi dua kali sehari, cukup menggunakan cepuk yang diisi air bersih. Jemur hanya 1 jam, selepas mandi pagi.
  • Menu harian berupa jangkrik (3 ekor pagi, 2 ekor sore hari) dan kroto (1 sendok makan).
  • Dua kali seminggu diberi BirdVit, dengan jadwal Senin dan Jumat.
  • Rawatan lomba dimulai H-2 (Jumat), dengan cara meningkatkan porsi jangkrik menjadi 5/5 pada hari Jumat dan 8/8 pada hari Sabtu. Porsi kroto tidak berubah.
  • Hari Minggu, sebelum lomba, diberi 5 ekor  jangkrik, 2 ekor ulat hongkong, dan 1 sendok makan kroto.

Dengan perawatan simpel inilah, kacer Panser selalu menunjukkan prestasi yang stabil, stamina tetap prima, dan selalu juara 1.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.